Hubungan Laba dan Rasio Pasar di Perbankan Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p399-413.42624Keywords:
Perbankan Indonesia; Pendapatan; Rasio Pasar; Kinerja Keuangan; Evaluasi PasarAbstract
Di tengah maraknya globalisasi dan dinamisme perekonomian, sektor perbankan Indonesia mendapat perhatian yang cukup besar dalam penelitian. Memahami dinamika keuangan perbankan di Indonesia seringkali dimulai dengan memahami fenomena umum yang mempengaruhi sektor ini, seperti perubahan peraturan keuangan, fluktuasi pasar global, dan faktor makroekonomi lainnya yang mempengaruhi kinerja keuangan dan penilaian pasar lembaga keuangan. Kajian ini berfokus pada aspek spesifik hubungan antara keuntungan dan kondisi pasar pada industri perbankan Indonesia, tidak hanya pada kinerja keuangan perbankan namun juga bagaimana pasar menilai kinerja dan potensi pertumbuhan lembaga keuangan. Penelitian sebelumnya telah menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan ini dan dampaknya terhadap kinerja pasar. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa pemahaman kita tentang hubungan antara profitabilitas dan pasar perlu diperbarui sebagai respons terhadap dinamika yang berkembang di sektor perbankan. Dengan memperbarui pemahaman tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam bagi para pemangku kepentingan industri perbankan, regulator, dan peneliti yang tertarik pada bidang ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan kerangka analisis yang rinci dan modern untuk mengeksplorasi dan menganalisis hubungan-hubungan tersebut dan memberikan wawasan berharga terhadap literatur akademis dan praktis di bidang perbankan di Indonesia.
References
Al-Farisi, A. S., & Hendrawan, R. (2011). Effect of capital structure on banks performance: a profit efficiency approach Islamic and conventional banks case in Indonesia. Available at SSRN 1895211
Ayu, N. (2018). Analisis Keuangan Bank dan Rasio Pasar. Jurnal Akuntansi Keuangan Indonesia, SINTA 2, 26(4), 280-303.
Budi, S. (2020). Rasio Keuangan dan Penilaian Pasar. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, SINTA 2, 29(1), 77-98.
Fauzi, A. (2017). Pengaruh Regulasi Terhadap Kinerja Bank di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.
Fatwa, N., Sarita, B., Saenong, Z., & Balaka, M. (2017). Effects of bank specific variables on the performance of Indonesian banking Industries. Scientific Research Journal (SCIRJ), (X).
Ferli, O. (2015). Faktor Macroeconomic Dan Bank Spesific Determinan Dari Profitabilitas Bank di Indonesia Dengan Penerapan Internet Banking. Jurnal Ilmu Manajemen &Ekonomika, 7(2), 88-91. Jurnal Ilmu Manajemen &Ekonomika. Vol. 7 No.2, Juni 2015
Statistik Perbankan Indonesia. (n.d.). Bank Indonesia. Retrieved July 15, 2024, from https://www.bi.go.id/en/statistik/default.aspx
Komari, A., S. R. (2018). Pengaruh Ukuran Bank Terhadap Hubungan Profitabilitas dan Nilai Pasar pada Sektor Perbankan Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Universitas Padjadjaran.
Nugroho, M. A. (2024). Hubungan antara Profitabilitas dan Nilai Pasar Bank di Perbankan Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.
Hadiwidjaja, R. D. (2016). The influence of the bank's performance ratio to profit growth on banking companies in Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 5(1), 106.
Hadad, M. D., Hall, M. J., Kenjegalieva, K. A., Santoso, W., & Simper, R. (2011). Banking efficiency and stock market performance: an analysis of listed Indonesian banks. Review of Quantitative Finance and Accounting, 37, 1-20
Hidayat, T. (2020). Dampak Kondisi Pasar Terhadap Profitabilitas Bank. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Jumono, S., Achsani, N. A., Hakim, D. B., & Fidaus, M. (2015). Market concentration, market share, and profitability (Study at Indonesian commercial banking in the period of 2001-2012). Asian Social Science, 11(27), 18.
Nurhayati, S. (2018). Analisis Profitabilitas Bank dalam Konteks Pasar Keuangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia.
Naylah, M., & Cahyaningratri, C. (2020). The influence of market structure in Indonesian banking performance. JEJAK: Jurnal Ekonomi dan Kebijakan, 13(1), 120-134.
Nurwati, E., Achsani, N. A., Hafidhuddin, D., & Nuryartono, N. (2014). Market structure and bank performance: Empirical evidence of Islamic banking in Indonesia. Asian Social Science, 10(10), 105.
Lubis, A. F. (2012). Market power of Indonesian banking. Bulletin of Monetary Economics and Banking, 14(3), 225-244.
Mukhibad, H., & Khafid, M. (2018). Financial performance determinant of Islamic banking in Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 22(3), 506-517.
Paulin, O., & Wiryono, S. K. (2015). Determinants of Islamic Banks's Profitability in Indonesia for 209-2013. Journal of Business and Management, 4(2).
Paulina. (2024). Analisis Volatilitas Variabel Makroekonomi Dan Harga Saham Menggunakan Generralized Autoregressive Heteroscedasticity Cointegration (Garch Model). Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis.
Putri, L. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Pasar. Jurnal Ekonomi Indonesia, SINTA 3, 40(1), 45-67.
Rini, E. (2019). Dampak Laba terhadap Valuasi Pasar Bank. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, SINTA 3, 27(2), 150-170.
Santoso, B. (2020). Struktur Pasar dan Kinerja Perbankan di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan.
Smith, J. &. (2020). Profitability and Market Ratios in Indonesian Banking Sector. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 15(2), pp. 45-58.
Wilson, K. &. (2020). Profitability Trends and Market Ratios in Indonesian Banking. Jurnal Ekonomi Indonesia.
Wulan, S. (2020). Analisis Laba dan Kinerja Pasar Bank. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, SINTA 3, 27(3), 220-240.
Yulianti, A. (2022). Hubungan Laba dan Rasio Pasar di Perbankan. Jurnal Keuangan Indonesia, SINTA 2, 35(3), 189-210.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.