Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility (CSR)

Authors

  • Regina Stephanie Simarmata Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Dwi Indah Lestari Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p365-375.42466

Keywords:

Corporate Social Responsibility (CSR); Leverage; Profitabilitas; Ukuran Perusahaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana ukuran perusahaan, proftabilitas, leverage dan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan sektor industri minyak dan gas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahu 2018 – 2022, serta untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan tingkat profitabilitas pada perusahaan sektor minyak bumi dan gas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 – 2022 terhadap pengungkapan CSR baik secara parsial maupun simultan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen diantaranya Ukuran Perusahaan yang diukur dengan besarnya total aktiva yang dimiliki perusahaan kemudian ditransformasikan dalam logaritma, Leverage yang dikur dengan rasio DER dan Profitabilitas yang diukur dengan besaran rasio ROA. Sedangkan untuk variabel dependen ialah Corporate Social Responsibility (CSR) yang diukur dengan menggunakan CSRDI (Corporate Social Responsibility Disclosure Index) berdasarkan GRI G4 dengan 6 (enam) indikator kinerja dan 91 (sembilan puluh satu) item pengungkapan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor minyak dan gas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 208 – 2022 sebanyak 86 perusahaan. Sedangkan 11 (sebelas) sampel yang dipilih dengan rentang tahun 2018 sampai tahun 2022 berdasarkan kriteria tertentu menjadi sampel dalam penelitian ini. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa, ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap pengungkapan CSR sedangkan leverage dan profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR.  Secara simultan, variabel ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan dengan kategori besar lebih banyak mengungkapkan informasi CSR nya untuk itu perlu bagi perusahaan agar dapat mempertahankan dan meningkatkan total asetnya.

References

Ass, S. B. (2020). Analisis Rasio Solvabilitas Dan Profitabilitas Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT. Mayora Indah Tbk. Brand Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(2).

Ayu, P., Fakultas, A. W., & Dan Bisnis, E. (2011). In Jurnal Manajemen Teori dan Terapan | (Vol. 4, Issue 1).

Bursa Efek Indonesia. 2024. Laporan Keuangan & Tahunan. Dalam www.idx.co.id. Diakses pada 12 Desember 2023.

Citra Hardianti, D., Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya, S., Letjen Pol, J. A., No, M., & Makassar, K. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility. 5(1). http://idx.co.id

Deegan, C. (2002). The legitimizing effect of social and environmental disclousure- A the oretical Foundation”. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 15. No. 3. Pp.282-331.

Elkington, J. (1998). Partnerships from Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Environmental Quality Management. New Society Publisher.

Fitri Alya Kamila. (2023). View Of Pengaruh Risiko Bisnis, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Global Report Initiative (GRI) Standards. (2017). Sustainability Reporting Guidelines.

GRI. (2016). GRI : Landasan 2016. Global Reporting Initiative.

Harahap, S. Syafri. (2011). Analisis Kritis atas laporan Keuangan. Edisi Pertam Cetakan ke sepuluh. Jakarta : PT Bumi Aksara. .

Healy, P. M., &, & Palepu, K. G. (2001). Information asymmetry, corporatedisclosure, and the capital markets: A review of the empiricaldisclosure literature. Journal of Accounting and Economics 31, 405–440.

Jensen, M., C., & W. Meckling. (1976). “Theory of the firm: Managerial behavior, agency cost and ownership structure”, Journal of Finance Economic 3:305- 360, di-download dari http://www.nhh.no/for/courses/spring/eco420/jensenmeckling-76.pdf.

Julekhah, F., & Rahmawati, E. (2019). Pengaruh Media Exposure, Sensitivitas Industri, Kepemilikan Asing, Kepemilikan Publik dan Profitabilitas Terhadap Environmental Disclosure dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan. In Bisnis Indonesia (Vol. 3, Issue 1).

Lutvy Amanda, A., & Efrianti dan Bintang Sahala Marpaung, D. (2019). Analisis Pengaruh Kandungan Informasi Komponen Laba Dan Rugi Terhadap Koefisien Respon Laba (ERC) Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). www.idx.co.id

Natalia, A., Agus, J., Poputra, T., Tirayoh, V. Z., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Akuntansi, J. (n.d.). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Paulinda Awuy, V., Sayekti, Y., & Purnamawati, I. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) (Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2013). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 18(1), 15–26. https://doi.org/10.9744/jak.18.1.15-26

Qyas, M., Ryzki, A., & Fuadi, R. (2019). Halaman 547-557 ol.x, No.x. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 4(3), .

Rachman, K., & Wahyudi, I. (2023). Pengaruh Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Harga Saham. Jurnal Simki Economic, 6(1).

Ruhnke, K., & Gabriel, A. (2013). Determinants of voluntary assurance on sustainability reports: an empirical analysis. Journal of Business Economics, 83(9). https://doi.org/10.1007/s11573-013-0686-0

Sudana, I. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Jakarta : Erlangga. .

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.

Yuliawati, R., Jurusan Akuntansi, S., Ekonomi, F., & Negeri Semarang, U. (2015). Accounting Analysis Journal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. In Aaj (Vol. 4, Issue 4).

Yusuf, M. (2017). View of Dampak Indikator Rasio Keuangan terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Simarmata, R. S., & Lestari, D. I. (2024). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility (CSR). INOVASI, 11(2), 365–375. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p365-375.42466