Pengembangan Media Pembelajaran dengan Bantuan Canva dan Liveworksheets pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa di SMKN 6 Surabaya

Authors

  • Merry Ayu Azzahro Universitas Negeri Surabaya
  • Agung Listiadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p291-302.42420

Keywords:

Media pembelajaran; Canva; Liveworksheets; Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa; SMK Negeri 6 Surabaya

Abstract

Perkembangan teknologi abad 21 khususnya di Indonesia terjadi sangat dinamis. Perkembangan tersebut berdampak pada segala bidang tidak terkecuali bidang pendidikan. Sehingga adanya perubahan kurikulum yaitu Kurikulum Merdeka. Sehingga seorang guru hendaknya dapat berinovasi dalam mengimplementasikan media pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan peserta didik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi guna menjawab tantangan zaman yang serba digital. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pembuatan produk berupa media pembelajaran menggunakan canva dan liveworksheets 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan canva dan liveworksheets 3) Mengetahui respon peserta didik setelah dilakukan uji coba pada media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian Research and Development (R&D) ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementaasi, dan Evaluasi, dengan hasil luaran media pembelajaran berbasis android yang dapat dibuka menggunakan link berbasis digital. Media pembelajaran yang dikembangkan ditelaah dan divalidasi terlebih dahulu oleh ahli materi, dan ahli media. Kemudian dilakukan uji coba pada 20 peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 6 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan bantuan canva dan liveworksheets pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa layak digunakan. Kelayakan dari hasil validasi materi adalah 94,2% dengan kategori sangat layak, kelayakan dari hasil validasi media adalah 94,7% dengan kategori sangat layak, dan hasil respon peserta didik adalah 97,2% dengan kategori sangat baik.

References

Azmi, R. A. Rukun, K. & Maksum, H. (2020). Analisis Kebtuhan Pengembangan Media Pembelajaran WEB Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran (JIPP). 4 (2)

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Indonesia. 2 (6)

Faishol, R. Mutfiyah, A. & Bastiar, A. D. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis website Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X Di SMK Negeri 1 Tegalsari. Incare: International Journal of Educational Resources. 3 (2)

Harun, I. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan Islam. 1 (2)

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy. 6 (1)

Nubani & Puspitasari, H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (2) 1908 – 1913

Pratiwi, E. T. & Setyanigtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Model Pembelajaran Project- Based Learning. Jurnal Basicedu. 4 (2) 379 - 388.

Rahmawati, F. & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu 5(6):6271-6279 5(6):6271-6279

Safitri, M. & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (2) 50 – 58

Setiawan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran BerbasisAndroid Dengan App Inventor Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Kata. Juwara: Jurnal Wawasan dan Aksara. 1 (1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Telaumbanua, A. (2022). Kontribusi Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu. Educativo: Jurnal Pendidikan. 2 (1) 29 - 34

Yunus, Y. & Fransisca, M. (2020). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 7 (2) 118 - 127.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Azzahro, M. A., & Listiadi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Bantuan Canva dan Liveworksheets pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa di SMKN 6 Surabaya. INOVASI, 11(2), 291–302. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p291-302.42420