Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Kinerja Guru SMAN se-Kota Bima

Authors

  • Saifullah Saifullah Universitas Terbuka
  • I Nyoman Nugraha Ardana Putra
  • Heriani Heriani

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p58-70.30397

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian guru terhadap kinerja guru di SMA Kota Bima. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan September-November 2022 dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 guru sebagai responden yang berasal dari guru di 5 SMA Negeri di Kota Bima. Hasil analisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru SMA di Kota Bima. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja guru perlu dilakukan upaya peningkatan seluruh kompetensi guru (Pedagogik, Profesional, Sosial, Kepribadian).

References

Alma, Buchari. (2010). Guru Profesional Menguasai Metode Dan Terampil Mengajar. Bandung: ALFABETA.

Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.

Astining, P, N., Seri, H., & Sakdiahwati, S. (2019). Pengaruh Disiplin, Kompetensi Kepribadian Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri Di Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 25. https://doi.org/10.32502/jimn.v8i2.1822

Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science, 4(2), 1–12. www.theijes.com

Hasan, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix, 5(2)

Hendriani, S., & Lestari, R. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru SMAN 8 Pekanbaru. Jurnal Ekonomi. Volume 21,Nomor 4, Hal 134-145

Imadudin, M. (2017). Analisa Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian, Sosial Guru terhadap Pengembangan Karier Guru SMKS TI Pelita Nusantara Kediri dengan Kinerja Guru sebagai Variabel Intervening. Jurnal Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 06(04), 58–71.

Janawi. (2011). Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah (Pendekatan Teri untuk PraktikProfesional). Jakarta : Kencana.

Kunandar. (2011).Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:Rajawali Pres

Maulana, R. (2014). Hubungan Kompetensi Sosial dengan Kinerja Guru SD Islam Bunga Bangsa Samarinda Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i1.3567

Mayasari, F. (2013). Pengaruh Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Di Sd Negeri Kecamatan Gondang Mojokerto. DiE: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 9(2). https://doi.org/10.30996/die.v9i2.213

Melly, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Stres Kerja Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 114. https://doi.org/10.32502/jimn.v6i2.1581

Muchlas, Samani. (2008). Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia, (Jakarta, Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia(SIC),)

Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Nurdianti, R. R. S. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri Di Kota Bandung. 18(2), 177–188.

Pianda, D. (2018). Kinerja Guru (Kompetensi Guru, Motivasi Kerja Dan KepemimpinanKepala Sekolah). Sukabumi : CV Jejak.

Pidarta, M. 2007. Manajemen Pendidikan. Jakarta : PT. Bina Aksara

Pramono, A., (2011). Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Adi Mitra Pratama Semarang, Artikel Fakultas Ekonomi Universitas Semarang, http://journal.usm.ac.id/jurnal/dinamika-manajemen/330/detail/

Rachmawati, L., & Kaluge, L. (2020). Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1),

Rachmawati, Tutik. & Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan

Rochman, Chaerul., & Heri, G. (2016). Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. Bandung: Nuansa.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Rajawali Pers.

Sahertian, H. J., & Satriobudi., V. J. (2016). Pengaruh Kompetensi Intelektual, Kompetensi Emosional, Dan Kompetensi Sosial Terhadap Kinerja Guru Sma Swasta Di Kota Malang. Journal of Management Studies.

Salemba Empat)

Salimah, S., dan Sri, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja (The Influence of Personality Competency and Teacher Self-Efficacy on Performance). Telaah Manajemen, 14(1), 119–126

Sanjaya,Wina. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi .Jakarta: Prenada Media Group.

Sappaile, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Sikap Profesi Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1), 66–81.

Sarimaya, Farida,. (2008). Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa dan Bagaimana?, Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Shulhan, Muwahid, (2012). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah, Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Disertasi. UIN Malang.

Siregar, E., & Nefiyant, E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi Mengajar dan Kepribadian Guru terhadap Kinerja Guru di SMA 46 Jakarta. Jurnal Satya Mandiri,

Slamet & Sutomo, Yohanes. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Efikasi Diri Di Moderasi Dengan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Telaah Manajemen Vol. 14 Edisi 1, Pebruari 2017,

Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070

Suciu, A. I., & Mata, L. (2011). Pedagogical Competences –The Key to Efficient Education. IOJES: International Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 411-423

Sudarlan, & Rifadin. (2016). Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Dosen di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda. Jurnal Eksis, 12(1), 3333.

Suharsaputra.(2016). Kepemimpinan Inovasi Pendidikan. Bandung PT Refika Aditama

Suherman, A., &Saondi, O.(2010).EtikaProfesiKeguruan.Bandung:Aditama

Sulaksono, H. (2019). Budaya Organisasi Dan Kinerja. Yogyakarta: Deepublish.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Depok: Raja Grafindo.

Uno, Hamzah., & Lamatenggo, Nina. (2012). Teori Kinerja danPengukurannya. Jakarta; Bumi Aksra.

Wiandari, I.A.A., and Darma, G.S. (2017). Kepemimpinan, Total Quality Management,Perilaku Produktif Karyawan, Kinerja Karyawan dan Kinerja Perusahaan, JurnalManajemen & Bisnis, 14 (2)

Wibowo, A., & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Pustaka Pelajar.

Widoyoko, Eko, Putro. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiraawan. (2012). Evaluasi Kinerja SDM Teori, Aplikasi, dan Penelitian, (Jakarta:

Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Y Rama Widya

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Saifullah, S., Putra, I. N. N. A., & Heriani, H. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Kinerja Guru SMAN se-Kota Bima. INOVASI, 10(1), 58–70. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p58-70.30397