Perencanaan Bisnis Neja.Net (Teaching Factory SMKN Jatiluhur)

Authors

  • Renita Anjarsari Universitas Widyatama
  • Yenny Maya Dora Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p303-318.42419

Keywords:

Neja.Net; Layanan Internet; Startup; Analisis Keuangan; Risiko Bisnis; Inovasi Teknologi

Abstract

Neja.Net adalah perusahaan startup yang menyediakan layanan internet cepat dan stabil bagi rumah tangga, civitas akademik, dan bisnis lokal. Layanan ini mencakup berbagai paket internet, mulai dari kebutuhan dasar hingga kecepatan tinggi untuk penggunaan bisnis. Neja.Net bersaing dengan kompetitor melalui pelanggan setia dan produk yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pasar serta kemajuan teknologi. Analisis keuangan menunjukkan bahwa Neja.Net memiliki performa keuangan yang baik, memungkinkan operasional yang sehat dan berkelanjutan. Dukungan dari mitra dan distributor dalam pemasaran serta keuangan memperkuat posisi Neja.Net untuk menyediakan layanan internet dedicated dengan harga yang kompetitif dan kualitas unggul dibandingkan internet broadband. Kebutuhan dana awal untuk Neja.Net adalah Rp. 154.298.000, dengan prediksi Break Even Point (BEP) pada tahun kedua. Perusahaan ini memiliki potensi besar untuk berkembang jika dikelola dengan baik, dengan proyeksi keuntungan mencapai Rp. 1.000.102.000 dalam lima tahun pertama. Kerjasama dengan mitra melalui program PKL siswa, magang, kerjasama lulusan, dan pelatihan memberikan simbiosis mutualisme yang menguntungkan. Rencana tindakan mencakup lima tahap: persiapan dan pengembangan infrastruktur, rekrutmen dan pelatihan staf, peluncuran dan operasional, pengembangan dan ekspansi, serta konsolidasi dan keberlanjutan. Evaluasi berkala dan inovasi berkelanjutan diharapkan meningkatkan layanan dan mempertahankan daya saing. Potensi risiko meliputi risiko keuangan, teknologi, keamanan siber, dan regulasi, yang memerlukan mitigasi yang efektif untuk menjamin kelangsungan operasional.

References

Adnyana, I. M. (2020). Strategi Produk, Harga, Promosi, Dan Keamanan Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Dalam Memilih Blibli.com Sebagai Pasar Online Di Jakarta. 41, 8391–8410.

Alaudin, S. A., Triyono, T., & Kurniawan, E. N. (2022). Layanan Purna Jual, Citra Merek dan Harga Jual Kembali dalam mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Mobil di Jabodetabek. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2), 191–200. https://doi.org/10.37366/master.v2i2.427

Aryanti, J., & Kaltum, U. (2023). Analisis Strategi Persaingan PT Kalbe Farma Tbk. JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice), 13(4), 278–294. https://doi.org/10.22146/jmpf.85958

Asakdiyah, S. (2020). Manajemen Keuangan I: Alat Analisis dan Aplikasi. 1–194.

Dam, R. F. dan S. T. Y. (2021). 5 Stages in the Design Thinking Process. Interactiondesign.Org., 54.

Deswianita, R. (2018). Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Pada PT. Arthamuat Pramindo Utama Jakarta. Politeknik APP Kementerian Perindustrian Jakarta, 1–82.

Direktorat PSMK. (2015). Panduan Pelaksanaan Teaching factory. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif UMP 23 Mei 2015 TEACHING, 3(20), ISSN: 2338-0284.

Dora, Y. M. (2017). Analysis Effect of Service Quality, Educational Facilities, and Method of Learning, Student Satisfaction and Loyalty to Students - Studies in the University of Widyatama Bandung. European Journal of Social Sciences Education and Research, 10(1), 16. https://doi.org/10.26417/ejser.v10i1.p16-27

ELLIYANA, E. dkk. (2022). Dasar-dasar Pemasaran ELA ELLIYANA LIDIANA TRI SIWI AGUSTINA YENI SEDYONINGSIH HABIBIE KADIR ABDUROHIM BAYU IMANUDDIN E. ELIA ARDYAN YULIANI LILI MARLINAH H. MOHDARI H. GAZALI FEBRISI DWITA SISWATI RACHMAN NIA KURNIATI BACHTIAR Penerbit: AHLIMEDIA PRESS (Vol. 1). www.ahlimediapress.com

Endaryono, Bakti, T. (2019). Manajemen Keuangan. 1–222.

Hayat, A., Hamdani, Azhar, I., Yahya, N., Delsie, C., Ardianyy, Y., Rinanda, Y., Nurlaila, Ikhsan, A., & Yamin, M. (2021). Manajemen Keuangan. In Madenatera (Vol. 1, Issue 1).

Louviere, J. J., Cooper, L. G., & Nakanishi, M. (2010). Market-Share Analysis. Journal of Marketing Research, 29(4), 496. https://doi.org/10.2307/3172635

Prabowo, V. I. (2022). Kajian Business Model Canvas Toko Buku Periplus. OSF Preprints, 1–3. https://osf.io/ha3ks/

Pradipta, G. I., Sari, N. K., & Farida, E. (2023). Analisis Riset Pasar Pada Usaha Menengah Ke Atas ( UMKM ) Di Indonesia. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 1(2), 1–30.

Rini, W. A. (2006). Kepemimpinan Yang Membangun Tim. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 2(2), 66–75. https://www.researchgate.net/publication/307701713_KEPEMIMPINAN_YANG_MEMBANGUN_TIM

Rusdiana, D. H. A. (2014). Penerbit CV Pustaka Setia Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/8788/1/Buku Manajemen Operasi.pdf

Sanjaya, I. (2015). Analisis Struktur Pasar Penyelenggara Jasa Akses Internet di Indonesia. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 12(4), 291. https://doi.org/10.17933/bpostel.2014.120405

Setiawati, C. I., & Pratiwi, P. M. (2019). Implementasi Model Timmons dalam pembinaan startup berbasis teknologi pada inkubator bisnis. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 35–48. https://doi.org/10.28932/jmm.v19i1.1574

Siagian, T, H. (2020). Mencari Kelompok Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus Corona Dengan Discourse Network Analysis. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. 9 (2): 98-106.

Siswanto, D. E. (2021). Manajemen Keuangan Dasar. In Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01).

Sitanggang, J. . (2019). Manajemen Keuangan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 89.

Stillman, D. S. & J. (2018). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja Pengarang. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.

Susanti, N., Widyatama, U., Ichsani, S., & Widyatama, U. (2021). Anggaran operasional manufaktur (Issue December).

Syam, R. N., Sudiatmika, I., & ... (2023). Rencana Strategis Pengembangan Infrastruktur Jaringan Internet Di Biznet Menggunakan Metode Togaf. Jis …, 01(01), 1–11. https://ejournal.universitastabanan.ac.id/index.php/jissiwirabuda/article/view/180%0Ahttps://ejournal.universitastabanan.ac.id/index.php/jissiwirabuda/article/download/180/172

Syarifuddin, L. Mandey, S., & J.F.A Tumbuan, W. (2022). Sejarah Pemasaran dan Strategi Bauran Pemasaran. In Istana Agency.

Wardoyo, D. P. (2017). ALAT ANALISIS MANAJEMEN. 01, 1–7.

Widagdo, S., Rachmaningsih, E. K., & Handayani, Y. I. (2019). Resource Based View: Strategi Bersaing Berbasis Kapabilitas dan Sumberdaya. In Mandala Press. http://repository.unmuhjember.ac.id/9257/1/BUKU RBV.pdf

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Anjarsari, R., & Dora, Y. M. (2024). Perencanaan Bisnis Neja.Net (Teaching Factory SMKN Jatiluhur). INOVASI, 11(2), 303–318. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p303-318.42419