Perspektif dan Implementasi Service Excellence pada Kopi Chuseyo Cabang Pamulang
Abstract
The application and implementation of service excellence and the level of importance from the financial side is no less important. So that between excellent service from outside (to customers) and from within (the financial side) is able to improve service quality and order in the financial side in the form of daily and overall financial reports. Therefore, in this community service activity, it can provide an overview of the existing service conditions and what should be done in order to provide a good and satisfying customer experience. Those way business activities are able to compete and provide the best experience to customers. In addition, the financial side can be adopted properly by meeting the applied accounting standards.
Keyword: Service Excellence, Management, SMEs
ABSTRAK
Penerapan dan implementasi service excellence dan tingkat kepentingan dari sisi keuangan merupakan hal yang tidak kalah penting. Sehingga antara pelayanan yang prima dari luar (kepada pelanggan) dan dari dalam (sisi keuangan) mampu meningkatkan kualitas pelayanan dan ketertiban dalam sisi keuangan berupa laporan keuangan harian dan keseluruhan. Oleh karena itu dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat memberikan gambaran kondisi pelayanan yang ada dan seharusnya dilakukan seperti apa agar dapat memberikan pengalaman pelanggan yang baik dan memuaskan. Dengan begitu kegiatan usaha mampu bersaing dan memberikan pengalaman yang terbaik kepada pelanggan. Selain itu sisi keuangan mampu diadopsi dengan baik dengan memenuhi standard akuntansi yang diterapkan
Kata Kunci : Service Excellence, Manajemen, UMKM
References
Ikatan Akuntansi Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Per 1 Oktober, Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.
Ibrahim S, I. (2021). Implementasi Service Excellence Pada BMT Mitra Arta Pekanbaru. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Laksono, F. A. (2020). Pelaksanaan Service Excellent Oleh Custumer Service Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk Kantor Cabang Utama Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, 21(1), 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Prestanti, L. E. (2020). Implementasi Service Excellence Sebagai Upaya Peningkatan Loyalitas Nasabah Dana Pihak Ketiga.
Rahman, F. Sudirman, G. Fahmi,D. (2020). Penerapan Strategi Pelaporan dan Analisa Laporan Keuangan di PT Jembatan Komunika Indonesia Implementasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/IMPS/article/view/7370
Riswan. (2014). Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT. Budi Satria Wahana Motor. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 5, No. 1, Hal. 93-121. Tersedia Pada : http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/jak/article/view/449
Sari, S. D. S. R. (2020). Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Service Excellence. LPMP Imperium, 2, 133–140. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.274
Syah, A. A. (2020). Implementasi Service Excellence Oleh Customer Service Pada BMT Bismillah Sukorejo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 15–23.
Trismaya, I. (2020). Pengaruh Faktor 6A Service Excellent Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri. Fak. Ekonomi Dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, IAIN Tulungagung.
Trisnapuri, R.R. (2016). “Pemahaman UMKM terhadap Laporan Keuangan berdasarkan SAK ETAPâ€. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas. Surabaya
Tsamara, A. N., & Nugraha, J. (2020). Penerapan Service Excellence Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Humas Pemerintah Kota Surabaya (Studi Pada Koridor Co-Working Space). Jurnal Pendidikan Administrasi 9 224–235.