Menumbuhkan keterampilan intra dan interpersonal dalam ekonomi kreatif di SMK Techno Media Serpong

Authors

  • Meta Nursita Universitas Pamulang
  • Lilis Karlina Universitas Pamulang
  • Reni Astuti Universitas Pamulang

Abstract

One of the to recover the country’s economy begins in the era of the creative economic industry. This industry must continue to develop in the community to roll the people's economy to a higher level because the true strength of the national economy will grow along with the speed of welfare and creativity of the nation's children. In this case, emphasis on the creativity of human resources, especially adolescents, is needed by empowering and cultivating skills and developing adolescent ideas and ideas. Creative economics will become spreadhead the economics of countries in the world in the future and will be a strategic issue in winning global economic competition. It is marked by the growing creativity and innovation supported by technological developments.
Abstrak

Salah satu cara memulihkan perekonomian negara dimulai pada era industri ekonomi kreatif (creative economic industry), industri ini harus tetap berkembang di masyarakat guna menggulirkan perekonomian rakyat ke jenjang yang lebih tinggi, karena sejatinya kekuatan ekonomi nasional akan tumbuh seiring dengan lajunya kesejahteraan dan kretifitas anak bangsa. Dalam hal ini penekanan terhadap kretifitas sumber daya manusia, khususnya para remaja sangat diperlukan, dengan memberdayakan dan menumbuhkan keterampilan serta mengembangkan ide dan gagasan yang kreatif dimulai sejak dini. Ekonomi kreatif akan menjadi tombak perekonomian negara-negara di dunia di masa yang akan datang dan akan menjadi issue strategis dalam memenangkan persaingan perekonomian global. Hal ini ditandai dengan semakin berkembangnya kreativitas dan inovasi yang ditunjang dengan perkembangan teknologi. 

References

Adiwarman A. Karim. (2014). Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Hal.39-40

Departemen Perdagangan RI, 2008. Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif 2009-2025. Jakarta: Departemen Perdagangan. Hal 1

Emiliana Sadilah. 2020. Industri Kreatif Berbasis Ekonomi Kreatif. Jurnal Sejarah dan Budaya Vol.9 No.4

Eti Rochaeti, Ratih Tresnati. 2005. Kamus Istilah Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara. Hal 100

Sutapa Mulyana. 2024. Peningkatan Kapabilitas Inovasi, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Melalui Pendekatan Quardruple Helix: STudi Pada Industri Kreatif Sektor Fashion. Jurnal Teknologi Vol 13 No.3. Hal 309.

Downloads

Published

2023-06-28