Pengembangan Media Pembelajaran Tangguh dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Membaca dan Numerasi Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p173-180.40253Keywords:
Media Belajar; Keterampilan; Literasi Membaca; Literasi NumerasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penting media pembelajaran Si Gesit dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pada siswa kelas 5 SDN Kunjang 2 Kediri yang memerlukan intervensi khusus. Perkembangan Si Gesit dalam pembelajaran literasi dan numerasi dinyatakan valid oleh tiga orang ahli. Penilaian ahli materi dengan persentase 92% ahli media dengan persentase 97% dan ahli bahasa dengan persentase 80%. Hasil uji coba kelompok kecil dengan 6 orang siswa diperoleh persentase 90%, dan kelompok besar uji coba dengan 16 siswa memperoleh persentase 95% memperoleh kategori sangat baik. Nilai rata-rata hasil tes literasi numerasi siswa sebelum menggunakan Si Gesit mencapai 55,62. Setelah menggunakan Si Gesit rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 75. Terjadi peningkatan sebesar 19,38. Rapor pendidikan tahun 2022 menunjukkan peningkatan yang signifikan. Keterampilan literasi berada pada kategori baik yaitu mencapai 71,43% artinya siswa telah mencapai kompetensi minimal. Capaian literasi ini akan meningkat sebesar 114,31% pada tahun 2022. Sedangkan kemampuan numerasi sudah berada pada kategori sedang yaitu 50% artinya 40% - 70% siswa sudah mencapai kompetensi minimal.
References
Fadhli, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24-33.
Kustandi, Cecep, and Daddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Kharisma, L. P. I., & Yana, Y. H. (2021). Media Pembelajaran Matematika dengan Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang Berbasis Web. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 3(1), 39-45.
Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1).
Melanda, D., Surahman, A., & Yulianti, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Kelas IV Berbasis Web (Studi Kasus: SDN 02 Sumberejo). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(1), 28-33.
Nana Sudjana. (2017). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alegesindo
Nurlailah, M. (2022). Analisis Literasi Digital dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Pembelajaran Berbasisi WEB (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19.
Rahayu, S., Iqbal, M., & Budiman, R. D. A. (2021). Efektivitas media pembelajaran matematika berbasis web dan game edukasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 177-184.
Rahmawati, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2367-2375.
Salsabila, F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites pada pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 6088-6096.
Sitepu, D. S. B., & Herlinawati, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites pada materi ikatan ion dan kovalen untuk SMA kelas X. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 552-563.
Sodiq, M., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2021). Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web" quizizz" sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5).
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryandaru, N. A., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada muatan pembelajaran matematika kelas IV. Jurnal Basicedu, 5(6), 6040-6048.
Widiastuti, D., Mulyadiprana, A., & Nugraha, A. (2022). Pembelajaran berbasis literasi dan numerasi di kelas IV sekolah dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 248-257.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.