“No Box” Leadership Blue Bird Menghadapi Era Distrupsi Melalui AMO Model
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p225-239.40496Keywords:
Kepemimpinan; Strategi; Inovasi; Melewati Masa Kritis; Nilai LebihAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dan inovasi manajemen yang terbaru “No Box” yang bahkan sebelumnya tidak dilakukan oleh Blue Bird sepanjang karirnya. Tekanan dan tantangan yang bahkan sebelumnya tidak pernah terjadi di Blue Bird serta langkah-langkah seperti apakah yang dilakukan oleh BlueBird sehingga mampu bersaing dengan teknologi yang awalnya kurang hangat dan akrab Metode menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Kepemimpinan adalah faktor kunci dalam membawa perusahaan mampu melewati masa kritis, hanya saja bukan kepemimpinan yang sebatas ‘Out of the box” namun saatnya mengenalnya “No Box Leadership”.
References
Anwar. (2017). “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (studi pada karyawan perusahaan daerah air minum PDAM Kota Malang)”. Jurnal Universitas Brawijaya, Vol. 12, No. 2, Hal: 1-10.
Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Bernardine, Wirjana. (2010). Mencapai Manajemen Berkualitas. Yogyakarta: Andi
Can, Afni. (2013). “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisai Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Nagari”. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 6, No. 3, Hal: 1-26.
Darmawan, Satya. (2010). “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan”. Jurnal Universitas Negeri Malang, Vol. 11,No. 1, Hal: 1-9.
Flippo, Edwin. (2003). Manajemen Personalia. Edisi VII Jilid II. Terjemahan: Alponso. S. Jakarta: Erlangga.
Gibson, et.al. (2010). Organisasi dan Manajemen. Edisi Terjemahan. Jakarta: Erlangga.
Gomez. (2001). Managing Human Resourcces. Englewood Cliffs: Prentice-Hall International, Inc.
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivarite Dengan Program SPSS Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2017). “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banjar”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol. 3, No. 1, Hal: 130-137.
Hasibuan. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hersey, Blancard. (2001). Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia (Terjemahan Oleh Dharma Agus). Jakarta: erlangga.
Ismawati, Ida. (2016). “Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dibagian Produksi (Studi Kasus Pada PT. Gatra Mapan Ngijo Karangploso)”. E-Junal Riset Manajemen, Vol. 1, No.2, Hal: 1-15.
Kaleta, Dorota. (2006). Lifestyle Index and Work Ability. International Journal of Occupational Medicine and Environmental Health, Vol. 19, No. 3, Hal: 170-177.
Karjantoro, Handoko. (2004). Mengelola Kinerja. Jakarta: PT. Mahakam
Kaswan. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Katidijan. (2017). “Pengaruh Kompensasi, Pengembangan Karir dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan”. Jakarta. Jurnal Universitas Mercu Buana Jakarta. Vol. 3, No. 05, Hal: 1-10.
Kreitner, Kinichi. (2005. Organization Behavior. Boston: McGraw-Hill.
Kristiani. (2013). “Pengaruh Kemampuan Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan”. Diponegoro Journal Of Social and Politic, Vol. 3, No. 1, Hal: 1-7.
Kurniawan. (2010). “Pengaruh Budaya Organisasi Perusahaan, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perusahaan Gas Negara Medan”. Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol. 14, No. 02, Hal: 176-184
Mangkunegara. (2013). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Refika Aditama.
Mawoli, Babandako. (2011). An Evaluation Of Staff Motivation, Dissatisfaction And Job. Terjemahan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Mondy. (2001). Human Resource Management. Massachusetts: Allyn and Bacon.
Murty. (2012). “Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi (studi kasus pada Perusahaan Manufaktur Di Surabaya)”. Jurnal STIE Perbanas Surabaya, Vol. 11, No.1, Hal: 4-18.
Priansa. (2017). Manajemen Kinerja Kepegawaian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Phida. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Wisata Alam Kalibaru. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Prasetyo. (2015). “Pengaruh Kemampuan Kerja dan Lingkungann Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (studi pada karyawan PT. Tembakau Djajasakti Sari Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 3, No. 1, Hal: 1-9.
Prawirosentono. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan Kinerja Karyawan, Kiat Menuju Organisasi Kompetitif Dalam Perdagangan Bebas Dunia. Yogyakarta: BPFE.
Rachmawati. (2006). “Pengaruh Motivasi Kerja, Kemampuan Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah”. Jurnal Ilmu Adaministrasi dan Kebijakan Publik, Vol. 3, No. 1, Hal: 89-97
Yusuf, N. Q. (2013). The 7 Awareness. Gramedia Pustaka Utama.
Yusuf, N. Q. (2008). The Heart of Awareness. Hikmah.
Yusuf, N. Q. (2013). One Minute Awareness. Gramedia Pustaka Utama.
Yusuf, N. Q., & Yusuf, D. U. (2024). Flexing, the Fake Rich Phenomenon. Journal of Social Research, 3(4), 1052-1061.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.