Penerapan SAKTI dalam Pengelolaan Keuangan pada Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan

Authors

  • Yusi Sopianti Universitas Esa Unggul
  • Agus Munandar Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p386-398.42092

Keywords:

Efektif; Efisien; Integrasi

Abstract

Digitalisasi pengelolaan keuangan negara melalui pemanfaatan teknologi informasi meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara dan memberikan manfaat bagi satuan kerja Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan. Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) didesain untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan keuangan instansi pemerintah, terutama dalam tahapan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan, dan akuntabilitas anggaran. Penerapan SAKTI dimulai pada Januari 2022, menggantikan Sistem Aplikasi Satuan Kerja (SAS) berbasis desktop, dengan tujuan meningkatkan akurasi dan efektivitas melalui fitur otomatisasi. Melalui pendekatan studi kasus, penelitian ini menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam akurasi, efisiensi, dan transparansi, meskipun menghadapi tantangan teknis yang perlu diatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa SAKTI efektif dalam mendukung pengelolaan keuangan instansi, namun perlu peningkatan berkelanjutan untuk optimalisasi penggunaannya. Pemanfaatan teknologi informasi melalui SAKTI memberikan manfaat yang luas bagi pengelolaan keuangan negara, menghadirkan sistem yang lebih terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan.

References

Amriani . T.N., & Iskandar, A. (2019). Analisis kesuksesan Implementasi SAKTI

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th Edition). SAGE Publications, Inc.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.

Delone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems : A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9-30.

Ellet, W. (2018). The case study handbook: A student’s guide (Revised Edition). Harvard Business Review Press.

Harnowo, S., Santoso, B., & Suryani, E. (2021). Determinan SAKTI: Pendekatan human-organization-technology (HOT) fit framework.E- Jurnal Akuntansi, 31(3), 769. http://doi.org/10.24843/eja.2021.v.i03.

Heeks, R. (2006). Implementing and Managing eGoverment: An International Text. SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781446220191

Laudon n, K. C., & Laudon, J. P. (2018). Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 14. Penerbit Sallemba Empat.

Mukhtaromin (2018). Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Simposium Nasional Keuangan

Narsudin E., & Widagdo, A. K. (2020). Determinan kepuasan pengguna Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi dan pengaruhnya terhadap individu dan organisasi. Jurnal Manajemen Perbendaharaan, 1 69-94.

Pelatihan Keuangan (BPPK). Kajian Ekonomi dan Keuangan , 3(1). http://doi.org/10.31685/kek.v3i1.

Peraturan Menteri Keuangan No. 171/PMK.05/2021. tentang Pelaksanaan SAKTI

Peraturan Menteri Keuangan No. 223/PMK.05/2015. tentang Pelaksanaan Piloting Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi

Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 28 tahun 2021 tentang organisasi dan Tata Kerja Kemeterian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi

Stair, R. M., & Reynolds, G. W. (2020). Principles of Information Systems (13th ed.). Cengage Learning.

Sugiyono (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Sopianti, Y., & Munandar, A. (2024). Penerapan SAKTI dalam Pengelolaan Keuangan pada Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan. INOVASI, 11(2), 386–398. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p386-398.42092