PENGARUH PROMOSI E-PAYMENT TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE DI RUANG LINGKUP UNIVERSITAS PAMULANG (STUDI KASUS MAHASISWA PRODI MANAJEMEN)
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v5i2.8233Abstract
Tujuan dilaksanakan penelitian, yaitu untuk menguji data dan informasi terkait pengaruh promosi go-pay dan ovo terhadap keputusan pengguna aplikasi transportasi online di ruang lingkup universitas pamulang, untuk menguji data dan informasi terkait perbedaan promosi go-pay dan ovo terhadap keputusan pengguna aplikasi transportasi online di ruang lingkup universitas pamulang (studi kasus mahasiswa prodi manajemen). Populasi dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang berhubungan secara langsung dengan kegiatan penggunaan aplikasi ojek online di ruang lingkup universitas pamulang, khususnya mahasiswa/mahasiswi semester 7 (tujuh) prodi manajemen universitas pamulang dan sampel yang digunakan adalah 200 responden yang terdapat dalam populasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Secara parsial dengan uji T variabel promosi go-pay (x) memiliki thitung sebesar 11,966y aitu lebih besar dari ttabel 1,65259 dengan nilai signifikan 0,00 ini menunjukkan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 atau (0,00 ≤ 0,05), maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak artinya promosi gopay berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna. Variabel promosi ovo memiliki thitung sebesar 16,177 yaitu lebih besar dari ttabel 1,65259 dengan nilai signifikan 0,00 ini menunjukkan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 atau (0,00 ≤ 0,05), maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya promosi ovo berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna. Hasil uji perbedaan menunjukkan bahwa promosi go-pay sebesar 59,99 sedangkan ovo sebesar 91,25 hal ini menunjukkan bahwa promosi pada ovo jauh lebih besar atau lebih efektif dari pada promosi go-pay. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R square) menunjukkan angka 0,420 artinya hubungan variabel bebas (go-pay) dengan variabel terikat (keputusan pengguna) sebesar 42%, sedangkan sisanya 58% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R square) menunjukkan angka 0,569 artinya hubungan variabel bebas (ovo) dengan variabel terikat (keputusan pengguna) sebesar 56,9%, sedangkan sisanya 43,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Promosi; E-Payment; Keputusan pengguna
References
Ali, Hasan. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Alo, Liliweri. (2011). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome McCarthy. (2008). Alih Bahasa : Diana Angelica dan Ria Cahyani. Dasar-Dasar Pemasaran : Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. Salemba Empat. Jakarta.
Dipayanti, Kris. Pengaruh Promosi Penjualan dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT Giant Extra Pamulang. Jurnal Pemasaran Kompetitif ISSN No 2598-0823
GO-JEK,https://www.go-jek.com/about. Tanggal 20 Mei 2020.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
__________.(2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM spss 23. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
GRAB,https://www.grab.com/id/about. Tanggal 20 Mei 2020.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Hermawan, Agus. (2013). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran modern cetak ke-3. Yogyakarta : library.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
__________.(2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Nitisusastro, Mulyadi. (2012). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan, Bandung : Alfabeta.
Pasaribu, V.LD. Analisis Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Hand and Body Lotion Merek Citra (Studi Kasus Carrefour Pamulang, Tangerang Selatan). Jurnal Pemasaran Kompetitif ISSN No 2598-0823
Priyatno Duwi. (2016). SPSS Handbook. Yogyakarta: Media Kom.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sari, M.A, Rodiana Listiawati, Novitasari & Rahmanita Vidyasari. Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet (Studi Kasus Produk Gopay dan Link aja Pada Masyarakat Pengguna di Wilayah Jabodetabek). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol.18 No. 2, Hal: 126-134
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.
Sunanto, Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pengunjung Pada Taman Wisata Sehat Telaga Sindur Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif ISSN No 2598-0823
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
__________.(2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
__________. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Cet. XXIII. Bandung: Alfabeta.
__________.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Tjiptono, Fandy. (2011). Prinsip-prinsip Total Quality Service, Yogyakarta: Andi Offset.
Widodo, A.S & Surti Wardani.2020. Pengaruh Promosi dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cendo. Jurnal Pemasaran Kompetitif , Vol. 3, No. 2.