Membangun kesadaran literasi keuangan pada generasi millenial di yayasan Al-Ikhwaniyah Depok

Authors

  • Yusuf Yusuf
  • Asep Suherman
  • Hidayatul Muarifin

Abstract

ABSTRACT

Socialization in the Framework of Building Financial Literacy Awareness for Millennial Generation at the Al-Ikhwaniyah Foundation, Limo Village, Depok City, is one of the Community Services (PKM) carried out by Pamulang University Lecturers as one of the Tri Dharma Perguruan Tinggi. This socialization was held on Saturday, 7 November 2020, at the Al-Ikhwaniyah Foundation, Limo Village, Depok City. The goal of implementing this PKM is to increase awareness of financial literacy in the millennial generation of the Al-Ikhwaniyah foundation. Also, this PKM provides more benefits about basic knowledge of how to manage finances from an early age for the millennial generation By providing socialization that makes foster children aware of the Al-Ikhwaniyah Foundation. It is hoped that when they reach a later age make them more mature, the youth at the Al-Ikhwaniyah Foundation will have an excellent financial strategy so that they can organize a better future

Keywords: Financial Literacy, Millenial

 

ABSTRAK

Sosialisasi Dalam Rangka Membangun Kesadaran Literasi Keuangan Pada Generasi Millenial Di Yayasan Al-Ikhwaniyah, Kelurahan Limo, Kota Depok merupakan salah satu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Dosen Universitas Pamulang sebagai satu dari Tri Dharma Perguruan tinggi. Sosialisasi ini dilakukan pada hari sabtu, 7 November 2020 Di YayasanAl-Ikhwaniyah, Kelurahan Limo, Kota Depok. Tujuan dalam pelaksanaan PKM ini adalah peningkatan kesadaran literasi keuangan pada generasi milenial diyayasan Al-ikhwaniyah dan memberi manfaat lebih tentang ilmu dasar bagaimana mengelola keuangan sejak dini pada generasi millenial Dengan memberikan sosialisasi yang menyadarkan anak asuh pada Yayasan Al-Ikhwaniyah, diharapkan saat menanjak usia yang membuat mereka semakin dewasa, para remaja di Yayasan Al-Ikhwaniyah memiliki startegi keuangan yang baik, sehingga mampu menata masa depan yang lebih baik.

Kata Kunci: Generasi Millenial, Literasi Keuangan

References

Arrochman, I. (2020). Menyiapkan Generasi Berkualitas Di Era Milineal Dalam Prespektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(01), 15–27.

Chaerunnisa, Yusup, D. K., Jubaedah, D., & Saepullah, U. (2020). Pengaruh Income dan Latte Factor Terhadap Daya Tahan Keuangan Kalangan Millenial di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Thesis: Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati, 1(1), 1–11.

Darmawan, D., Syah, R., Putra, A. S., Sari, D. N., & Fauziyah, H. (2020). Pengaruh pelatihan keuangan, organisasi, dan intensitas belanja online terhadap kemampuan literasi keuangan masyarakat milenial. Thesis: Pendidikan Masyarakat, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 1(October).

Sariati, N. P. (2019). Lifestyle Generasi Millenial dalam Kerangka Pasar Ekonomi Halal. Istithmar, 3(2), 193–210.

Downloads

Published

2021-12-07