PERAN BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Mukrodi Mukrodi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v9i2.p155-163.34528

Keywords:

Perilaku Kerja, Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Kinerja Pegawai, Manajemen SDM

Abstract

Budaya organisasi dan kepemimpinan memiliki peran yang penting dalam membentuk lingkungan kerja yang efektif dan berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi mencerminkan nilai-nilai, norma, dan keyakinan yang mendefinisikan organisasi, sementara kepemimpinan memainkan peran sentral dalam mengarahkan sumber daya manusia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana budaya organisasi dan kepemimpinan berkontribusi dalam meningkatkan kinerja pegawai di lingkungan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner yang didistribusikan kepada pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Tangerang Selatan. Jumlah responden yang menjadi sampel penelitian sebanyak 73 orang dengan teknik sampel acak sederhana. Data penelitian di analisis menggunakan metode statistik regresi linear berganda. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa budaya organisasi yang kuat, yang diidentifikasi melalui nilai-nilai positif, norma, dan komunikasi yang jelas, memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Selain itu, peran kepemimpinan yang efektif dalam membentuk dan mendukung budaya organisasi yang sesuai dengan visi dan tujuan organisasi juga terbukti mempengaruhi kinerja pegawai secara positif.

References

Sutoro, M., Mawardi, S., & Sugiarti, E. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 411-420.

Suryani, N. K., Se, M. M., & Ir John EHJ FoEh, I. P. U. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: Tinjauan Praktis Aplikatif. Nilacakra.

Sutrisno, H. E. (2019). Budaya organisasi. Prenada Media.

Fathurrochman, I. (2021). Perilaku dan Budaya Organisasi. Penerbit Adab.

Suryadi, I., & Efendi, S. (2019). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Kepuasan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Biro Kepegawaian Di Badan Kepegawaian Negara (Bkn) Jakarta. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 14(2).

Hidayat, R., Chandra, T., & Panjaitan, H. P. (2018). Pengaruh budaya organisasi, motivasi kerja, dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan pada SPBU di kabupaten Rokan Hilir. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 3(2), 142-155.

Syukur, A., Supriyono, E., & Suparwati, Y. K. (2019). Pengaruh kepemimpinan, komunikasi organisasi dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Tegal. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 28-37.

Hidayah, N., & Utari, W. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Situasional, dan Pola Komunikasi Terhadap Disiplin Kerja dan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Cipta Karya Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 664-678.

Rukmana, S. L., Haryani, S., & Primadineska, R. W. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi, Etika Kerja, dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sleman. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2).

Parlagutan Silitonga & Budiono, A. (2020). Merumuskan Budaya Organisasi & Peraturan Perusahaan. Penerbit Andi.

Wijono, S. (2018). Kepemimpinan dalam perspektif organisasi. Kencana.

Usman, H. (2019). Kepemipinan Efektif: Teori, Kepemimpinan, Dan Praktik. Bumi Aksara.

Timotius, K. H. (2016). Kepemimpinan dan Kepengikutan: Teori dan Perkembangannya. Penerbit Andi.

Fazira, Y., & Mirani, R. (2019). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 76-83.

Ichsan, R. N., Lukman Nasution, & Sarman Sinaga. (2021). Bahan Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). CV. Sentosa Deli Mandiri.

Setyowati, R. D. E., Sos, S., & Yani Antariksa, S. E. (2021). Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakad Media Publishing.

Busro, M. (2018). Teori-teori manajemen sumber daya manusia. Prenada Media.

Ratnasari, S. L., Fitri, D., Zulkifli, Z., Nasrul, H. W., & Supardi, S. (2020). Analisis Manajemen Perubahan, Kepemimpinan Transformasional, Struktur Organisasi, Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Benefita, 5(2), 225-237.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Mukrodi, M. (2022). PERAN BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA TANGERANG SELATAN. INOVASI, 9(2), 155–163. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v9i2.p155-163.34528