Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang

Authors

  • Mae Nurjanah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Budi Rismayadi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Wike Pertiwi Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p274-283.33717

Keywords:

Kepemimpinan, Budaya Kerja, Kinerja

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui pengaruh kepemimpinan serta budaya kerja pada kinerja pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karawang, Penelitian ini menggunakan pendekatan verifikatif dengan menggunakan Random sampling dengan rumus slovin dalam penelitian ini memiliki populasi 111 orang dan sempel yang digunakan sebanyak 87 orang responden pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karawang. Pengolahan data diperoleh menggunakan software SPSS 25 dengan Teknik analisis Regresi linear berganda. Pada hasil penelitian mengindikasikan bahwasannya kepemimpinan mempengaruhi kinerja pegawai sebesar 0,018 dan budaya kerja mempengaruhi secara signifikan pada kinerja pegawai dengan hasil 0.000.  Dari hasil analisis secara simultan variabel kepemimpinan dan budaya kerja berpengaruh secara signifikan 0.00 terhadap variabel Kinerja pegawai.

References

Abbas Mansyur, Y. (2020). Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Bea dan Cukai dalam Pengawasan Rokok Ilegal. Manajalah ilmiah bijak .

Amalia, A. n. (2022). pengaruh kepemimpinan situasional dan budaya kerja terhadap prestasi kerja. jurnal of management.

Astagina, D. d. (2022). PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPEMIMPINAN, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT XYZ. e junal manajemen tsm.

Dewi Suryani Harahap1)*, H. K. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Motivasi Kerja. Maneggio.

Dhita Wdia Lupita, N. R. (2019). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KEPUASAN kerja tenaga kesehatan studi kasus puskesmas di kecamatan kotabaru karawang. jurnal manajemen dan bisnis kratif.

Dirgahayu Erri, A. P. (2021). pengaruh gaya kepemipinan terhadap kinerja karyawan pada pt malzer global sejahtera jakarta. jurnal inovasi penelitian.

Dr. Wendy Sepmady Hutahaean, S. M. (2020). Teori Kepemimpinan. Malang: Ahlimedia Press.

E, H. (2019). Pengaruh Promosi Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedap Di Tangerang. Jurnal ekomomi dan bisnis .

Edison, E. A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Alfabeta CV.

H Ali, I. S. (2022). pengukuran organizational citizenship behavior beban kerja, budaya kerja, dan motivasi studi literatur review. jurnal ilmu multidisiplin.

Juhaeti, S. R. (2022). PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. AISAN NASMOCO INDUSTRI DI CIKARANG, JAWA BARAT. JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen.

Kamsir. (2016). Manajemen sumber daya manusia (Teori dan Praktik). Rajawali Press, edisi 1 cetakan 1 .

Kartono, D. K. (2017). Pimpinan dan Kepemimpinan . Jakarta: Rajawali pers.

Khair, D. S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan kerja melalui motivasi kerja. Jurnal ilmiah magister manajemen.

Mia Laksimawati, R. F. (2023). determinasi modal intelektual,ukuran perushaan, stuktur modal terhadap harga saham dengan kinerja keuangan sebagai intervening. research paper financial management.

Noni Febrianti, B. R. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN INOVATOR DALAMMEMOTIVASI KINERJAGURU(StudyKasus PadaSDNWarungbambuIKarawang). jurnal mahasiswa manajemen dan akutansi.

Novia Ruth Silaen, S. R. (2021). Kinerja Karyawan. Bandung: Widina Bhakti Persada .

Pasaribu, I. M. (2019). pengaruh kepemimpinan, motivasi dan pelatihan terhadap kinerja pegawai. manenggio, jurnal ilmian megister manajemen.

Salsabila, R. (2021). Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan: Studi pada Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. UMKT.

Sari & Wahyono. (2014). pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi terhdap kepuasan kerja karyawan di yogyakarta. jurnal manajemen dan pelayanan farmasi.

Schullar, S. &. (2018). pengaruh kemmapuan kerja dan motivasi estrinsik terhadap kinerja karyawan pada cv pesona palembang . jurnal ilmiah ekonomi Global Masa Kini , 38-46.

Slamet Riyanto, S. d. (2020). METODE RISET PENELITIAN KUANTITATIF PENELITIAN DI BIDANG MANAJEMEN, TELNIK, PENDIDIDKAN DAN EKSPERIMEN. Yogyakarta: Grup penerbitan CV BUDI UTAMA.

Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian kuantitatif. alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF . Bandung: ALFABETA, CV .

Tutik lestari, E. W. (2017). pengaruh kepemimpinan dan budaya kerja terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel moderasi. jurnal ekonomi dan kewirausahaan.

Wahyono, S. P. (2018). pengaruh gaya kepmimpinan, budaya organisasi dan lingkungan kerja terhdap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai mediator. economic education analysis journal.

Widia Lestari, W. P. (2022). EFEKTIVITAS SDM UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PADA PEGAWAI BPR WIBAWA MUKTI JABAR. jurnal mahasiswa manajemen dan akutansi.

Downloads

Published

2023-08-27

How to Cite

Nurjanah, M., Rismayadi, B., & Pertiwi, W. (2023). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang. INOVASI, 10(1), 274–283. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p274-283.33717