PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BUKU DIGITAL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA KOTA DEPOK JAWA BARAT

Authors

  • FITRA JAYA Universitas Pamulang
  • BADRUS SHOLEH Universitas Pamulang
  • KHARISMA DANANG YUANGGA Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v5i2.8234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengembangan mobile learning buku digital berbasis android sebagai media pembelajaran alternatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa SMA Kota Depok Jawa Barat, 2) menganalisis efektifitas penggunaan mobile learning buku digital berbasis android sebagai media pembelajaran alternatif dalam upaya meningkatkan hasi belajar ekonomi siswa SMA Kota Depok Jawa Barat. Penelitian dan pengembangan mobile learning buku digital berbasis android ini menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall yang dimodifikasi terdiri dari 6 tahap yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan bentuk produk awal, 4) uji coba terbatas, 5) revisi terhadap produk utama, 6) uji coba luas. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada produk mobile learning buku digital berbasis android diperoleh hasil penilaian uji kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 87,67 dengan kriteria sangat baik, hasil penilaian uji kelayakan berdasarkan penilaian ahli media pembelajaran sebesar 88,39 dengan kriteria sangat baik dan hasil penilaian uji kelayakan berdasarkan penilaian praktisi pembelajaran sebesar 88,05 dengan kriteria sangat baik. Kelayakan produk juga diperkuat dengan hasil penilaian siswa pada uji coba terbatas dengan memperoleh penilaian sebesar 82,85 dengan kriteria sangat baik yang berarti bahwa mobile learning buku digital valid dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji efektifitas  nilai signifikansi uji-t adalah 0,000. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 yang berarti bahwa H1 tidak ditolak serta nilai thitung adalah sebesar 4,355> dari ttabel yaitu sebesar 1,99. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol.
Kata kunci: mobile learing; buku digital; android.

References

Abdul, Majid. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arnet, A. (2012). There's an App for That. Retrieved from http://diverseeducation.com/article/17336/

Brown, H.T(2005),â€Towards a model for MLearningâ€, International Journal on E-Learning, 4(3),299-315

H.F Hanafi, K. Samsudin: Mobile Learning Environment System: The case of Android-based learning Application on Undergraduates’ Learning. International Journal if Advance Computer Scinece and Application. Vol.5 No.5 2012

Hosnan. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

E. Savage and L. Sterry, ‘A conceptual framework for technology education’, The Technology Teacher, 50:1 (1990), 6–11.

Safaat, Nazruddin. 2012. Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Shuler, P., Hutchins, G., Lashell, B. (2012). Student perceptions of tablet computers in a cooperative learning experiment. North American Colleges and Teachers of Agriculture, 11-17

Sterry L. and E. Savage, ‘A conceptual framework for technology education’, The Technology Teacher, 50:1 (1990), 6–11.

Additional Files

Published

01-08-2020

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.