Pemberdayaan Satgas Marinir Pengamanan Pulau-Pulau Terluar Guna Meningkatkan Pembinaan Potensi Maritim di Wilayah Perbatasan Laut Natuna Utara

Authors

  • Maikel Fernando Sekolah Staff dan Komando Angkatan Laut

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p188-196.40343

Keywords:

Pemberdayaan; Sea Power; Efektivitas; Peran; Kewenangan

Abstract

Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pemberdayaan satgas kelautan dalam melaksanakan satgas keamanan pulau-pulau terluar. 2) Mendeskripsikan peran gugus tugas kelautan dalam pembangunan maritim di Perbatasan Laut Natuna Utara. 3) Mendeskripsikan bagaimana kewenangan pengaturan peran gugus tugas kelautan dalam meningkatkan pengembangan potensi maritim di wilayah perbatasan Laut Natuna Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan modus inkuiri interaktif. Peneliti melakukan pengolahan data dengan menggunakan software NVivo. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data Soft System Methodology (SSM). Hasil penelitian: 1) Sudahkah terbangun komunikasi yang baik dan konstruktif dengan para pemangku kepentingan di lingkungan sekitar, guna mendukung gagasan penerapan sistem pertahanan di lingkungannya sehingga masyarakat akan mendukung upaya pembangunan pertahanan? Upaya yang dilakukan gugus tugas kelautan untuk mendukung keamanan pulau-pulau terluar dengan memiliki kemampuan antara lain: (a) Terbatasnya kemampuan pertahanan terhadap serangan atau pendudukan militer asing; (b) Kemampuan mengawasi; dan (c) Kemampuan untuk mencegah transit kegiatan ilegal. 2) Pembinaan Maritim di Kawasan Perbatasan Laut Natuna Utara, Asisten Dankormar Kolonel Mar bertanggung jawab kepada Komandan Korps Marinir dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Sebab, Asops Dankormar mempunyai peran operasional gugus tugas kelautan dalam Pembangunan Maritim di kawasan Perbatasan Laut Natuna Utara. 3) Badan TNI Angkatan Laut Wilayah Natuna perlu menyusun Peraturan tentang penyelenggaraan Satgas Kelautan dalam peningkatan pengembangan potensi maritim, karena peraturan Satgas Kelautan tentang pengembangan potensi maritim belum disahkan secara resmi.

References

Checkland, Peter B. & Poulter, J. (2006). Learning for Action: A short definitive account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners, teachers and Students, England: John Wiley& Sons Ltd, The Atrium Southern Gate, Chichester, West Sussex PO19 8SQ

Dansatgas Marinir IV, Pengamanan pulau terluar Natuna 2020.

Moleong, Lexy J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy, J., (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya hal 3

Najoan, B., Kawengian, D. D., & Harilama, S. H. (2017). Peranan Komunikasi Tokoh Masyarakat Dalam Meminimalisir Kesenjangan Sosial Di Kelurahan Mampang Kota Depok Jawa Barat. Acta Diurna Komunikasi, 6(3).

Natika, L., & Nuraida, N. (2020). Efektivitas Tempat Pelelangan Ikan (Tpi) Terungtum Pada Dinas Perikanan Kabupaten Subang (Studi Kasus Di Kecamatan Pusakanagara). The World of Public Administration Journal.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia

Peraturan Presiden RI no 66 Tahun 2019 Tentang Susunan Organisasi TNI.

Rafsanjani, H. (2021). Peran Dewan Pengawas Syariah (Dps) Pada Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah/Vol, 6(2), 268.

Rappaport, J. (1995). Studies in Empowerment: Introducing to the Issue, Prevention In Human Issue, USA, 1987, hal: 122. 47 Ife, Jim, Community Development: Creating Community Alternative, Vision, Analysis and Practice, Australia, Longman.

Ridwan HR. (2014). Hukum Administrasi Negara. Jakarta. RajaGrafindo Persada.

Riptanto, S. H., & Hasan, S. (2023). Optimalisasi Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Nasional Di Kalimantan Timur Guna Menghadapi Ancaman Militer Di ALKI II. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 6(4), 965-974.

Windiarti, N. A. (2015). Pemberdayaan ekonomi masyarakat pada kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) mino tirtorejo di Desa Tunjungrejo Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Publika, 3(8).

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Fernando, M. (2024). Pemberdayaan Satgas Marinir Pengamanan Pulau-Pulau Terluar Guna Meningkatkan Pembinaan Potensi Maritim di Wilayah Perbatasan Laut Natuna Utara. INOVASI, 11(1), 188–196. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p188-196.40343