Analisis Deskriptif Capaian Kinerja: Bukti Implementasi Beban Kerja Dosen

Authors

  • Syamsi Mawardi Universitas Pamulang
  • Wahyudi Wahyudi

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p88-97.30401

Keywords:

Tri Dharma, Pelaksanaan Pengajaran, Hasil Penelitian, Pengabdian, Penunjang, Kinerja

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat menjadi penyebab ketatnya Kemenristekdikti dalam menilai kinerja Perguruan Tinggi, bahkan sejak tahun 2018 Kemenristekdikti telah mencanangkan sistem penilaian Output-Outcome Perbasi. Hal itu dilakukan sebagai salah satu jawaban atas tantangan modernisasi. Dengan ketatnya penilaian tersebut, Kemenristekdikti mengajak seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta untuk realistis dalam menyelenggarakan pendidikan, dimana proses pendidikan dilakukan secara benar dengan orientasi untuk menghasilkan lulusan yang dibutuhkan dunia pendidikan. bekerja, melakukan penelitian yang berorientasi output berupa inovasi produk atau kebijakan, dan terlibat langsung dalam pemecahan masalah yang ada di masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengkaji sejauh mana kontribusi kinerja dosen terhadap prestasi perguruan tinggi, dalam hal ini akreditasi. Untuk dapat mengkaji hal-hal tersebut maka dilakukan pendekatan penelitian yaitu berbentuk deskriptif kuantitatif. Dimana, penelitian ini lebih menekankan pada pengungkapan kondisi yang terjadi di lapangan mengenai praktek Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga dapat diketahui faktor apa saja yang mempengaruhinya. Hasil kajian menunjukkan bahwa produktivitas dosen dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tergolong kurang optimal. Hal ini terlihat pada data publikasi buku, jurnal internasional, sitasi dan hak kekayaan intelektual. Keadaan ini menunjukkan bahwa semangat dosen untuk berprestasi masih rendah.

References

Fauzi, M., & Gunawan, A. (2022). Filantropi Global Membentuk Negara Kesejahteraan: Perspektif Islam dan Yahudi. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 6(2), 141-157.

Santoso, M. B., Zainuddin, M., & Asiah, D. H. S. (2021). Eksistensi Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19: Perspektif Kognitif Sosial. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 136-146.

Imansyah, M. N., & Asmedy, A. (2021). Akselerasi covid-19 pada proses pembelajaran di era pendidikan 4.0. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(2), 279-284.

Hutagaol, Y. R. T., Sinurat, R. P. P., & Shalahuddin, S. M. (2022). Strategi Penguatan Keuangan Negara Dalam Menghadapi Ancaman Resesi Global 2023 Melalui Green Economy. Jurnal Pajak dan Keuangan Negara (PKN), 4(1S), 378-385.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., ... & Warella, S. Y. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75-99.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar†perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.

Astuti, A., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi pembelajaran dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 469-473).

Rohaeni, N., Ningsih, M. P., & Jubaedah, Y. (2018). Model Pendidikan Kehidupan Keluarga Berbasis Life Skill Dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 4(2), 63-68.

Setyowati, L., Machmuddah, Z., & Fauza, D. H. (2018). Pentingnya jabatan fungsional dosen untuk meningkatkan karier dosen. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 4(1).

Syahmani, S., Rusmansyah, R., Winarti, A., & Almubarak, A. (2020). Penulisan artikel ilmiah berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di SMA Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 163-172.

Salam, R., Akhyar, M., Tayeb, A. M., & Niswaty, R. (2017). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi. Jurnal Office, 3(1), 61-65.

Zulkifli, Z. (2017). Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Dosen Universitas Jabal Ghafur. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 17(1), 105-116.

Herawati, J., & Rinofah, R. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen. Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(2).

Retnowati, T. H., Mardapi, D., Kartowagiran, B., & Suranto, S. (2017). Model evaluasi kinerja dosen: pengembangan instrumen untuk mengevaluasi kinerja dosen. Jurnal penelitian dan evaluasi Pendidikan, 21(2), 206-214.

Wahyudi, W. (2020). Kinerja Dosen: Kontribusinya Terhadap Akreditasi Perguruan Tinggi. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 401-410.

Azmy, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Untuk Mencapai “Career Ready Profesionalâ€. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(3), 148-155.

Bandhaso, M. L., & Paranoan, N. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen Fakultas Ekonomi Di Perguruan Tinggi Swasta Di Makassar. Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 1(2), 100-110.

Widiatmaja, A. (2019). Analisis Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Disiplin Kerja Untuk Peningkatan Kinerja Dosen. Dinamika Bahari, 9(2), 2273-2282.

Hafid, H., & Fajariani, N. (2019). Hubungan profesionalisme, komitmen organisasi dan kinerja dosen pada stie muhammadiyah mamuju. Kinerja, 16(1), 58-68.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Mawardi, S., & Wahyudi, W. (2023). Analisis Deskriptif Capaian Kinerja: Bukti Implementasi Beban Kerja Dosen. INOVASI, 10(1), 88–97. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p88-97.30401