Peningkatan wawasan karyawan terkait pentingnya audit internal perusahaan

Authors

  • Zena Zena Universitas Pamulang
  • Siti Asmonah Universitas Pamulang
  • Husnul Khotimah Unversitas Pamulang

Abstract

Community service, as one of the pillars of higher education, occupies a strategic position in drawing and educating the community to improve the quality of life of the community. The form of coaching that is considered the most realistic is none other than providing provision through skills training and mentoring that is considered useful for the local community audience. A company can be seen as an organizational system consisting of human resources, natural resources and other sources to achieve a goal. With the existence of human resources and in line with the concept of the globalization era, there will be more and more problems that companies must face in more complex competition. It requires company leaders to be more effective and efficient in managing their companies, and internal auditors must delegate their duties, authorities and responsibilities so that the company's internal control system runs well. The implementation method is the counseling method, by going through the preparation, implementation, and results stages. Based on the results of the PKM team's observations during the activity, the interest from private employees towards the material provided was very high. The enthusiasm of the participants and the average participant were active in listening to the counseling material. Private employees' high curiosity shows this observation, so many questions are asked to the informants. The activity of the resource persons who also asked questions of the participants to what extent they knew the role of internal auditors was shown by the many questions contained in the PKM counseling

Abstrak

Pengabdian pada masyarakat sebagai salah satu darma perguruaan tinggi menepati posisi yang strategis dalam menimba dan mendidik masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Adapun wujud pembinaan tersebut yang dianggap paling realitis tidak lain, memberikan pembekalan melalui pelatihan keterampilan dan pendampingan yang dianggap berguna bagi khalayak masyarakat setempat. Suatu perusahaan dapat dilihat sebagai sebuah sistem organisasi yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber-sumber lainnya untuk mencapai suatu tujuan. Adanya sumber daya manusia dan sejalan dengan adanya konsep era globalisasi, akan semakin banyak masalah yang harus dihadapi oleh perusahaan dalam persaingan yang lebih komplek. Hal ini menuntut para pemimpin perusahaan harus lebih efektif dan efisien dalam mengelola perusahaannya, dan dibutuhkan auditor internal dalam mendelegasikan tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya agar sistem pengendalian intern perusahaan berjalan dengan baik. Metode pelaksanaan dengan metode penyuluhan, dengan melalui tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap hasil. Berdasarkan hasil pengamatan tim PKM pada saat kegiatan berlangsung, animo dari karyawan swasta terhadap materi yang diberikan sangat tinggi. Antusiasme peserta dan rata-rata peserta aktif dalam mengikuti menyimak materi penyuluhan. Pengamatan ini ditunjukkan dengan rasa ingin tahu karyawan swasta yang tinggi sehingga banyak pertanyaan yang dilontarkan pada narasumber. Keaktifan narasumber yang juga melontarkan pertanyaan pada peserta sejauh mana mereka mengenal peran auditor internal ditunjukkan dengan banyak nya pertanyaan pertanyaan yang diajukan dalam penyuluhan PKM.

References

Effendi, Muh. Arief. â€Perkembangan profesi Internal Audit Abad 21â€, Seminar/kuliah umum Universitas Internasional Batam, 11 Desember 2006.

Gondodiyoto, S. â€Pengelolaan Fungsi Audit Sistem Informasiâ€, Edisi Kedua, Mitra Wacana Media, Jakarta, 2009.

Nasution, Manahan. â€Sekilas Tentang Internal Auditorâ€, Universitas Sumatra Utara, 2008, dari http//ghodz.files.wordpress.com/2008/04/audit- internal.doc

Sawyer, Lawrence B. â€Sawyer’s Internal Auditing: The Practice of Modern Internal Auditingâ€, The Instuitute of Internal Auditors, Jilid Pertama, 2005.

Yadyana, I Ketut. â€Pengaruh Kualitas Jasa Auyditor Internal Terhadap Efektivitas Pengendalian Intern Pada Hotel Berbintang Empat dan Lima di Baliâ€, 2008, dari http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/ok yadyana.pdf

Downloads

Published

2022-12-28