Strategi Digital Marketing melalui Media Sosial terhadap Penjualan Produk Loka Sidenreng pada PT. Al-Fatih Porang Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p319-328.42418Keywords:
Strategi; Digital Marketing; Media SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Digital Marketing dan proses penjualan terhadap penjualan produk Loka Sidenreng di PT. Al-Fatih Porang Indonesia. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa nilai persentase Digital Marketing terhadap penjualan berada pada kategori baik dengan capaian 74% dari hasil yang diharapkan. Hal ini menunjukkan bahwa Digital Marketing memiliki peran penting dalam mempermudah pemasaran dan menarik konsumen, serta memperluas pangsa pasar bagi perusahaan dan UMKM. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa indikator-indikator proses penjualan, seperti "Selling is process", "Selling is a number games", "Selling is all about having good interpersonal communication and relationship", dan "Selling is all about discipline", semuanya berada dalam kategori baik dengan rata-rata nilai 76%. Faktor-faktor seperti harga, promosi, dan proses penjualan yang terorganisir terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan produk. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Digital Marketing yang efektif dan proses penjualan yang terstruktur dapat meningkatkan kinerja penjualan produk secara signifikan.
References
Achmad, S. S., & Masyhuri, M. (2010). Metodologi riset manajemen sumber daya manusia. Malang : UIN-Maliki Press.
Anam, C., Survival, S., & Iswari, H. R. (2021). Kemampuan Pengusaha Dari Perspektif Orientasi Kewirausahaan dan Konsep Penjualan Di Masa New Normal. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 93. https://doi.org/10.32502/jimn.v10i2.2889
Andi Gunawan, C. (2019). THE BOOK OF DIGITAL MARKETING (Sobirin (ed.)). Celebes Media Perkasa.
Andy, P. wati, Jefry, A. M., & Aniek, I. (2020). DIGITAL MARKETING (A. F. Nadya (ed.)). Pt. Literindo Berkah Karya.
Anggraini, P. N., & Sukaris, S. (2023). Pengelolaan Media Sosial Instagram, Tiktok Dan Facebook Sebagai Sarana Digital Marketing Di Restoran Ayam Geprek Mangsoetta. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3029–3040. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2226
ARIKUNTO, S. (2006). Prosedur penelitian suatu penedekatan praktik. Jakarta Rineka Cipta.
Ayu Larasati, yana, Pradiptya, A., & Mawardani, M. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ayana Store Pati. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(4), 397–402. https://journals.usm.ac.id/index.php/solusi/article/view/6055
Br Sibuea, A. M. E., & Kando, L. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Mempertahankan Tingkat Loyalitas Pelanggan Pada Toko Marmel Florist Medan. Jurnal Global Manajemen, 10(1), 76. https://doi.org/10.46930/global.v10i1.1779
Bustanol Arifin, Ahmad Hudalil, A. (2019). KONSEP DIGITAL MARKETING BERBASIS SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DALAM STRATEGI PEMASARAN. 04, 1–23.
Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006–1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609
Hairudin, A., Remofa, Y., Apriansyah, R., Ningsih, F., Iskandar, Y., Trisnawati, L., & Windartini, S. (2023). Sosialisasi Dan Pengembangan Eko Wisata Di Desa Sipang Melalui Media Sosial. VALUES: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, 5(1), 83–91.
Harefa, N. B., Zebua, S., & Bawamenewi, A. (2022). ANALISIS EFEKTIFITAS PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes). Warta Dharmawangsa, 16(4), 1002–1009.
Ivonne, A., I Wayan, A. P., Syahril, H., Amaliyah, Nur Ika, E., Tri, Y., Ni Desak, M. S. D., Ristianawati, D. U., Adhy, F., Mumuh, M., Fitriana, Norhidayatih, & Ash Shadiq, E. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual) (W. Riyanto (ed.)). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Jamaluddin, A. (2015). Metode Penelitian Administrasi Publik. Gama Media.
Laksana, T. G., Wibowo, A. M., Pranoto, I. A., & Kurnia, N. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Digital Dalam Peningkatan Penjualan Minyak Sereh. 6(3), 195–206.
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.
Lilis, C. sumartini, & Fajriany Ardining Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118. https://doi.org/10.37339/e-bis.v3i2.124
Mevia, M. F. A., Fatimah, F., & Rahayu, J. (2023). Pengaruh digital marketing, media sosial Tiktok, dan harga terhadap keputusan pembelian produk minuman Vr Booster Collagen di kabupaten Jember. Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Perencanaan Kebijakan, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.47134/jampk.v1i1.12
Najwa Nurazizah, N., Mulyati, N., Fahira, I., Asikin, M., Moch Ramdan Nurbanyu, dan, Manajemen, J., Pasim Sukabumi, S., Akuntansi, J., & Corresponding, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing Melalui Media Sosial Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Berbasis Rengginang (KKM Kelompok 3 Divisi Pemasaran). HASPI Jurnal Penelitian & Pengabdian, 1(1), 15–22.
Nasir, A., Abdul, M., & Ideputri, M. E. (2011). Buku ajar metodologi penelitian kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Nazir. (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indoensia.
Nikous, S. S., Erwin, P., Anton, S., & Nowell, D. (2022). Pemasaran Digital (N. Muh. Rezky (ed.)).
PATTON, & Michael, Q. (1980). Qualitative evalution Methods. London Sage, 1980.
Putra, I. K. P. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Pada Masa Pandemi Covid-19 di The Kayon Resort. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 2(2), 395–409. https://doi.org/10.22334/paris.v2i2.316
Rusmini, A. (2023). Faktor Keberhasilan Promosi SKINTIFIC dengan Mengimplementasikan Digital Marketing pada TikTok. Journal of Research on Business and Tourism, 3(2), 131.
Sa’diyah, H. (2016). Jual Beli Buah Pisang Dengan Cara Ijon Di Desa Trimoharjo Menurut Pandangan Mazhab Hanafi Dan Mazhab Syafi’I.
Sari, D. (2022). Manajemen Strategis Perusahaan (Corporate Strategic Management). SSRN Electronic Journal, 1–21.
Sugiyono. (2013). No TitlMetode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bndung, Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta, 2015.
Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268
Turang, G. J. V, Sambiran, S., & Monintja, D. K. (2021). Strategi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Dalam Pembinaan Olahraga (Studi di Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Kotamobagu). Jurnal Governance, 1(2), 1–9.
Vigory, G. M. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Startegi (T. Insania (ed.)). Insania Grup Publikasi Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati.
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Pengaruh Media Sosial. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Zul, F., Frans, S., Rahmat, Allicia, D. S., Johni, S. P., Dhika, W. O., Haris, S. Y., Rusydi, F., Anna, T., Arif, Y. R., Dedi, H., & Fitriana. (n.d.). Manajemen Pemasaran Digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.