Digitalisasi UMKM pada era 4.0
Abstract
MSMEs have an important and strategic role in the Indonesian economy. In addition to economic growth and employment, MSMEs also play a role in distributing development benefits. However, almost all MSMEs have been affected since the Covid-19 pandemic hit the world. The World Bank found that 86% of MSMEs experienced a decline in sales and financial difficulties at the beginning of the Covid-19 pandemic. However, according to data from the Ministry of Cooperatives (Ministry of Cooperatives and SMEs), in mid-2021, MSMEs began to rise. The number of MSMEs is 64.19 million and their contribution to GDP in March is 64.19 million. 61.97% in 2021 or equivalent to Rp8,573.89 trillion. . This increase cannot be separated from the challenges of the Covid-19 pandemic which has changed people's lifestyles from offline to online, and has become a driving force for digital transformation.
Keywords : Digitization, Digital Transformation, MSMEs
ABSTRAK
UMKM memiliki peranan yang penting dan strategis dalam perekonomian Indonesia. Selain pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan dalam mendistribusikan keuntungan pembangunan. Namun, hampir semua UMKM terdampak sejak pandemi Covid-19 melanda dunia. Bank Dunia menemukan 86% UMKM mengalami penurunan penjualan dan kesulitan keuangan di awal pandemi Covid-19. Namun, menurut data Kementerian Koperasi (Kementerian Koperasi dan UKM), pada pertengahan tahun 2021, UMKM mulai bangkit. Jumlah UMKM 64,19 juta dan kontribusinya terhadap PDB Maret 64,19 juta. 61,97% pada tahun 2021 atau setara dengan Rp8.573,89 triliun. . Lonjakan ini tidak lepas dari tantangan pandemi Covid-19 yang telah mengubah gaya hidup masyarakat dari offline menjadi online, dan menjadi pendorong transformasi digital.
References
Ayodya, Wulan. 2020. UMKM 4.0 : Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Jakarta : Gramedia
Khotimah, H., & Budi, S. (2020). Analisis Peran Inovasi, kompetensi Akuntansi, dan Dukungan Pemerintah terhadap Daya Saing UMKM Kota Tangerang Selatan. Keberlanjutan: Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi, 5(2), 117-130.
Bank Indonesia. 2015. PROFIL BISNIS USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH. Jakarta : LPPI
Wijoyo, Hadion Dkk. 2020. Digitalisasi UMKM. Solok : CV. Insan Cendekia Mandiri
Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 www.kemenkopukm.go.id