Analisis Pemilihan Merchant Menggunakan Metode Segmentation Model Two Step Clustering pada Bank X

Authors

  • Sari Riyani Universitas Bakrie
  • Fajar Kristianto
  • Rayuli Wulandari
  • Jerry Heikal
  • Elisa Purnawati

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i2.p479-487.36202

Keywords:

Metode Analisis Two Step Clustering, Segmentasi, Preferensi konsumen

Abstract

Dalam penelitian ini data yang digunakan berasal dari transaksi pembelian dalam satu bulan nasabah Bank X yang dianalisis menggunakan metode two step cluster analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelompok nasabah yang memiliki karakteristik serupa dan merekomendasikan strategi dalam pemilihan merchant untuk membantu Bank X dalam menentukan target pasar yang tepat untuk meningkatkan kepuasan nasabah, dan meningkatkan transaksi serta memicu nasabah yang tidak aktif agar dapat aktif melakukan transaksi dengan program - program yang tepat sasaran guna meningkatkan kepuasan nasabah, dan mendorong pertumbuhan bisnis. Berdasarkan hasil pembahasan proses segmentasi cluster yang telah dilakukan pada aplikasi pengolahan data SPSS dan menggunakan algoritma two step cluster analysis, diperoleh 4 cluster yang memiliki persona dengan karakteristik dan preferensi yang berbeda-beda. Cluster 1 dengan label persona Foodie Cluster, sedangkan Cluster 2 dengan label persona Mobile Cluster (karena persona transaksinya di SPBU).  Cluster 3 dengan label persona Groceries Cluster (karena berdasarkan data persona transaksi di supermarket/minimarket). Cluster 4 dengan label persona Fashion. Dari hasil analisis dan pembahasan 4 cluster yang ada, disimpulkan bahwa produk yang dominan transaksinya adalah pada segment food & beverage. Bank X memilih segment food & Beverage sebagai merchant target pasar yang tepat untuk meningkatkan kepuasan nasabah serta meningkatkan transaksi. “Cashback untuk Pembelian di Merchant Food & Beverage†sebagai value proposition dari Bank X. 

References

Jain, A. K., Murty, M. N., & Flynn, P. J. (2000). Data clustering: a review. ACM computing surveys (CSUR), 31(3), 264-323.

Awaliah, Resky. (2018). Analisis Clustering Untuk Pengelompokan Tingkat Kesejahteraan Kabupaten/Kota Berdasarkan Sosial Ekonomi Rumah Tangga di Wilayah Sulawesi Selatan.

Murpratiwi, S. I., Indrawan, I. G. A., & Aranta, A. (2021). Analisis Pemilihan Cluster Optimal dalam Segmentasi Nasabah Toko Retail.

R. A. Indraputra and R. Fitriana, “K-Means clustering Data COVID-19,†J. Tek. Ind., vol. 10, no. 3, pp. 275–282, 2020.

Savitri, A. D., Bachtiar, F. A., & Setiawan, N. Y. (2018). Segmentasi Nasabah Menggunakan Metode K-Means clustering Berdasarkan Model RFM Pada Klinik Kecantikan

Setiawan, Agung Hendra & Noviana Pratiwi. (2016). "Penerapan Metode Two Step Cluster untuk Pengelompokkan Potensi Desa," Volume 4, No 2, Juli 2019, pp. 41-51

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Riyani, S., Kristianto, F., Wulandari, R., Heikal, J., & Purnawati, E. (2023). Analisis Pemilihan Merchant Menggunakan Metode Segmentation Model Two Step Clustering pada Bank X. INOVASI, 10(2), 479–487. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i2.p479-487.36202