Upaya Meningkatkan Penjualan Melalui Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Bagi UMKM
Abstract
The problems experienced by CILOK KUAH CK Micro, Small, and Medium Enterprises are almost the same as those experienced by MSMEs in general. Do not understand marketing strategies to increase sales, do not carry out bookkeeping, and do not know taxation on MSMEs. This time, this community service aims to find out the following: first, how far do the players of the Cilok Kuah CK Pamulang MSME understand efforts to increase sales, secondly to add the latest strategies in making simple financial reports to MSME players, third to socialize MSME taxes, new tax rates, reasons for determining tariffs and ease of taxation at MSMEs. From a series of results of this dedication, the expected results are that first, MSME players know the strategies and efforts to increase sales by applying a marketing mix so that MSME players tend to be more survival. Then MSME players can classify transactions according to the accounts in the financial statements that carry out financial records in a simple form. Record financial reports are with the help of Microsoft Excel software services. Finally, MSME players must know the new tax rates, the reasons for determining rates, and why MSMEs are provided with ease in taxation. It is hoped that MSMEs players have an idea of how to implement their tax obligations by paying reporting following applicable tax regulations.
Keyword: Sales Strategy, Financial Report, SMEs
ABSTRAK
Permasalahan yang dialami oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah CILOK KUAH CK hampir sama dengan apa yang dialami UMKM pada umumnya. Belum memahami strategi pemasaran dalam usaha meningkatkan penjualan, belum melaksanakan pembukuan dan juga belum mengetahui perpajakan pada UMKM. Pengabdian kepada masyarakat kali ini bertujuan untuk mengetahui hal sebagai berikut : pertama seberapa jauh pemahaman pelaku UMKM Cilok Kuah CK Pamulang terhadap upaya peningkatan penjualan, kedua untuk menambah strategi terbaru dalam membuat laporan keuangan sederhana pada pelaku UMKM, ketiga mensosialisasikan pajak UMKM, tarif pajak yang baru, alasan penentuan tarif dan kemudahan perpajakan pada UMKM. Dari serangkaian hasil pengabdian ini hasil yang diharapkan adalah bahwa pertama pelaku UMKM mengetahui strategi dan upaya-upaya meningkatkan penjualan dengan menerapkan marketing mix sehingga pelaku UMKM cenderung lebih survival. lalu pelaku UMKM mampu mengelompokkan transaksi sesuai akun-akun yang ada didalam laporan keuangan yang dalam usahanya sehingga melakukan pencatatan keuangan dalam bentuk yang sederhana. mencatat laporan keuangan adalah dengan bantuan layanan software Microsoft Excel. Terakhir pelaku UMKM harus mengetahui tarif pajak yang baru baru, alasan penentuan tarif serta alasan kenapa UMKM diberikan kemudahan dalam perpajakan serta diharapkan pelaku UMKM memiliki gambaran harus bagaimana menerapkan kewajiban pajaknya dengan membayar dan melaporkan sesuai dengan aturan perpajakan yang berlaku.
Kata Kunci : Strategi Penjualan, Laporan Keuangan, Pajak UMKM
References
Ankarath, Nandakumar, dkk, (2010). Memahami IFRS Standar Pelaporan Keuangan Internasional. Edisi Bahasa Indonesia. PT indeks: Jakarta Barat.
Heri. (2015). Akuntansi dasar 1 dan 2. Kompas Gramedia: Jakarta.
Kotler, Philip. (2014). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta
Republik Indonesia. 2018 Undang-undang no 23 tahun 2018. Lembaran Negara Republik Indonesia. Jakarta.
Swastha, Basu, DH, dan Irawan (2014), Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.
Thomas, Sumarsan. (2012). Perpajakan Indonesia Edisi 3. Empat Dua Media. Malang.
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Perubahan ke Empat UU no.7 tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan.