Pengaruh Koleksi, Layanan, dan Tenaga Perpustakaan Terhadap Potensi Literasi Informasi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v6i1.9529Abstract
Abstract
The purpose of this study was to determine the extent of the relationship between collections, services and library personnel to the information literacy potential of Pamulang University students using the ACRL (Association of Research Library) information literacy competency potential standard. This study uses quantitative research methods with regression analysis techniques on the IBM SPSS 21 program. The data analysis technique used is statistical analysis which consists of prerequisite tests for data analysis and hypothesis testing. Based on the results of data processing, it shows that 1) Library collections have a positive relationship with information literacy skills, 2) Library services have a positive influence on the Level of Information Literacy Ability, 3) Libraries have a positive influence on the level of information literacy skills, 4) Simultaneously positive relationship between collections, services and library personnel with the potential level of student information literacy. An increase in the quality of collections, services and library personnel will affect and increase the information literacy potential of Pamulang University students.
Keywords: Library collection; Library services; Librarian; Potential for information literacy
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan koleksi, layanan dan tenaga perpustakaan terhadap potensi literasi informasi mahasiswa Universitas Pamulang mengggunakan standar potensi kompetensi literasi informasi ACRL (Assosiation Colllege Of Research Library). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi pada program IBM SPSS 21. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yang terdiri dari uji prasyarat analisis data dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukan bahwa 1) Koleksi Perpustakaan memiliki hubungan yang positif terhadap kemampuan literasi informasi, 2) Layanan Perpustakaan memiliki pengaruh yang positif terhadap Tingkat Kemampuan Literasi Informasi, 3) Tenaga Perpustakaan memiliki pengaruh yang positif terhadap tingkat kemampuan literasi informasi, 4) Adanya hubungan positif secara simultan antara koleksi, layanan dan tenaga perpustakaan dengan tingkat potensi literasi informasi mahasiswa. Adanya peningkatan pada kualitas koleksi, layanan dan tenaga perpustakaan akan memengaruhi dan meningkatkan potensi literasi informasi mahasiswa Universitas Pamulang.
Kata Kunci:; Koleksi perpustakaan; Layanan perpustakaan; Tenaga perpustakaan; Potensi literasi informasi.
References
Association of College and Reserach Libraries (ACRL). (2000). Information Literacy Competency Standards for Higher Education, diunduh dari http://www.ala.org/acrl/acrlstandards/informationliteracy%20cometency.htm.
Dreher, G.F. dan Dougherty, T.W. (2001). Human Resource Strategy, a Behavioral Perspective for the General Manager, International Edition. Singapore: McGraw Hill Companies
Eisenberg, M. (2004). Information Literacy: Essential Skills for The Information Age. London: Libraries unlimited.
Hartaji, D. A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. (tidak diterbitkan).
Hasan, I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penenelitian Dan Apilikasinya. Bogor: Ghalia Indoenesia.
Kemendikbud. (2012). Undang-Undang RI No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. (Online), (http://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/17624/UU0122012_Full.pdf, diakses 04 November 2020.
Kohar, A. (2003). Teknik Kebijakan Pengembangan Koleksi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Latuputty, Hanna. (2008). Cerdas di Era Informasi: Penerapan Literasi Informasi di Sekolah untuk Menciptakan Pembelajar Seumur Hidup, (Online), http://halatuputty.blogspot.com/2013/12/cerdas-di-era-informasi-penerapan.html, diakses 20 Oktober 2020.
Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI No 13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpusnas RI.
Rahayu, K.P. (2018). Menumbuhkan Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Pamulang, Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 1 (3) (125-135).
Rahayu, K.P. (2020). Analisis Potensi Literasi Informasi Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 5 (2) (89-96).
Rahayu, K.P. & Sanjaya, R. 2020. Penerapan Path Analysis Model Mediasi Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, Vol. 5 (2) (87-103).
Siregar, R. (2004). Perpustakaan: Energi Pembangunan Bangsa. Medan: USU Press.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.