Mencermati Gaya Hidup Mahasiswa terhadap E-commerce Dampak dari Globalisasi Teknologi

Authors

  • Suherman Suherman Program Studi Doktoral Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sholih Sholih Program Studi Doktoral Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mawardi Nurullah Program Studi Doktoral Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reni Apriani Program Studi Doktoral Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p48-55.39722

Abstract

Teknologi internet yang menawarkan jasa e-commerce telah mengubah gaya hidup mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Pamulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup Mahasiswa Universitas Pamulang akibat adanya e-commerce dan menganalisis faktor-faktor yang melatarbelakngi mahasiswa melakukan pembelian melalui e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa era globalisasi teknologi membawa e-commerce telah merubah gaya hidup mahasiswa menjadi berperilaku konsumtif dan inovatif. Mahasiswa yang memiliki gaya hidup konsumtif selalu berpenampilan menarik, mengenakan fashion bermerk, memiliki standar hidup menengah ke atas, serta lebih banyak bergaul dengan orang-orang yang memiliki hobi sama. Hal yang sama juga diaminkan oleh teori masyarakat konsumsi yang memperlihatkan bahwa sekelompok masyarakat mengkonsumsi barang karena perkembangan zaman modern melalui pemakaian jasa e-commerce. Faktor yang mempengaruhi pemanfaatan e-commerce adalah efisiensi waktu, akses yang mendukung, serta sebagai pemenuhan kebutuhan barang dan kepuasan. Pemenuhan kepuasan terlihat dari pemilihan barang bermerk untuk tetap terlihat berpenampilan trendy di lingkungan sosialnya. Oleh karena itu, kita perlu mepertimbangkan apa yang ingin dibeli melalui jasa e-commerce, sehingga perilaku konsumtif dapat dihindari terlebih di masa pandemik seperti ini.

References

L. D. Farida. (2016). “Pengukuran User Experience Dengan Pendekatan Usability (Studi Kasus: Website Pariwisata Di Asia Tenggara),” EMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 4, no. 1, pp. 1–3.

T. Suryani. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.

N. Setiadi. (2005). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media.

M. E. Fitria. (2015). “Dampak E-commerce di Instagram dalam Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Shopaholic di Samarinda,” J. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit., vol. 3, no. 1, pp. 125–126.

M. Siska. (2016). “Perilaku Sosial: Jual- Beli Online di Komunitas Mahasiswi Tinjauan Teori Pertukaran Sosial (Social Exchange Theory) oleh George Homans,” J. Univ. Tanjungpura Pontianak, vol. 3, no. 4, pp. 5–7.

A. Kara. (2016). “Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian E-commerce Elevenia di Bbm Grup terhadap Minat Beli Mahasiswi,” J. Ilmu Sos. dan Polit. Univ. Tribuwana Tunggadewi Malang, vol. 5, no. 1, pp. 47–48.

A. Praja, D.& Damayantie. (2011). “Potret Gaya Hidup Hedonisme di Kalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Sosiologi Fisip Universitas Lampung),” Jurnal. Sosiol. Univ. Lampung, vol. 1, no. 3, pp. 192–193.

R. Anugrahati, S. & Dwi. (2014). “Gaya Hidup Shopaholic sebagai Bentuk Perilaku Konsumtif pada Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

dkk Wahyuni. (2016). “Gaya Hidup Remaja Kelas Menengah Kota Pekalongan,” J. Educ. Soc. Stud., vol. 5, no. 1, pp. 1–7.

N. R. Diana. (2016). “Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa Akibat Adanya E-commerce Jilbab,” J. Ilmu Sos. dan Huk., vol. 2, no. 4, pp. 691–692.

B. Tamam. (2013). “Peningkatan Ecoliteracy siswa sebagai Green Consumer melalui Pemanfaatan Kemasan Produk Konsumsi dalam Pembelajaran IPS,” J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 24, no. 2, pp. 227– 238.

G. Ritzer. (2008). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Y. M. Sari. (2014). “Pembinaan toleransi dan peduli sosial dalam upaya memantapkan watak kewarganegaraan siswa,” J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 23, no. 1.

S. Asyafiq. (2019). “Strategi Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Di Era Global Berbasis Pendidikan Ekonomi Kewarganegaraan,” J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 28, no. 1, pp. 18–30.

Y. A. Tabrani, P., Himawijaya, & Piliang. (2006). “Kreativitas & humanitas: sebuah studi tentang peranan kreativitas dalam perikehidupan manusia,” Jalasutra.

N. Martono. (2011).Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Analisis Data. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Suherman, S., Sholih, S., Nurullah, M., & Apriani, R. (2024). Mencermati Gaya Hidup Mahasiswa terhadap E-commerce Dampak dari Globalisasi Teknologi. INOVASI, 11(1), 48–55. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p48-55.39722