Implementasi Blended Learning Berbasis Problem Solving Chat Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v6i1.9023Abstract
ABSTRACT
This research aims to determine the effectiveness of using blended learning based on problem solving chat through Learning Management System of Pamulang University in improving problem solving skills. This study was included in the pre-experiment research using One-group pretest-posttest design. The research data were analyzed using a paired t-test with sample requirements normally distributed. It was followed by the effect size and power test to find out how much the effect was. The results of this research indicate that the use of blended learning based on problem solving chat has an effect on improving problem solving skills. The d value is obtained of 0.28 which is included in the moderate category, which means that the use of blended learning based on problem solving chat has an influence in improving the problem solving skills of students with moderate categories. So that the results of this research are expected to be a reference for educators to be able to apply blended learning based on problem solving chat when the learning objective is to improve students' problem solving skills.
Keywords: blended learning; problem solving chat; problem solving skills
ABSTRAK
Riset ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan blended learning berbasis problem solving chat melalui Learning Management System Universitas Pamulang dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Riset ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan one-group pretest-posttest design. Data hasil riset dianalisis menggunakan paired t-test, kemudian dilanjutkan dengan uji effect size and power untuk mengetahui seberapa besar efektifitas pengaruh tersebut. Hasil riset ini menunjukkan bahwa penggunaan blended learning berbasis problem solving chat berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah. uji effect size and power diperoleh nilai d sebesar 0,28 termasuk dalam kategori sedang. Hasil riset ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi pendidik untuk dapat menerapkan pembelajaran blended learning berbasis problem solving chat ketika tujuan pembelajarannya untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.
Kata kunci: blended learning; problem solving chat; keterampilan pemecahan masalah
References
Agustiari, P. K., Sudiarta, I. G., & Suparta, I. N. (2016). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Berbasis Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Kognitif. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, 107–110.
Ary, D., Jacobs, L. C., & Sorensen, C. (2010). Introduction to Research in Education, 8th Ed. Cengage Learning.
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences, 2nd Ed (L. E. Associates (ed.)).
Ermi, N. (2015). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Sorot, 10(2), 155–168. https://doi.org/10.31258/sorot.10.2.3212
Fahrurrozi, M., & Majid, M. A. (2017). Pengembanggan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Selong Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 57–67.
Mayers, A. (2013). Introduction to Statistics and SPSS in Psychology. Pearson.
Ningsih, Y. L., Misdalina, & Marhamah. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155–164.
Noviyanti, F., Sugiharta, I., & Farida, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4035
Palera, V., Anriani, N., & FS, C. A. H. (2020). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, 1(2), 103–116. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14072
Rahmawati, & Mulbasari, A. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Cooperative Script dan Blended Learning. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 2(1), 52–64. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.159
Riasari, D. (2018). Peranan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning terhadap Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Statistik pada SMAN 1 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 813–820.
Saadah. (2017). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Menggunakan Pecahan dalam Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN 003 Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(2), 539–545.
Suana, W., Raviany, M., & Sesunan, F. (2019). Blended Learning Berbantuan Whatsapp: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.30870/gravity.v5i2.4990
Sulistyaningsih, Y., Sunarno, W., & Cari. (2017). Penggunaan Metode Diskusi Dan Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Dengan Pendekatan Saintifik Materi Fluida Dinamis Kelas Xi Ipa 3 Semester Genap Sma N 4 Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Inkuiri, 6(3), 87–100.
Wear, A. S., & Indrawati, R. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri dan Diskusi pada Materi Pokok Bentuk Aljabar terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 159–171. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2489