PENERAPAN PATH ANALYSIS MODEL MEDIASI TERHADAP FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • KRIDA PUJI RAHAYU Universitas Pamulang
  • RUDI SANJAYA Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v5i2.8174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar diantaranya gaya mengajar dosen, minat belajar mahasiswa, dan metode mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui motivasi siswa. Jenis penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kuantitatif. Responden yang diambil merupakan mahasiswa semester genap Tahun Ajaran 2019/2020 yang telah mengikuti perkuliahan Matematika Ekonomi II pada program studi S1 Manajemen dengan jumlah responden 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling Nonprobability menggunakan rumus slovin dengan ketelitian 10%. Teknik Analisis data menggunakan 2 uji yaitu analisis regresi berganda dan path analysis model mediasi. Hasil penelitian menunjukkan jika H1, H2, H3, H4, H5, H6, H7 diterima dan H8, H9, H10 ditolak.  Kesimpulannya variasi gaya mengajar dosen berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa. minat belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa, variasi metode mengajar dosen berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa, ada signifikansi positif dari variasi gaya mengajar dosen, minat belajar mahasiswa, dan variasi metode mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa, Motivasi belajar memiliki signifikansi positif terhadap prestasi belajar mahasiswa, tidak ada pengaruh tidak langsung antara gaya mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa, tidak ada pengaruh tidak langsung antara minat belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui motivasi mahasiswa, dan tidak ada pengaruh tidak langsung antara metode mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui motivasi mahasiswa.
Kata kunci: Motivasi; Path Analysis; Prestasi Belajar

References

Adi W., dkk. (2017). “Pengaruh Motivasi Belajar, Motivasi Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda)â€. Prosiding Snitt POLTEKBA.

Alderfer, C. (2004). “An Empirical Test of a New Theory of Human Needsâ€. Organizational Behaviour and Human Performance, volume 4, issue 2, pp. 142–175, diakses 13 Juli 2020.

Ariyanti, I. (2010). “Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2008/2009â€. Skripsi. Prodi Akuntansi, FE UNNES.

Budiantoro. (2017). “Pengaruh Minat Belajar Mahasiswa dan Persepsi Mahasiswa tentang Keterampilan Mengajar Dosen terhadap Motivasi Belajar pada Matkul Teori Akuntansi FKIP UMS Angkatan Tahun 2013â€. Skripsi. UMS.

Creswell, J. W. (2010). “Research Design: pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixedâ€. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irwanto, P. D. (2015). “Pengaruh Gaya Mengajar Dosen, Asistensi dan Fasilitas Belajar Aplikasi Akuntansi Pemeriksaanâ€. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 243-250.

Kusnendi. (2008). “Model-model Persamaan Strukturalâ€. Bandung: Alfabeta.

Munasti F., S. (2013). “Minat Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Intensitas Perhatian Orangtua Dan Ketersediaan Sumber Belajar Pada Mahasiswaâ€. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: UMS.

Nursalam & Efendi, F. (2008). “Pendidikan Dalam Keperawatanâ€. Jakarta: Salemba Medika.

Pratiwi, D.P. (2019). “Pengaruh Motivasi Belajar, Kepercayaan Diri, dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Mahasiswa Akuntansi Universitas Sriwijayaâ€. Skripsi strata satu, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.

Pratiwi, S. S. (2017). “Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswaâ€. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi. 6(1).

Purwanto, N. (2004). “Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaranâ€. Bandung: Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2008). “Psikologi Komunikasiâ€. Bandung: Rosdakarya.

Sari, P. (2016). “Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Gaya Mengajar Dosen Pada Matakuliah Matematika Program Studi Manajemen UMY)â€. Skripsi strata satu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sirait, E. D. (2016). “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematikaâ€. Jurnal Formatif 6(1): 35-43, 2016.

Slameto. (2010). “Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinyaâ€. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). “Memahami Penelitian Kualitatifâ€. Bandung: CV. Alfabeta.

Uno, H. (2009). “Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan)â€. Jakarta: Bumi Aksara.

Additional Files

Published

10-12-2020

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.