ANALISIS PERILAKU PRODUSEN DALAM MENGEMBANGKAN PRODUK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v6i2.p69-79.3974Abstract
Pembahasan tentang perilaku seorang produsen digunakan untuk melihat sejauh mana sebuah usaha yang dimiliki oleh perorangan atau perusahaan dalam memproduksi kebutuhan-kebutuhan konsumennya. Sehingga produsen dapat melakukan pengambilan keputusan mengenai seberapa banyak peralatan produksi dan jumlah tenaga kerja untuk memenuhi permintaan konsumen-konsumennya terhadap produk yang dihasilkan. Secara garis besar, perilaku produsen dapat dijelaskan melalui 3 komponen yaitu ; personal service berkaitan dengan kejujuran seorang produsen, kedua kemampuan komunikasi yang lebih cenderung penggunaan tutur kata yang santun seorang produsen, dan yang ketiga ESQ yaitu seorang produsen sepatutnya memiliki kecerdasan mengelola emosi dan kecerdasan spiritual. Dengan melakukan tiga langkah tersebut, maka seorang produsen secara otomatis akan memberikan service excellence kepada para konsumen dan pelanggan. Pelayanan prima yang diharapkan seorang produsen tidak hanya pada aspek profit oriented melainkan juga people oriented. Ketiga konsep tentunya akan mempengaruhi pemberdayaan produk berbasis kearifan lokal Tangerang Selatan mulai dari tingkat daerah sampai tingkat pusat. Produk lokal Tangerang Selatan yang masih eksis sampai sekarang di antaranya yaitu batik, jeruk baper, dodol, dan masih ada beberapa produk lokal lainnya yang perlu dipertahankan.
Kata kunci: Perilaku Produsen, Produk Lokal
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.