Pengaruh E - Service Quality terhadap E-Loyalty Tiket di Aplikasi Access by KAI Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Nur Aini Fauziah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ugy Soebiantoro Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p215-224.40443

Keywords:

E-Loyalty; E-Satisfaction; E-Service Quality

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction sebagai variabel intervening pada pengguna aplikasi Access by KAI. Penelitian ini berfokus pasa aplikasi transaportasi umum berupa kereta api yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Populasi pada penelitian ini yaitu Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan memperoleh 98 responden. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-Service Quality memiliki kontribusi terhadap E-Satisfaction, E-Service Quality memiliki kontribusi terhadap E-Loyalty, E-Satisfaction memiliki kontribusi terhadap E-Loyalty, dan E-Service Quality memiliki kontribusi terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction.

References

Ashghar, S. A., & Nurlatifah, H. (2020). Analisis pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, dan perceived risk terhadap keinginan membeli kembali melalui e-trust dan s-satisfaction (Studi kasus pengguna Gopay pada transaksi UMKM). Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(1), 40-52.

Atmojo, J. J. T., & Widodo, T. (2022). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Customer Loyalty melalui E-Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Tiket.com. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 13(1), 133-149.

Budiman, A., Yulianto, E., & Saifi, M. (2020). Pengaruh e-service quality terhadap e-satisfaction dan e-loyalty nasabah pengguna mandiri online. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 1-11.

Fazria, M. A. S. Y., & Rubiyanti, R. N. (2019). Pengaruh e-service quality terhadap e-customer loyalty dengan e-customer satisfaction sebagai variabel intervening (studi kasus pada pelanggan Traveloka di Bandung). eProceedings of Management, 6(2).

Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris (Vol. 2). Universitas Diponegoro.

Ha, M. T. (2021). The Impact of Customer Value on Customer Satisfaction and Customer Loyalty in Hotel Firms. Tourism Research, 42(3), 141–158.

Irhamna, C. A., & Dermawan, R. (2023). The Effect of E-Service Quality and E-Wom on Purchase Decisions Through the Tiktok Shop Application among Collage Students in Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 2(3), 667-686.

Istighfarnissa, N., Pradhanawati, A., & Prabawani, B. (2022). Pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap e-loyality dengan e-satisfaction sebagai variabel intervening (Studi pada pembelian tiket di situs Traveloka). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 399-410.

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. Pearson.

Mulia, I. O., & Fitriyah, Z. (2023). The Impact of E-Service Quality and Sales Promotion on Purchase Decisions in the Zalora Online Shopping Application (Case Stdy on Zalora Consmers in Surabaya). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 2 (3), 997-1006.

Nugroho, R.H. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Brand Satisfaction terhadap Brand Loyalty pada E-Wallet Gopay. Reslaj: Religion Edcation Social Laa Roiba Journal, 6 (5), 2640-2652.

Putra, M. F. H., & Kusuma, Y. B. (2023). Promosi Online dan E-Service Quality terhadap Loyalitas Konsumen Aplikasi Grab (Studi Kasus pada Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4 (4), 4350-4357.

Rachman, A. A. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction (Studi Kasus: Pelanggan Traveloka di Surabaya) (Doctoral dissertation, Upn “Veteran” Jawa Timur).

Susilo, D. (2020). Unlocking The Secret of E-Loyalty: A Study from Tiktok Users in China. International Journal of Economics, Business, and Entrepreneurship, 3(1), 37–49.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syahidah, A. A., & Aransyah, M. F. (2023). Pengaruh E-Service Quality dan E-Trist Terhadap E-Customer Loyalty Pada Pengguna Dompet Digital DANA melalui E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 12(1), 36-44.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Service Quality & Customer Satisfaction (5th ed.). Andi.

Wilis, R. A., & Nurwulandari, A. (2020). The effect of E-service quality, E-Trust, Price and Brand Image Towards E-Satisfaction and Its Impact on E-loyalty of Traveloka’s Customer. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi),4(3),1061–1099.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Fauziah, N. A., & Soebiantoro, U. (2024). Pengaruh E - Service Quality terhadap E-Loyalty Tiket di Aplikasi Access by KAI Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. INOVASI, 11(1), 215–224. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p215-224.40443