Analisis Deskriptif Capaian Kinerja: Bukti Implementasi Beban Kerja Dosen
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p88-97.30401Keywords:
Tri Dharma, Pelaksanaan Pengajaran, Hasil Penelitian, Pengabdian, Penunjang, KinerjaAbstract
Kemajuan teknologi yang pesat menjadi penyebab ketatnya Kemenristekdikti dalam menilai kinerja Perguruan Tinggi, bahkan sejak tahun 2018 Kemenristekdikti telah mencanangkan sistem penilaian Output-Outcome Perbasi. Hal itu dilakukan sebagai salah satu jawaban atas tantangan modernisasi. Dengan ketatnya penilaian tersebut, Kemenristekdikti mengajak seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta untuk realistis dalam menyelenggarakan pendidikan, dimana proses pendidikan dilakukan secara benar dengan orientasi untuk menghasilkan lulusan yang dibutuhkan dunia pendidikan. bekerja, melakukan penelitian yang berorientasi output berupa inovasi produk atau kebijakan, dan terlibat langsung dalam pemecahan masalah yang ada di masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengkaji sejauh mana kontribusi kinerja dosen terhadap prestasi perguruan tinggi, dalam hal ini akreditasi. Untuk dapat mengkaji hal-hal tersebut maka dilakukan pendekatan penelitian yaitu berbentuk deskriptif kuantitatif. Dimana, penelitian ini lebih menekankan pada pengungkapan kondisi yang terjadi di lapangan mengenai praktek Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga dapat diketahui faktor apa saja yang mempengaruhinya. Hasil kajian menunjukkan bahwa produktivitas dosen dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tergolong kurang optimal. Hal ini terlihat pada data publikasi buku, jurnal internasional, sitasi dan hak kekayaan intelektual. Keadaan ini menunjukkan bahwa semangat dosen untuk berprestasi masih rendah.
References
Fauzi, M., & Gunawan, A. (2022). Filantropi Global Membentuk Negara Kesejahteraan: Perspektif Islam dan Yahudi. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 6(2), 141-157.
Santoso, M. B., Zainuddin, M., & Asiah, D. H. S. (2021). Eksistensi Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19: Perspektif Kognitif Sosial. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 136-146.
Imansyah, M. N., & Asmedy, A. (2021). Akselerasi covid-19 pada proses pembelajaran di era pendidikan 4.0. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(2), 279-284.
Hutagaol, Y. R. T., Sinurat, R. P. P., & Shalahuddin, S. M. (2022). Strategi Penguatan Keuangan Negara Dalam Menghadapi Ancaman Resesi Global 2023 Melalui Green Economy. Jurnal Pajak dan Keuangan Negara (PKN), 4(1S), 378-385.
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., ... & Warella, S. Y. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75-99.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar†perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.
Astuti, A., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi pembelajaran dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 469-473).
Rohaeni, N., Ningsih, M. P., & Jubaedah, Y. (2018). Model Pendidikan Kehidupan Keluarga Berbasis Life Skill Dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 4(2), 63-68.
Setyowati, L., Machmuddah, Z., & Fauza, D. H. (2018). Pentingnya jabatan fungsional dosen untuk meningkatkan karier dosen. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 4(1).
Syahmani, S., Rusmansyah, R., Winarti, A., & Almubarak, A. (2020). Penulisan artikel ilmiah berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di SMA Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 163-172.
Salam, R., Akhyar, M., Tayeb, A. M., & Niswaty, R. (2017). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi. Jurnal Office, 3(1), 61-65.
Zulkifli, Z. (2017). Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Dosen Universitas Jabal Ghafur. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 17(1), 105-116.
Herawati, J., & Rinofah, R. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen. Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(2).
Retnowati, T. H., Mardapi, D., Kartowagiran, B., & Suranto, S. (2017). Model evaluasi kinerja dosen: pengembangan instrumen untuk mengevaluasi kinerja dosen. Jurnal penelitian dan evaluasi Pendidikan, 21(2), 206-214.
Wahyudi, W. (2020). Kinerja Dosen: Kontribusinya Terhadap Akreditasi Perguruan Tinggi. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 401-410.
Azmy, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Untuk Mencapai “Career Ready Profesionalâ€. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(3), 148-155.
Bandhaso, M. L., & Paranoan, N. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen Fakultas Ekonomi Di Perguruan Tinggi Swasta Di Makassar. Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 1(2), 100-110.
Widiatmaja, A. (2019). Analisis Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Disiplin Kerja Untuk Peningkatan Kinerja Dosen. Dinamika Bahari, 9(2), 2273-2282.
Hafid, H., & Fajariani, N. (2019). Hubungan profesionalisme, komitmen organisasi dan kinerja dosen pada stie muhammadiyah mamuju. Kinerja, 16(1), 58-68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.