Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Kinerja Guru SMAN se-Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p58-70.30397Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian guru terhadap kinerja guru di SMA Kota Bima. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan September-November 2022 dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 guru sebagai responden yang berasal dari guru di 5 SMA Negeri di Kota Bima. Hasil analisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru SMA di Kota Bima. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja guru perlu dilakukan upaya peningkatan seluruh kompetensi guru (Pedagogik, Profesional, Sosial, Kepribadian).
References
Alma, Buchari. (2010). Guru Profesional Menguasai Metode Dan Terampil Mengajar. Bandung: ALFABETA.
Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.
Astining, P, N., Seri, H., & Sakdiahwati, S. (2019). Pengaruh Disiplin, Kompetensi Kepribadian Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri Di Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 25. https://doi.org/10.32502/jimn.v8i2.1822
Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science, 4(2), 1–12. www.theijes.com
Hasan, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix, 5(2)
Hendriani, S., & Lestari, R. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru SMAN 8 Pekanbaru. Jurnal Ekonomi. Volume 21,Nomor 4, Hal 134-145
Imadudin, M. (2017). Analisa Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian, Sosial Guru terhadap Pengembangan Karier Guru SMKS TI Pelita Nusantara Kediri dengan Kinerja Guru sebagai Variabel Intervening. Jurnal Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 06(04), 58–71.
Janawi. (2011). Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah (Pendekatan Teri untuk PraktikProfesional). Jakarta : Kencana.
Kunandar. (2011).Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:Rajawali Pres
Maulana, R. (2014). Hubungan Kompetensi Sosial dengan Kinerja Guru SD Islam Bunga Bangsa Samarinda Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i1.3567
Mayasari, F. (2013). Pengaruh Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Di Sd Negeri Kecamatan Gondang Mojokerto. DiE: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 9(2). https://doi.org/10.30996/die.v9i2.213
Melly, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Stres Kerja Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 114. https://doi.org/10.32502/jimn.v6i2.1581
Muchlas, Samani. (2008). Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia, (Jakarta, Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia(SIC),)
Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfah, Jejen. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Nurdianti, R. R. S. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri Di Kota Bandung. 18(2), 177–188.
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru (Kompetensi Guru, Motivasi Kerja Dan KepemimpinanKepala Sekolah). Sukabumi : CV Jejak.
Pidarta, M. 2007. Manajemen Pendidikan. Jakarta : PT. Bina Aksara
Pramono, A., (2011). Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Adi Mitra Pratama Semarang, Artikel Fakultas Ekonomi Universitas Semarang, http://journal.usm.ac.id/jurnal/dinamika-manajemen/330/detail/
Rachmawati, L., & Kaluge, L. (2020). Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1),
Rachmawati, Tutik. & Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan
Rochman, Chaerul., & Heri, G. (2016). Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. Bandung: Nuansa.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Rajawali Pers.
Sahertian, H. J., & Satriobudi., V. J. (2016). Pengaruh Kompetensi Intelektual, Kompetensi Emosional, Dan Kompetensi Sosial Terhadap Kinerja Guru Sma Swasta Di Kota Malang. Journal of Management Studies.
Salemba Empat)
Salimah, S., dan Sri, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja (The Influence of Personality Competency and Teacher Self-Efficacy on Performance). Telaah Manajemen, 14(1), 119–126
Sanjaya,Wina. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi .Jakarta: Prenada Media Group.
Sappaile, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Sikap Profesi Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1), 66–81.
Sarimaya, Farida,. (2008). Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa dan Bagaimana?, Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Shulhan, Muwahid, (2012). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah, Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Disertasi. UIN Malang.
Siregar, E., & Nefiyant, E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi Mengajar dan Kepribadian Guru terhadap Kinerja Guru di SMA 46 Jakarta. Jurnal Satya Mandiri,
Slamet & Sutomo, Yohanes. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Efikasi Diri Di Moderasi Dengan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Telaah Manajemen Vol. 14 Edisi 1, Pebruari 2017,
Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070
Suciu, A. I., & Mata, L. (2011). Pedagogical Competences –The Key to Efficient Education. IOJES: International Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 411-423
Sudarlan, & Rifadin. (2016). Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Dosen di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda. Jurnal Eksis, 12(1), 3333.
Suharsaputra.(2016). Kepemimpinan Inovasi Pendidikan. Bandung PT Refika Aditama
Suherman, A., &Saondi, O.(2010).EtikaProfesiKeguruan.Bandung:Aditama
Sulaksono, H. (2019). Budaya Organisasi Dan Kinerja. Yogyakarta: Deepublish.
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Depok: Raja Grafindo.
Uno, Hamzah., & Lamatenggo, Nina. (2012). Teori Kinerja danPengukurannya. Jakarta; Bumi Aksra.
Wiandari, I.A.A., and Darma, G.S. (2017). Kepemimpinan, Total Quality Management,Perilaku Produktif Karyawan, Kinerja Karyawan dan Kinerja Perusahaan, JurnalManajemen & Bisnis, 14 (2)
Wibowo, A., & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Pustaka Pelajar.
Widoyoko, Eko, Putro. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiraawan. (2012). Evaluasi Kinerja SDM Teori, Aplikasi, dan Penelitian, (Jakarta:
Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Y Rama Widya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.