Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMA Yaspen Tugu Ibu Depok
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v6i1.9375Abstract
ABSTRACT
This research is a descriptive quantitative research which aims to describe the extent to which the effectiveness of principal’s leadership in improving teacher performance. The population in this research were all teachers at SMA Yaspen Tugu Ibu Depok. The sample in this reseach amounted to 32 people. Data collection was done using documentation study, distributing questionnaires regarding the effectiveness of school principal leadership filled in by respondents, and direct interview with teacher and school principal. Data analysis techniques used in this research is descriptive statistic analysis. Indicator used to measure the effectiveness of the principal’s leadership consist of task-oriented leeadership behavior and good relations with subordinates-oriented leadership behavior. One sample t-test showed mean value 84,5 percent. It can be concluded that the principal’s leadership effectiveness is very effective.
Keywords: effectiveness; leadership; teacher performance
ABTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru yang terdapat di SMA Yaspen Tugu Ibu Depok. Sampel dalam penelitian berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan studi dokumentasi, penyebaran angket mengenai efektivitas kepemimpinan kepala sekolah yang diisi oleh responden, dan wawancara langsung dengan guru dan kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif one sample t-test. Indikator yang digunakan untuk mengukur efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terdiri dari perilaku kepemimpinan yang berorientasi kepada tugas dan perilaku kepemimpinan yang berorientasi kepada hubungan baik dengan bawahan. Hasil uji t menunjukkan nilai mean 84,5 persen. Dapat disimpulkan bahwa efektivitas kepemimpinan kepala sekolah memiliki kriteria sangat efektif.
Kata kunci: efektivitas; kepemimpinan; kinerja guru
References
Arbangi, dkk. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: PT Adithya Andrebina Agung.
Al Faruq, M. S. (2016). Perbandingan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Laki-Laki dan Perempuan di SDN Se-Kabupaten Lamongan. E-journal Unesa, 1.
Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah:(Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.
Enas, E. (2018). EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. Journal of Management Review, 2(3), 252-260.
Fatkhurrohman, A. (2017). EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PEREMPUAN DI MI MA’ARIF NU 1 KRACAK KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Fattah, Nanang. (2013). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hasmayanti, Y. (2011). Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Guru (Studi pada Jurusan Bisnis dan Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang). Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 10(1), 78-86.
Istikomah, I. (2019). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada SMK Negeri 4 di Kota Jambi. Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan), 3(2), 39-55.
Mulyasa E., (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Nurpina, S. (2016). Pengaruh Penghargaan (Reward) dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Kerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 1337-1345.
Rahmadhany, R. (2017). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda.
Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ricky W. Griffin dan Georgy Moorhead. (2014). Organizational Behavior: Managing people and Organizational. Mason: Cengage Learning.
Sidupa, J. N. (2018). EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH: STUDI KASUS PADA SEKOLAH INTERNASIONAL X DI BALI. Jurnal Pendidikan, 19(2), 117-132.
Soetjipto dan Raflis Kosasi. (2011). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sutarto. (2012). Dasar-Dasar Kepemimpinan Administrasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Thoha, Miftah. (2010). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Usman, H. (2014). Manajemen: Teori, Praktik & Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raya Grafindo Persada.
Yulisetyawati, A. A., Burhanuddin, B., & Zulkarnain, W. (2018). EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA GURU. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 37-44.