Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi untuk Meningkatkan Penjualan Ikan Nila di Desa Damai

Authors

  • Muh. Irfan Mansyur Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rapang
  • Muh. Tamrin Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rapang
  • Haslindah Haslindah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rapang

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p355-364.42467

Keywords:

Media Sosial; Strategi Meningkatkan Penjualan; Ikan Nila; Desa Damai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan media sosial sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan ikan nila di Desa Damai. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai persentase pemanfaatan media sosial sebagai strategi penjualan berada pada kategori baik dengan persentase 77% dari hasil yang diharapkan. Strategi penjualan dinilai penting karena mempermudah pencapaian target pasar. Penggunaan media sosial, khususnya Facebook, sebagai alat promosi menunjukkan hasil yang baik dengan persentase 73%, mengindikasikan bahwa Facebook efektif untuk promosi di Toko Damai Fish. Uji simultan menunjukkan bahwa variabel strategi penjualan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel media sosial di Toko Damai Fish, dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 3.073 > 1.678.

References

Ahmad, J. (2015). Metode Penelitian.

Barokah, S., Wulandari, O. A. D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7085

Cucu Sumartini, L., & Fajriany Ardining Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118. https://doi.org/10.37339/e-bis.v3i2.124

Feny Rita Fiantika, Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mounw, Jonata, Imam Mashudi, Nur hasanah, Anita Maharani, Kusmayra Ambarwati, Resty Noflidaputi, Nuryami, Lu. W. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).

Fitriyanti, F., Bibin, M., & Damis, D. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI KECAMATAN MALUA KABUPATEN ENREKANG. PAPALELE (Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan Dan Kelautan), 7(1), 87–94. https://doi.org/10.30598/papalele.2023.7.1.87

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.

Melati, I. S., Margunani, M., Mudrikah, S., & Pitaloka, L. K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 155. https://doi.org/10.20956/pa.v4i2.7685

Metode Penelitian Dr. Jamaluddin Ahmad, S. Sos., M. Si.pdf. (n.d.).

Nasruddin. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Di Pt. Hadji Kalla Cabang Palopo. MANDAR: Management Developement and Applied Research Journal, 3(2), 19–27.

Prasetya, A. Y., Sugiharti, S., & Fadhila, Z. R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 102–108. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i1.1628

Rahmat Linur, & Mahfuz Rizqi Mubarak. (2020). Facebook Sebagai Alternatif Media Pengembangan Maharah Kitabah. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.154

Saleh, J., Budi, S., & Salam, S. (2021). Pengembangan budidaya ikan nila.

Syeron, I. V. (2019). Perumusan Strategi Dengan Menerapkan Analisis Kanvas Strategi, Kerangka Kerja Empat Langkah, Kerangka Kerja Enam Jalan, Dan Visualisasi Strategi Pada Jasa Persewaan Alat Outdoor. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 9–18.

Undhar, L. (2020). Universitas Dharmawangsa. -, 224, 1–16.

Widnyani, N. M., Rettobjaan, V. F. C., Aristayudha, A. A. N. B., Astitiani, N. L. P. S., & Richadinata, K. R. P. (2023). Media Sosial Sebagai Alternatif Dalam Peningkatan Penjualan Umkm Di Kota Denpasar. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 62–69. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1435

Naelasari, D. N., Zulhakim, & Syamsussabri, M. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Produk Hasil Perikanan Di Desa Sigerongan. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 29–35.

Dahniar, T., Maulana, Y., & Julziar, M. (2021). Pemasaran Budidaya Ikan Nila Di Desa Cijengkol Kabupaten Sukabumi Dengan Penerapan Digital Marketing Untuk Meningkatkan ADIBRATA Jurnal, 1(April), 102–110.

Adli, Karmila, L., & Sa’adah, R. (2022). Pemanfaatan Instagram Dan Media Online Untuk Peningkatan Penjualan Produk Umkm Mas Lembu. Prosiding SENADIBA 2, 420–428.

Resti, N. C., Rahayu, D. S., & Kartikasari, A. D. (2022). Meningkatkan Penjualan Pakan Ikan dan Obat Ikan pada Toko Indo Multi Fish P.S Melalui Marketing Digital. Journal of Research Applications in Community Service, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i1.564

Widayati, W., & Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 1–20. https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i2.345

Maulida, D., Safrida, S., & Marefanda, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Wadah Promosi Produk Rumahan Bagi Perempuan Nelayan di Desa Ranto Panyang Kecamatan Meureubo. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 150. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2231

Amalia, N., & Ismanto, B. (2019). Analisa Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi menggunakan EPIC Model.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Mansyur, M. I., Tamrin, M., & Haslindah, H. (2024). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi untuk Meningkatkan Penjualan Ikan Nila di Desa Damai. INOVASI, 11(2), 355–364. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p355-364.42467