Model Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan Tinggi Perspektif Dosen

Authors

  • Syamsi Mawardi Universitas Pamulang
  • Vivid Violin Politeknik Maritim AMI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i2.p488-495.36203

Keywords:

Kepemimpinan, Persepsi Dosen, Pendidikan Tinggi

Abstract

Kepemimpinan dalam konteks organisasi memegang peran sentral sebagai pilar utama dalam menjalankan fungsi dan wewenangnya. Kepemimpinan tersebut melibatkan figur yang memiliki kedudukan dan wewenang tinggi, memberikan kemampuan yang lebih besar dalam mengelola organisasi. Posisi pemimpin menjadi krusial, menjadikannya mitra strategis untuk memenuhi kepentingan semua lapisan organisasi, dari tingkat bawah hingga puncak, dengan penekanan pada kepentingan objektif (presisi). Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tanggapan, persepsi, dan penilaian dosen terhadap kepemimpinan ketua program studi secara objektif, menyediakan pemahaman kontekstual yang komprehensif terhadap dinamika kepemimpinan. Studi dilakukan di Universitas Pamulang, melibatkan program studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan responden utama adalah dosen level satu yang juga berperan sebagai pengembang program studi. Teknik sampel menggunakan metode acak sederhana melalui penyebaran kuesioner langsung. Data penelitian dianalisis dengan metode deskriptif kualitataif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan ketua program studi manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki karakteristik demokratis, tercermin melalui partisipasi aktif dosen pengembang dalam seluruh kegiatan tri dharma dan proses pengambilan keputusan program studi.

References

Bashori, B. (2019). Transformasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi Dan Jejaring Internasional. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Budiman, J., & Barata, J. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Pencapaian Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Swasta Di Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 3(2), 58-69.

Dacholfany, M. I. (2017). Peran Kepemimpinan Perguruan Tinggi Islam dalam Pembagunan Peradaban islami. Nizham: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 148-164.

Dewi, I. K. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Profetik Dalam Kepemimpinan Modern Pada Manajemen Kinerja Di Perguruan Tinggi Islam Swasta Kota Metro. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 12(1), 47-76.

Indayanti, A. N., & Malik, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Profetik Terhadap Motivasi Kinerja di Institusi Perguruan Tinggi. Kharisma: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 113-125.

Kurniawan, A. (2016). Analisis Deskriptif Kepemimpinan Managerial Grid di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Maranatha, 15(2).

Lubis, L. (2020). Konsep Kepemimpinan Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Era Digital (Sebuah Kajian Terhadap Gaya Kepemimpinan Transformasional). Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 1(2).

Mulyono, H. (2018). Kepemimpinan (leadership) berbasis karakter dalam peningkatan kualitas pengelolaan perguruan tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 290-297.

Palar, H. J., Katuuk, D. A., Rotty, V. N., & Lengkong, J. S. (2021). Keterampilan Kepemimpinan Perguruan Tinggi pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 130-136.

Putra, A. R., & Sinambela, E. A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Dosen. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 58-67.

Rohmah, F. N., & Sayuti, A. F. (2021, November). Gaya Kepemimpinan Servant Leadership pada Perguruan Tinggi. In ICoIS: International Conference on Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 234-248).

Sihite, M., & Saleh, A. (2019). Peran Kepemimpinan dalam meningkatkan daya saing perguruan tinggi: tinjauan konseptual. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2(1), 29-44.

Surahman, S., & Munadi, M. (2022). Kepemimpinan Perempuan Di Perguruan Tinggi: Manajerial Atau Akademik. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(1), 18-26.

Tugiah, T., & Hendriani, S. (2022). Kepemimpinan Dalam Sudut Pandang Islam. Jurnal Sosial dan Teknologi, 2(6), 516-524.

Wijono, S. (2018). Kepemimpinan Dalam Perspektif Organisasi. Kencana.

Yanuarsari, R., Romansyah, R., Latifah, E. D., Wahidin, D., & Muchtar, H. S. (2022). Potret Kepemimpinan dan Mutu Pendidikan di Era MBKM Studi Deskriptif pada Perguruan Tinggi Swasta. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3822-3831.

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Mawardi, S., & Violin, V. (2023). Model Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan Tinggi Perspektif Dosen. INOVASI, 10(2), 488–495. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i2.p488-495.36203