Pengembangan Media Pembelajaran dengan Bantuan Canva dan Liveworksheets pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa di SMKN 6 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p291-302.42420Keywords:
Media pembelajaran; Canva; Liveworksheets; Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa; SMK Negeri 6 SurabayaAbstract
Perkembangan teknologi abad 21 khususnya di Indonesia terjadi sangat dinamis. Perkembangan tersebut berdampak pada segala bidang tidak terkecuali bidang pendidikan. Sehingga adanya perubahan kurikulum yaitu Kurikulum Merdeka. Sehingga seorang guru hendaknya dapat berinovasi dalam mengimplementasikan media pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan peserta didik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi guna menjawab tantangan zaman yang serba digital. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pembuatan produk berupa media pembelajaran menggunakan canva dan liveworksheets 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan canva dan liveworksheets 3) Mengetahui respon peserta didik setelah dilakukan uji coba pada media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian Research and Development (R&D) ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementaasi, dan Evaluasi, dengan hasil luaran media pembelajaran berbasis android yang dapat dibuka menggunakan link berbasis digital. Media pembelajaran yang dikembangkan ditelaah dan divalidasi terlebih dahulu oleh ahli materi, dan ahli media. Kemudian dilakukan uji coba pada 20 peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 6 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan bantuan canva dan liveworksheets pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa layak digunakan. Kelayakan dari hasil validasi materi adalah 94,2% dengan kategori sangat layak, kelayakan dari hasil validasi media adalah 94,7% dengan kategori sangat layak, dan hasil respon peserta didik adalah 97,2% dengan kategori sangat baik.
References
Azmi, R. A. Rukun, K. & Maksum, H. (2020). Analisis Kebtuhan Pengembangan Media Pembelajaran WEB Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran (JIPP). 4 (2)
Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Indonesia. 2 (6)
Faishol, R. Mutfiyah, A. & Bastiar, A. D. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis website Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X Di SMK Negeri 1 Tegalsari. Incare: International Journal of Educational Resources. 3 (2)
Harun, I. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan Islam. 1 (2)
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy. 6 (1)
Nubani & Puspitasari, H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (2) 1908 – 1913
Pratiwi, E. T. & Setyanigtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Model Pembelajaran Project- Based Learning. Jurnal Basicedu. 4 (2) 379 - 388.
Rahmawati, F. & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu 5(6):6271-6279 5(6):6271-6279
Safitri, M. & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (2) 50 – 58
Setiawan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran BerbasisAndroid Dengan App Inventor Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Kata. Juwara: Jurnal Wawasan dan Aksara. 1 (1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Telaumbanua, A. (2022). Kontribusi Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu. Educativo: Jurnal Pendidikan. 2 (1) 29 - 34
Yunus, Y. & Fransisca, M. (2020). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 7 (2) 118 - 127.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.