Menciptakan peluang usaha dimasa pandemi melalui E-Commerce
Abstract
This This activity aims to provide education to Family Welfare Empowerment that E-commerce media is an alternative for Micro, Small and Medium Enterprises in developing businesses, because micro, small and medium enterprises are affected by the effects of the covid pandemic, one of which is declining income, with this expected to improve conditions to a more good . Activities carried out in Buaran Village, Serpong District, South Tangerang City. This paper contains the results of community service activities for PKK women, Buaran Village, Serpong District, South Tangerang City. This activity is based on problems during the Covid-19 pandemic, namely; (1) the number of home-based businesses managed by PKK in Buaran that use online applications for their sales, online applications have an impact on businesses managed by women in Buaran Sub-district who are less in mastery of science and technology can take advantage of similar applications. As a result, the economic resilience of family entrepreneurship is experiencing problems, the businesses managed by these women are receding, their income to meet their daily needs is greatly reduced. During this COVID-19 pandemic, many MSME owners decided to close their businesses due to decreased income and losses. MSMEs are expected to be able to survive during the current pandemic and are required to have more innovation so that product marketing can be expanded not only in one area. The target to be achieved is that people become creative and can create ideas and opportunities for entrepreneurship by utilizing E-commerce as a means to increase entrepreneurial income. The method of implementing community service activities is providing training and discussions on how to create business opportunities through e-commerce.
Keywords: Pandemic, MSME, E-Commerce
ABSTRAK
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga bahwa media E-commerce ialah alternatif pada Usaha Mikro Kecil Menengah dalam mengembangkan usaha, karena usaha mikro kecil menengah terdampak efek pandemi covid salah satunya pendapatan menurun, dengan hal ini diharapkan bisa memperbaiki kondisi ke yang lebih baik. Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Buaran, Serpong, Kota Tangerang Selatan.Artikel ini berisi hasil kegiatan pengabdian masyarakat kepada anggota PKK Kelurahan Buaran Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan. Kegiatan ini berpacu dari perdebatan pada saat pandemi Covid-19, yakni; besarnya usaha rumahan yang dilakukan Ibu PKK di Buaran yang memakai media online dalam rutinitas, aplikasi online dampak pada usaha yang dikelola ibu-ibu di Kelurahan Buaran yang kurang dalam penguasaan iptek bisa memanfaatkan aplikasi yang serupa. Dan mengakibatkan, ketahanan ekonomi kewirausahaan keluarga mengalami masalah, usaha yang dikelola Ibu-Ibu ini surut, pendapatan mereka untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari berkurang jauh. Pada era pandemi COVID-19 ini, banyak pelaku UMKM yang memilih untuk menutup usahanya karena mengalami penurunan pendapatan hingga kerugian. UMKM diharapkan mampu bertahan di masa pandemi saat ini dan dituntut harus mempunyai inovasi yang lebih agar pemasaran produk dapat diperluas tidak hanya di satu wilayah saja. Capaian yang ingin dituju supaya masyarakat menjadi lebih kreatif dan bisa menciptakan ide dan peluang untuk berwirausaha dengan memanfaatkan E-commerce sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan wirausaha. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pemberian pelatihan dan diskusi mengenai cara menciptakan peluang usaha melalui e-commerce.
References
Lestari, Puji, Iwan Hardi Saputro, and Hafiz Rafi Uddin. "Pelatihan E-Commerce di Masa Pandemi Satu Alternatif Solusi Ekonomi." Jurnal Implementasi 1.1 (2021): 22-28.
Nurdewanto, B., Yuniriyanti, E., & Sudarwati, R. (2015). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Dasa Wiswa PKK. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 99-102.
Prastiwi, P. S., Wahab, Z., & Nailis, W. Analisis Faktor Yang Menentukan Minat Beli Konsumen Terhadap E-Commerce Fashion Di Kota Palembang.