PENGARUH PENERAPAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v5i2.8284Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan full day school terhadap perkembangan psikologis peserta didik. Jumlah populasi sebanyak 134 orang peserta didik, teknik penarikan sampel Proportional Random Sampling. Sampel dari penelitian ini adalah berjumlah 50 orang peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Korelasi dan Regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan full day school terhadap perkembangan psikologis peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan koefisien korelasi dengan rumus rxy hasil yang diperoleh sebesar 0,65 dengan taraf yang signifikan kuat dan bersifat positif pada Full Day School terhadap Perkembangan Psikologis Siswa di SMP Islam Terpadu Asy-Syukriyyah Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Hal ini diperkuat pula dengan diperolehnya hasil thitung dengan skor 5,92 lebih besar dari ttabel yang bernilai 2,011 dan 2,407. Dan hasil dari perhitungan koefisien determinasi dengan dapat diketahui bahwa variabel independen yakni full day school dengan kontribusi sebesar 43% berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu Perkembangan Psikologis Siswa dan 57% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak peneliti teliti.
Kata Kunci : full day school; perkembangan psikologis;
References
Arifah, Fita Nur. (2016). Menjadi Guru Teladan, Kreatif, Inspiratif, Motivatif & Profesional. Yogyakarta: Araska
Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. (2005). Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Baharuddin. (2009). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Djamarah, Syaiful Bahri. dan Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hassan Shadily & John M. Echols. (2005). Kamus Inggris Indonesia : An English Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia
Hilalah, Nur. (2009). Tesis - Pelaksanaan Full Day School di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan (Telaah Problematika Perkembangan Sosial Peserta Didik). Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Kusworo, K. (2020). Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Psikologi Pendidikan Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Eduka : jurnal pendidikan, hukum, dan bisnis, 5(1), 1-9.
Kusworo, K., & Islamiyah, s. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Kejenjang Sekolah Menengah Atas. Eduka: jurnal pendidikan, hukum, dan bisnis, 4(1).
Lickona, Thomas. (2015). Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurdin, Syafrudin. (2005). Guru Profesional & Implementasi Kurikulum. Jakarta: Quantum Teaching.
Papalia, Diane E. Dkk. (2009). Human Development perkembangan manusia, Jakarta: Salemba Humanika.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sobur, Alex. (2013). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung : Pustaka Setia.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Bandung : Remaja Rosdakarya.
Suyanto, Totok dan Soapatty, Lisnawaty. (2014). Jurnal- Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh (Full Day School) Terhadap Prestasi Akademik Siswa SMP Jati Agung Sidoarjo. Surabaya: UNESA.
Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Yusuf, Syamsu dan Nurikhsan, A. Juantika. (2011). Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung : Rosdakarya
Zuhairini. (2013). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.