DINAMIKA PENGEMBANGAN KARIER, LINGKUNGAN KERJA, DAN LOYALITAS KERJA PADA PEGAWAI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Mukrodi Mukrodi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v8i2.p109-117.34523

Keywords:

Pengembangan Karier, Lingkungan Kerja, Loyalitas Pegawai, Organisasi, Dinamika Kerja

Abstract

Dalam era yang kompetitif, organisasi dihadapkan pada tantangan mempertahankan dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkompeten. Loyalitas pegawai menjadi kunci untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dua faktor yang memiliki peran penting dalam meningkatkan loyalitas pegawai adalah pengembangan karier dan kondisi lingkungan kerja. Studi sebelumnya telah menyoroti pentingnya keduanya, tetapi perlu penyelidikan lebih lanjut untuk memahami bagaimana interaksi antara pengembangan karier dan lingkungan kerja dapat memengaruhi loyalitas pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengembangan karier dan lingkungan kerja terhadap tingkat loyalitas pegawai dalam konteks organisasi pemerintahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada pegawai kementerian agama di kota Tangerang Selatan. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik statistik regresi linier berganda yang terdiri dari uji parsial, uji simultan dan uji determinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karier dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas pegawai. Faktor-faktor seperti peluang pengembangan karier, dukungan manajemen, komunikasi internal yang efektif, dan keadilan organisasi memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan loyalitas pegawai. Selain itu, pengaruh kedua faktor ini juga terbukti saling memperkuat, sehingga penting bagi organisasi untuk memperhatikan keduanya secara bersama-sama untuk menciptakan pegawai yang loyal dan berkomitmen

References

Ariyanti, A. (2017). Pengaruh kompensasi, motivasi kerja dan pengembangan karir terhadap loyalitas kerja karyawan pt jasa marga persero tbk. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 18(3), 271-282.

Larasati, S. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Deepublish.

Noor, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurbaya, S. (2020). Manajemen Sumberdaya Manusia di Era Revolusi Industri 4.0. Nas Media Pustaka.

Asmara Indahingwati, & Nugroho, N. E. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Scopindo Media Pustaka.

Busro, M. (2018). Teori-teori manajemen sumber daya manusia. Prenada Media.

Sudaryo, Y., Aribowo, A., & Sofiati, N. A. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Penerbit Andi.

Suryanti, L., & Masruchin, M. (2018). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja Dan Pengembangan Karier Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Karyawan PT. XYZ. Jurnal Farmagazine, 5(3), 42-52.

Sakban, S., Nurmal, I., & Ridwan, R. B. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(1), 93-104.

Suryani, N. K., & John EHJ FoEh, I. P. U. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: Tinjauan Praktis Aplikatif. Nilacakra.

Iskandar, C. S., Upa, S., & Iskandar, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Technopreneurship. Deepublish.

Kasmawati, Y. (2018). Pengaruh Capital dan Lingkungan Kerja terhadap Loyalitas Dosen yang Dimediasi Kepuasan Kerja: Studi Kasus Dosen Universitas Budi Luhur. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(1), 18-36.

Bambulu, M. G., Lengkong, V. P., & Lumintang, G. (2018). Pengaruh Rekrutmen Dan Seleksi, Pengembangan Karir, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Sulutgo Pusat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Cornelia, O. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Loyalitas Karyawan PT. ABC. Journal Manajemen dan Bisnis, 14(1), 42-52.

Hanin, A., Djaelani, A. K., & ABS, M. K. (2018). Pengaruh pengembangan karir dan pemberian insentif terhadap loyalitas karyawan radar bromo Probolinggo (jawa pos grup). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 7(01).

Kurnianingsih, F., Safitri, D. P., & Edison, E. (2017). Manajemen Sumber daya manusia. Umrahpress.

Setyowati, R. D. E., & Yani Antariksa. (2021). Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakad Media Publishing.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Mukrodi, M. (2021). DINAMIKA PENGEMBANGAN KARIER, LINGKUNGAN KERJA, DAN LOYALITAS KERJA PADA PEGAWAI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANGERANG SELATAN. INOVASI, 8(2), 109–117. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v8i2.p109-117.34523