Perencanaan Bisnis Neja.Net (Teaching Factory SMKN Jatiluhur)
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p303-318.42419Keywords:
Neja.Net; Layanan Internet; Startup; Analisis Keuangan; Risiko Bisnis; Inovasi TeknologiAbstract
Neja.Net adalah perusahaan startup yang menyediakan layanan internet cepat dan stabil bagi rumah tangga, civitas akademik, dan bisnis lokal. Layanan ini mencakup berbagai paket internet, mulai dari kebutuhan dasar hingga kecepatan tinggi untuk penggunaan bisnis. Neja.Net bersaing dengan kompetitor melalui pelanggan setia dan produk yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pasar serta kemajuan teknologi. Analisis keuangan menunjukkan bahwa Neja.Net memiliki performa keuangan yang baik, memungkinkan operasional yang sehat dan berkelanjutan. Dukungan dari mitra dan distributor dalam pemasaran serta keuangan memperkuat posisi Neja.Net untuk menyediakan layanan internet dedicated dengan harga yang kompetitif dan kualitas unggul dibandingkan internet broadband. Kebutuhan dana awal untuk Neja.Net adalah Rp. 154.298.000, dengan prediksi Break Even Point (BEP) pada tahun kedua. Perusahaan ini memiliki potensi besar untuk berkembang jika dikelola dengan baik, dengan proyeksi keuntungan mencapai Rp. 1.000.102.000 dalam lima tahun pertama. Kerjasama dengan mitra melalui program PKL siswa, magang, kerjasama lulusan, dan pelatihan memberikan simbiosis mutualisme yang menguntungkan. Rencana tindakan mencakup lima tahap: persiapan dan pengembangan infrastruktur, rekrutmen dan pelatihan staf, peluncuran dan operasional, pengembangan dan ekspansi, serta konsolidasi dan keberlanjutan. Evaluasi berkala dan inovasi berkelanjutan diharapkan meningkatkan layanan dan mempertahankan daya saing. Potensi risiko meliputi risiko keuangan, teknologi, keamanan siber, dan regulasi, yang memerlukan mitigasi yang efektif untuk menjamin kelangsungan operasional.
References
Adnyana, I. M. (2020). Strategi Produk, Harga, Promosi, Dan Keamanan Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Dalam Memilih Blibli.com Sebagai Pasar Online Di Jakarta. 41, 8391–8410.
Alaudin, S. A., Triyono, T., & Kurniawan, E. N. (2022). Layanan Purna Jual, Citra Merek dan Harga Jual Kembali dalam mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Mobil di Jabodetabek. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2), 191–200. https://doi.org/10.37366/master.v2i2.427
Aryanti, J., & Kaltum, U. (2023). Analisis Strategi Persaingan PT Kalbe Farma Tbk. JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice), 13(4), 278–294. https://doi.org/10.22146/jmpf.85958
Asakdiyah, S. (2020). Manajemen Keuangan I: Alat Analisis dan Aplikasi. 1–194.
Dam, R. F. dan S. T. Y. (2021). 5 Stages in the Design Thinking Process. Interactiondesign.Org., 54.
Deswianita, R. (2018). Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Pada PT. Arthamuat Pramindo Utama Jakarta. Politeknik APP Kementerian Perindustrian Jakarta, 1–82.
Direktorat PSMK. (2015). Panduan Pelaksanaan Teaching factory. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif UMP 23 Mei 2015 TEACHING, 3(20), ISSN: 2338-0284.
Dora, Y. M. (2017). Analysis Effect of Service Quality, Educational Facilities, and Method of Learning, Student Satisfaction and Loyalty to Students - Studies in the University of Widyatama Bandung. European Journal of Social Sciences Education and Research, 10(1), 16. https://doi.org/10.26417/ejser.v10i1.p16-27
ELLIYANA, E. dkk. (2022). Dasar-dasar Pemasaran ELA ELLIYANA LIDIANA TRI SIWI AGUSTINA YENI SEDYONINGSIH HABIBIE KADIR ABDUROHIM BAYU IMANUDDIN E. ELIA ARDYAN YULIANI LILI MARLINAH H. MOHDARI H. GAZALI FEBRISI DWITA SISWATI RACHMAN NIA KURNIATI BACHTIAR Penerbit: AHLIMEDIA PRESS (Vol. 1). www.ahlimediapress.com
Endaryono, Bakti, T. (2019). Manajemen Keuangan. 1–222.
Hayat, A., Hamdani, Azhar, I., Yahya, N., Delsie, C., Ardianyy, Y., Rinanda, Y., Nurlaila, Ikhsan, A., & Yamin, M. (2021). Manajemen Keuangan. In Madenatera (Vol. 1, Issue 1).
Louviere, J. J., Cooper, L. G., & Nakanishi, M. (2010). Market-Share Analysis. Journal of Marketing Research, 29(4), 496. https://doi.org/10.2307/3172635
Prabowo, V. I. (2022). Kajian Business Model Canvas Toko Buku Periplus. OSF Preprints, 1–3. https://osf.io/ha3ks/
Pradipta, G. I., Sari, N. K., & Farida, E. (2023). Analisis Riset Pasar Pada Usaha Menengah Ke Atas ( UMKM ) Di Indonesia. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 1(2), 1–30.
Rini, W. A. (2006). Kepemimpinan Yang Membangun Tim. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 2(2), 66–75. https://www.researchgate.net/publication/307701713_KEPEMIMPINAN_YANG_MEMBANGUN_TIM
Rusdiana, D. H. A. (2014). Penerbit CV Pustaka Setia Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/8788/1/Buku Manajemen Operasi.pdf
Sanjaya, I. (2015). Analisis Struktur Pasar Penyelenggara Jasa Akses Internet di Indonesia. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 12(4), 291. https://doi.org/10.17933/bpostel.2014.120405
Setiawati, C. I., & Pratiwi, P. M. (2019). Implementasi Model Timmons dalam pembinaan startup berbasis teknologi pada inkubator bisnis. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 35–48. https://doi.org/10.28932/jmm.v19i1.1574
Siagian, T, H. (2020). Mencari Kelompok Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus Corona Dengan Discourse Network Analysis. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. 9 (2): 98-106.
Siswanto, D. E. (2021). Manajemen Keuangan Dasar. In Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01).
Sitanggang, J. . (2019). Manajemen Keuangan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 89.
Stillman, D. S. & J. (2018). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja Pengarang. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.
Susanti, N., Widyatama, U., Ichsani, S., & Widyatama, U. (2021). Anggaran operasional manufaktur (Issue December).
Syam, R. N., Sudiatmika, I., & ... (2023). Rencana Strategis Pengembangan Infrastruktur Jaringan Internet Di Biznet Menggunakan Metode Togaf. Jis …, 01(01), 1–11. https://ejournal.universitastabanan.ac.id/index.php/jissiwirabuda/article/view/180%0Ahttps://ejournal.universitastabanan.ac.id/index.php/jissiwirabuda/article/download/180/172
Syarifuddin, L. Mandey, S., & J.F.A Tumbuan, W. (2022). Sejarah Pemasaran dan Strategi Bauran Pemasaran. In Istana Agency.
Wardoyo, D. P. (2017). ALAT ANALISIS MANAJEMEN. 01, 1–7.
Widagdo, S., Rachmaningsih, E. K., & Handayani, Y. I. (2019). Resource Based View: Strategi Bersaing Berbasis Kapabilitas dan Sumberdaya. In Mandala Press. http://repository.unmuhjember.ac.id/9257/1/BUKU RBV.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.