Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi untuk Meningkatkan Penjualan Ikan Nila di Desa Damai
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p355-364.42467Keywords:
Media Sosial; Strategi Meningkatkan Penjualan; Ikan Nila; Desa DamaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan media sosial sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan ikan nila di Desa Damai. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai persentase pemanfaatan media sosial sebagai strategi penjualan berada pada kategori baik dengan persentase 77% dari hasil yang diharapkan. Strategi penjualan dinilai penting karena mempermudah pencapaian target pasar. Penggunaan media sosial, khususnya Facebook, sebagai alat promosi menunjukkan hasil yang baik dengan persentase 73%, mengindikasikan bahwa Facebook efektif untuk promosi di Toko Damai Fish. Uji simultan menunjukkan bahwa variabel strategi penjualan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel media sosial di Toko Damai Fish, dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 3.073 > 1.678.
References
Ahmad, J. (2015). Metode Penelitian.
Barokah, S., Wulandari, O. A. D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7085
Cucu Sumartini, L., & Fajriany Ardining Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118. https://doi.org/10.37339/e-bis.v3i2.124
Feny Rita Fiantika, Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mounw, Jonata, Imam Mashudi, Nur hasanah, Anita Maharani, Kusmayra Ambarwati, Resty Noflidaputi, Nuryami, Lu. W. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).
Fitriyanti, F., Bibin, M., & Damis, D. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI KECAMATAN MALUA KABUPATEN ENREKANG. PAPALELE (Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan Dan Kelautan), 7(1), 87–94. https://doi.org/10.30598/papalele.2023.7.1.87
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.
Melati, I. S., Margunani, M., Mudrikah, S., & Pitaloka, L. K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 155. https://doi.org/10.20956/pa.v4i2.7685
Metode Penelitian Dr. Jamaluddin Ahmad, S. Sos., M. Si.pdf. (n.d.).
Nasruddin. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Di Pt. Hadji Kalla Cabang Palopo. MANDAR: Management Developement and Applied Research Journal, 3(2), 19–27.
Prasetya, A. Y., Sugiharti, S., & Fadhila, Z. R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 102–108. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i1.1628
Rahmat Linur, & Mahfuz Rizqi Mubarak. (2020). Facebook Sebagai Alternatif Media Pengembangan Maharah Kitabah. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.154
Saleh, J., Budi, S., & Salam, S. (2021). Pengembangan budidaya ikan nila.
Syeron, I. V. (2019). Perumusan Strategi Dengan Menerapkan Analisis Kanvas Strategi, Kerangka Kerja Empat Langkah, Kerangka Kerja Enam Jalan, Dan Visualisasi Strategi Pada Jasa Persewaan Alat Outdoor. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 9–18.
Undhar, L. (2020). Universitas Dharmawangsa. -, 224, 1–16.
Widnyani, N. M., Rettobjaan, V. F. C., Aristayudha, A. A. N. B., Astitiani, N. L. P. S., & Richadinata, K. R. P. (2023). Media Sosial Sebagai Alternatif Dalam Peningkatan Penjualan Umkm Di Kota Denpasar. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 62–69. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1435
Naelasari, D. N., Zulhakim, & Syamsussabri, M. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Produk Hasil Perikanan Di Desa Sigerongan. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 29–35.
Dahniar, T., Maulana, Y., & Julziar, M. (2021). Pemasaran Budidaya Ikan Nila Di Desa Cijengkol Kabupaten Sukabumi Dengan Penerapan Digital Marketing Untuk Meningkatkan ADIBRATA Jurnal, 1(April), 102–110.
Adli, Karmila, L., & Sa’adah, R. (2022). Pemanfaatan Instagram Dan Media Online Untuk Peningkatan Penjualan Produk Umkm Mas Lembu. Prosiding SENADIBA 2, 420–428.
Resti, N. C., Rahayu, D. S., & Kartikasari, A. D. (2022). Meningkatkan Penjualan Pakan Ikan dan Obat Ikan pada Toko Indo Multi Fish P.S Melalui Marketing Digital. Journal of Research Applications in Community Service, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i1.564
Widayati, W., & Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 1–20. https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i2.345
Maulida, D., Safrida, S., & Marefanda, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Wadah Promosi Produk Rumahan Bagi Perempuan Nelayan di Desa Ranto Panyang Kecamatan Meureubo. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 150. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2231
Amalia, N., & Ismanto, B. (2019). Analisa Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi menggunakan EPIC Model.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.