Pengaruh Brand Ambassador terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness pada Marketplace Shopee

Authors

  • Ababil Karhoma Wijaya Universitas Airlangga
  • Imam Bahroni Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p209-218.31866

Keywords:

Brand Ambassador, Purchase Intention, Brand Awareness, Shopee

Abstract

Pada era globalisasi saat ini teknologi berkembang dengan pesat, khususnya pada bidang informasi dan komunikasi. Dengan adanya perkembangan tersebut membuat berbagai aktivitas pemasaran menjadi lebih mudah dan efisien melalui media online atau internet. Seperti hal nya berbelanja kebutuhan secara online melalui marketplace. Tujuan dalam penelitian ini antara lain untuk mengetahui: (1) Deskripsi brand ambassador, brand awareness, dan purchase intention pada marketplace Shopee. (2) Pengaruh brand ambassador terhadap purchase intention melalui brand awareness pada marketplace Shopee.Penelitian ini menggunakan jenis explanatory research dan survey research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah follower Instagram @shopee_id. Sampel yang diambil dalam peneliatian ini sebanyak 201 responden yang di hitung dengan menggunakan rumus Daniel & Terren. Kemudian uji kelayakan instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil uji analisis Partial Least Square (PLS) menunjukkan bahwa: (1) Konten brand ambassador pada marketplace Shopee di dapatkan dalam kategori baik, brand awareness pada marketplace Shopee mempunyai kategori baik dalam benak konsumen, dan purchase intention pada marketplace Shopee dalam kategori yang baik; (2) Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness; (3) Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, (4) Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, (5) Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui brand awareness.

References

Boadi, O. (2017). The Effect of Personality (Brand Ambassadors) on Advertisement and Consumers Purchase Intentions in The Telecommunication Industry. International Journal of Customer Relationship Marketing and Management, 8(4), 1–11.

Erdogan, B. Z. (1999). Celebrity Endorsement: A Literature Review. Journal of Marketing Management, 15(4), 291–314. https://doi.org/10.1362/026725799784870379

Fariha, A. F. (2019). PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP REPURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH BRAND AWARENESS SHOPEE INDONESIA ( Studi Pada Pengguna Shopee di Universitas Brawijaya ).

G Turner, F Bonner, P. M. (2000). Fame games: The production of celebrity in Australia.

Hsiao, Y.-H., Hsu, Y., Chu, S.-Y., & Fang, W. (2014). Is Brand Awareness a Marketing Placebo? International Journal of Business & Information, 9(1), 29–60. http://eds.a.ebscohost.com.laureatech.idm.oclc.org/eds/pdfviewer/pdfviewer?sid=4f4224ec-6cea-4336-9ed7-c43be7dd0e73@sessionmgr4003&vid=10&hid=4105

Ikhsan, M. (2014). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 1–10.

Kertamukti, R., Ilmu, D., Uin, K., & Kalijaga, S. (2015). INSTAGRAM DAN PEMBENTUKAN CITRA (Studi Kualitatif Komunikasi Visual dalam Pembentukan Personal Karakter Account Instagram @basukibtp). 08(01), 57–66.

Konecnik, M., & Gartner, W. C. (2007). Customer-based brand equity for a destination. Annals of Tourism Research, 34(2), 400–421. https://doi.org/10.1016/j.annals.2006.10.005

Royan, frans m. (2004). Marketing Selebrities.

Saputro, A., Sugiharto, D. S., Studi, P., Pemasaran, M., Ekonomi, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2018). Dimensi Brand Ambassador. Strategi Pemasaran, 5, 1–8.

Shimp, T. A. (2013). Integrated Marketing Communications.

Younus. (2015). & Management Technology The Relationship between Added-Value of Organization and QMA. 2(2), 35–42.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Wijaya, A. K., & Bahroni, I. (2023). Pengaruh Brand Ambassador terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness pada Marketplace Shopee. INOVASI, 10(1), 209–218. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p209-218.31866