Meningkatkan Kepuasan Pelanggan melalui Persepsi Harga dan Customer Experience: Peran Customer Trust sebagai Mediator

Authors

  • Fadia Diani Putri Universitas Asa Indonesia
  • Bonifasius MH Nainggolan Universitas Asa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p22-36.40255

Keywords:

Persepsi Harga; Pengalaman Pelanggan; Kepercayaan Pelanggan; Kepuasan pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan pengalaman pelanggan terhadap kepuasan pelanggan yang dimediasi oleh kepercayaan pelanggan. Metode analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM dengan menggunakan software Smart-PLS 3 untuk mengolah data. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebagai pengambilan sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu dengan menyebarkan kuesioner melalui survei yang diberikan kepada pelanggan. Kuesioner dibagikan kepada 288 pelanggan yang berkunjung atau pernah berkunjung ke lokasi penelitian sebagai ukuran sampel akhir. Hasil penelitian ini antara lain, persepsi harga berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan. Persepsi harga berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya pengalaman pelanggan berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan dan pengalaman pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara keseluruhan persepsi harga dan pengalaman pelanggan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang dimediasi oleh kepercayaan pelanggan.

References

Aini, Z. (2018). Pengaruh Service Quality Dan Customer Trust Terhadap Customer Satisfaction Serta Dampaknya Pada Customer Loyalty Perbankan Syariah. Kolegial, 6(P-ISSN 2088-5644; E-ISSN 2614-008X), 11.

Ashley, C., & Varki, S. (2009). Loyalty and its influence on complaining behavior amd service recovery satisfaction. Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction & Complaining Behavior, 22, 21–35.

Aulia, M., Nastiti, H., & Mardiatmi, B. D. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Mikrotrans Jak Lingko Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Visionida, 7(2), 79–95.

Azhari, M. I., Fanani, D., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Kfc Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 143–148.

Cohen, J. (1998). STATISTICAL POWER ANALYSIS for the BEHAVIOR SCIENCES (2nd ed.).

Fajrina, R., & Jalaludin, E. (2022). Pengaruh Pemasaran Relasional Kepercayaan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada 2A Computerizer Embroidery). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 927–936. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2175

Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of Marketing Research This, 18(1), 39–50.

Gentile, C., Spiller, N., & Noci, G. (2007). How to Sustain the Customer Experience:. An Overview of Experience Components that Co-create Value With the Customer. European Management Journal, 25(5), 395–410.

Gilbert, G. R., Veloutsou, C., Moutinho, L., & Goode, M. M. H. (2004). Measuring customer satisfaction in the fast food industry: A cross-national approach. Journal of Services Marketing, 18(5), 371–383.

Hair, J. ., Hult, G. T. oma. M., Ringle, C. hristia. M., & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). https://doi.org/9781483377445

Hui, E. C. M., & Zheng, X. (2010). Measuring customer satisfaction of FM service in housing sector. Facilities, 28(5/6), 306–320.

Irawan, H. (2003). Indonesian Customer Satisfation.

Keh, H. T., & Xie, Y. (2009). Corporate reputation and customer behavioral intentions: The roles of trust, identification and commitment. Industrial Marketing Management, 38(7), 732–742.

Khare, A., Achtani, D., & Khattar, M. (2014). Influence of price perception and shopping motives on Indian consumers’ attitude towards retailer promotions in malls. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 26(2), 272–295.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing. New York: Pearson International., 735.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008a). Manajemen Pemasaran (13 JILID 2).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008b). MANAJEMEN PEMASARAN (13 JILID 1).

Krüger, F. (2016). The Influence of Culture and Personality on Customer Satisfaction. In The Influence of Culture and Personality on Customer Satisfaction. https://doi.org/10.1007/978-3-658-12557-8

Kurniawan, R. H., & Nainggolan, B. M. (2023). Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Customer Experience DI Grand Cemara Hotel Jakarta. Agustus, 16(2), 2023.

Lee, S., Lawson‐Body, A., & Illia, A. (2011). Perceived price fairness of dynamic pricing. Industrial Management & Data Systems, 111(4), 531–550.

Lemke, F., Wilson, P. H., & Clark, P. M. (2006). What Makes a Great Customer Experience? The Henley Centre of Customer Management, 2011.

Lubis, M. F. I., Aslami, N., & Tambunan, K. (2023). Pengaruh Harga, Pelayanan Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cafe Pascho Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 872–882. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3074

Mahendra, K. P., & Indriyani, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cv Mitra Perkasa Utomo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(2016), 2.

Marakanon, L., & Panjakajornsak, V. (2017). Perceived quality, perceived risk and customer trust affecting customer loyalty of environmentally friendly electronics products. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(1), 24–30.

Martínez, P., & del Bosque, I. R. (2013). CSR and customer loyalty: The roles of trust, customer identification with the company and satisfaction. International Journal of Hospitality Management, 35, 89–99.

Meyer, C., & Schwager, A. (2007). Understanding customer experience [14]. In Harvard Business Review (Vol. 85, Issue 6).

Muadz, & Rahayu, A. L. P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Dengan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variable Intervening ( Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Kota Depok , Jawa Barat ). 3, 9674–9686.

Pervaiz, S., Sarwar, M. Z., & Abbasi, K. S. (2012). The Effect of Customer Trust on Customer Loyalty and Customer Retention: A Moderating Role of Cause Related Marketing. Global Journal of Management And Business, 12(6), 26–36.

Peter, P. J., & Olson, jerry c. (2010). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (9th ed.).

Putra, F., Supriyatin, & Sakti, I. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, dan Citra terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi. Jurnal Manajemen STEI, 4(1), 1–23.

Rahmawati, I., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan the Koffee Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 25(1), 6.

Ramdhani, B., & Nainggolan, B. M. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Di Richeese Factory Kemang Jakarta Selatan. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 321–340.

Ratag, E. Y., Putro, A. J. W., & Memarista, G. (2022). Pengaruh Instagram Sebagai Social Media Advertising Dan Customer Experience Terhadap Purchase Intention Dengan Customer Trust Sebagai Intervening Variable Pada Produk Skincare Innisfree Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 11(2), 161–173.

Ribbink, D., Riel, A. C. R. Van, Liljander, V., & Streukens, S. (2004). PDF hosted at the Radboud Repository of the Radboud University Nijmegen Managing Service Quality : An International Journal. Managing Service Quality: An International Journal, 14(6), 446–456.

Rivai, A. R., & Wahyudi, T. A. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Antara. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4, 1–9.

Rofik, A., & Sukma, R. P. (2022). Meningkatkan Loyalitas Kepuasan Pelanggan Melakui Citra Merek Dan Persepsi Harga Dihotel Mega Anggrek Jakarta. 1–17.

Salim, F. K., Catherine, & Andreani, F. (2015). Pengaruh Customer Experience dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen di TX Travel Klampis. Journal of Chemical Information and Modeling, 03(01), 322–340.

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Handbook of Market Research, September.

Schiffman, leon g., & Kanuk, leslie lazar. (2018). Perilaku Konsumen (7th ed.).

Schmitt, B. (1999). Experencial Marketing. In Journal of Marketing Management (Issue 15, pp. 53–67).

Setiawan, B. E., Valdhavessa, D., Bambang, H., Marina, S., Bilqis, L. D. F. R., Agusinta, L., Hernawan, M. A., & Sidjabat, S. (2021). How To Build Customer Loyalty: Through Customer Experience, Perceived Price, And Customer Satisfaction. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(4), 1546–1554.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). PEMASARAN STRATEGIK.

Utulu, A. U. (2023). The Effect of Immigrant Customer Service Representatives’ (ICSRs) Accents on Customers’ Experience and Satisfaction. European Scientific Journal, ESJ, 19(20), 66.

Wardaya, E. P. (2017). Pengaruh Customer Experience terhadap Customer Loyalty melalui Customer Satisfaction dan Customer Trust pada Pelanggan Bengkel Auto 2000 di Surabaya. Petra Business & Management Review, 3(1), 27–45.

Wardhana, R. E. (2016). Pengaruh Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Mie Rampok Tahanan Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(3), 1–9.

Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9286

Warsita, A., & Cyasmoro, V. (2022). Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dihotel Asana Grand Pangrango Bogor. 17(2), 1–15.

Wetzels, M., Odekerken-Schröder, G., & Van Oppen, C. (2009). Using PLS path modeling for assessing hierarchical construct models: Guidelines and empirical illustration. MIS Quarterly: Management Information Systems, 33(1), 177–196. https://doi.org/10.2307/20650284

Wijaya, V. S., & Wismantoro, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Kepercayaan Nasabah Asuransi Jiwasraya Cabang Kudus. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 101–113.

Ye, S., Ying, T., Zhou, L., & Wang, T. (2019). Enhancing customer trust in peer-to-peer accommodation: A “soft” strategy via social presence. International Journal of Hospitality Management, 79(November 2018), 1–10.

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Putri, F. D., & Nainggolan, B. M. (2024). Meningkatkan Kepuasan Pelanggan melalui Persepsi Harga dan Customer Experience: Peran Customer Trust sebagai Mediator. INOVASI, 11(1), 22–36. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p22-36.40255