Strategi Digital Marketing melalui Media Sosial terhadap Penjualan Produk Loka Sidenreng pada PT. Al-Fatih Porang Indonesia

Authors

  • A. Aldi Ananta Saputra Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Sofyan B. Sofyan B. Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Wahyuni Saleh Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p319-328.42418

Keywords:

Strategi; Digital Marketing; Media Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Digital Marketing dan proses penjualan terhadap penjualan produk Loka Sidenreng di PT. Al-Fatih Porang Indonesia. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa nilai persentase Digital Marketing terhadap penjualan berada pada kategori baik dengan capaian 74% dari hasil yang diharapkan. Hal ini menunjukkan bahwa Digital Marketing memiliki peran penting dalam mempermudah pemasaran dan menarik konsumen, serta memperluas pangsa pasar bagi perusahaan dan UMKM. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa indikator-indikator proses penjualan, seperti "Selling is process", "Selling is a number games", "Selling is all about having good interpersonal communication and relationship", dan "Selling is all about discipline", semuanya berada dalam kategori baik dengan rata-rata nilai 76%. Faktor-faktor seperti harga, promosi, dan proses penjualan yang terorganisir terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan produk. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Digital Marketing yang efektif dan proses penjualan yang terstruktur dapat meningkatkan kinerja penjualan produk secara signifikan.

References

Achmad, S. S., & Masyhuri, M. (2010). Metodologi riset manajemen sumber daya manusia. Malang : UIN-Maliki Press.

Anam, C., Survival, S., & Iswari, H. R. (2021). Kemampuan Pengusaha Dari Perspektif Orientasi Kewirausahaan dan Konsep Penjualan Di Masa New Normal. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 93. https://doi.org/10.32502/jimn.v10i2.2889

Andi Gunawan, C. (2019). THE BOOK OF DIGITAL MARKETING (Sobirin (ed.)). Celebes Media Perkasa.

Andy, P. wati, Jefry, A. M., & Aniek, I. (2020). DIGITAL MARKETING (A. F. Nadya (ed.)). Pt. Literindo Berkah Karya.

Anggraini, P. N., & Sukaris, S. (2023). Pengelolaan Media Sosial Instagram, Tiktok Dan Facebook Sebagai Sarana Digital Marketing Di Restoran Ayam Geprek Mangsoetta. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3029–3040. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2226

ARIKUNTO, S. (2006). Prosedur penelitian suatu penedekatan praktik. Jakarta Rineka Cipta.

Ayu Larasati, yana, Pradiptya, A., & Mawardani, M. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ayana Store Pati. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(4), 397–402. https://journals.usm.ac.id/index.php/solusi/article/view/6055

Br Sibuea, A. M. E., & Kando, L. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Mempertahankan Tingkat Loyalitas Pelanggan Pada Toko Marmel Florist Medan. Jurnal Global Manajemen, 10(1), 76. https://doi.org/10.46930/global.v10i1.1779

Bustanol Arifin, Ahmad Hudalil, A. (2019). KONSEP DIGITAL MARKETING BERBASIS SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DALAM STRATEGI PEMASARAN. 04, 1–23.

Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006–1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609

Hairudin, A., Remofa, Y., Apriansyah, R., Ningsih, F., Iskandar, Y., Trisnawati, L., & Windartini, S. (2023). Sosialisasi Dan Pengembangan Eko Wisata Di Desa Sipang Melalui Media Sosial. VALUES: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, 5(1), 83–91.

Harefa, N. B., Zebua, S., & Bawamenewi, A. (2022). ANALISIS EFEKTIFITAS PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes). Warta Dharmawangsa, 16(4), 1002–1009.

Ivonne, A., I Wayan, A. P., Syahril, H., Amaliyah, Nur Ika, E., Tri, Y., Ni Desak, M. S. D., Ristianawati, D. U., Adhy, F., Mumuh, M., Fitriana, Norhidayatih, & Ash Shadiq, E. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual) (W. Riyanto (ed.)). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Jamaluddin, A. (2015). Metode Penelitian Administrasi Publik. Gama Media.

Laksana, T. G., Wibowo, A. M., Pranoto, I. A., & Kurnia, N. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Digital Dalam Peningkatan Penjualan Minyak Sereh. 6(3), 195–206.

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.

Lilis, C. sumartini, & Fajriany Ardining Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118. https://doi.org/10.37339/e-bis.v3i2.124

Mevia, M. F. A., Fatimah, F., & Rahayu, J. (2023). Pengaruh digital marketing, media sosial Tiktok, dan harga terhadap keputusan pembelian produk minuman Vr Booster Collagen di kabupaten Jember. Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Perencanaan Kebijakan, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.47134/jampk.v1i1.12

Najwa Nurazizah, N., Mulyati, N., Fahira, I., Asikin, M., Moch Ramdan Nurbanyu, dan, Manajemen, J., Pasim Sukabumi, S., Akuntansi, J., & Corresponding, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing Melalui Media Sosial Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Berbasis Rengginang (KKM Kelompok 3 Divisi Pemasaran). HASPI Jurnal Penelitian & Pengabdian, 1(1), 15–22.

Nasir, A., Abdul, M., & Ideputri, M. E. (2011). Buku ajar metodologi penelitian kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Nazir. (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indoensia.

Nikous, S. S., Erwin, P., Anton, S., & Nowell, D. (2022). Pemasaran Digital (N. Muh. Rezky (ed.)).

PATTON, & Michael, Q. (1980). Qualitative evalution Methods. London Sage, 1980.

Putra, I. K. P. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Pada Masa Pandemi Covid-19 di The Kayon Resort. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 2(2), 395–409. https://doi.org/10.22334/paris.v2i2.316

Rusmini, A. (2023). Faktor Keberhasilan Promosi SKINTIFIC dengan Mengimplementasikan Digital Marketing pada TikTok. Journal of Research on Business and Tourism, 3(2), 131.

Sa’diyah, H. (2016). Jual Beli Buah Pisang Dengan Cara Ijon Di Desa Trimoharjo Menurut Pandangan Mazhab Hanafi Dan Mazhab Syafi’I.

Sari, D. (2022). Manajemen Strategis Perusahaan (Corporate Strategic Management). SSRN Electronic Journal, 1–21.

Sugiyono. (2013). No TitlMetode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bndung, Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta, 2015.

Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268

Turang, G. J. V, Sambiran, S., & Monintja, D. K. (2021). Strategi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Dalam Pembinaan Olahraga (Studi di Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Kotamobagu). Jurnal Governance, 1(2), 1–9.

Vigory, G. M. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Startegi (T. Insania (ed.)). Insania Grup Publikasi Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Pengaruh Media Sosial. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Zul, F., Frans, S., Rahmat, Allicia, D. S., Johni, S. P., Dhika, W. O., Haris, S. Y., Rusydi, F., Anna, T., Arif, Y. R., Dedi, H., & Fitriana. (n.d.). Manajemen Pemasaran Digital.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Saputra, A. A. A., Sofyan B., S. B., & Saleh, W. (2024). Strategi Digital Marketing melalui Media Sosial terhadap Penjualan Produk Loka Sidenreng pada PT. Al-Fatih Porang Indonesia. INOVASI, 11(2), 319–328. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p319-328.42418