Pengembangan Media Pop Up Book Berbantuan Hp Android dalam Upaya Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan pada Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p471-485.43174Keywords:
Media Pop Up Book; Keterampilan Berpikir Kritis; Karakter Peduli Lingkungan; Kurikulum MerdekaAbstract
Pendidikan berperan krusial dalam meningkatkan kualitas hidup manusia, memungkinkan individu untuk memahami potensi mereka dan berkontribusi pada masyarakat. Namun, kualitas pendidikan di Indonesia masih kalah dibandingkan dengan Malaysia. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi sektor pendidikan secara signifikan, menuntut guru untuk beradaptasi dengan menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan menarik. Abad ke-21 menuntut guru untuk mengubah fokus dari berpikir kreatif menjadi berpikir kritis dan pemecahan masalah, keterampilan yang penting untuk analisis, evaluasi, dan pengambilan keputusan. Dalam era globalisasi, siswa memerlukan keterampilan berpikir kritis untuk berkomunikasi dan merespons informasi dengan efektif. Pengembangan karakter, kesadaran lingkungan, dan tanggung jawab lingkungan juga menjadi aspek penting dalam pendidikan. Guru harus merancang strategi dan media yang efektif untuk mendukung perkembangan pribadi siswa, serta menyesuaikan metode pengajaran dengan kesadaran lingkungan yang meningkat. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan Pop Up Book berbantuan aplikasi Canva untuk membuat buku tiga dimensi yang dapat dicetak dan diakses melalui HP Android. Buku ini memiliki ketebalan 33 cm dan 26 cm, dicetak di latar belakang putih dan hitam, serta disajikan dalam format video dengan kode batang untuk pemindaian. Evaluasi media dilakukan melalui pretest, umpan balik guru, dan posttest. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 33% siswa menilai buku tersebut valid, 16% menilai baik, 16% cukup, dan 7% tidak valid. Data menunjukkan bahwa kualitas dan validitas media dipengaruhi oleh persepsi siswa, dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,7 yang mengindikasikan reliabilitas data.
References
Adhitama, HIZKIA Yoga. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif Pada Materi Rangka dan Otot Manusia Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Kelas VIII. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
Afifah, S. A., & Agoestanto, A. (2020). Mathematical Critical Thinking Ability in Solving Open-Ended Questions Viewed from Students’ Curiosity. Unnes Journal Of Mathematics Education, 9(1), 36–42. https://doi.org/10.15294/ujme.v9i1.38099
Agus Z.F. 2012. Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Akbar, Sa’dun. Instrument Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017
Akhmad Subehi. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Penerbit Andi. 2022
Amalia Fitri, Angga Yudha, dkk. Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Edisi 1. 2021
Aniek K.M, Sumarno, Joko S. 2022 . Pengembangan Media Pembelajaran Comic Book IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Kualita Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Agustus 2022, pp. 46-52
Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka
Dini, H. (2019). Penerapan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren. Nanotechnology, 27(9), 3505– 3515.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dyah, P dan Badarudin. 2022. Peningkatan ketrampilan Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Literasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober 2022, 8 (19), 451-459
Ervina Purnamasari, Valista Tianasari. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Untuk SD/MI Kelas IV. Karanganyar : CV. Pustaka Persada.2022
Farda N.I. 2022 . “Pengembangan Media Pop Up Book Berwawasan Pendidikan Karakter untuk Peserta Didik Kelas III SD/MI”, Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Vol.7, No.1
Fatmaridha Sabani. 2019. Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6-7 tahun). Jurnal Kependidikan, Vol. 8, No. 2, Mei 2019
Feldman, D. A. (2010). Berpikir kritis. Jakarta: PT Indeks
Fithriyah dkk. (2016), “Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-D SMPN 17 Malang”. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Fudyartanta, K. (2012). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
I Gusti N.S, I Wayan S, Ida Bagus P.A. 2022. Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, Vol.10 No.1 Edisi Januari 2022
I Wayan Redhana. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2019
Juliati B.M, Pernando S, Netty H.H.T. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar. Volume 1, Nomor 1, Januari, 2022
Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458.
Kartini K.S & Putra I Nyoman T.A. 2020. Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan, Vol.4, No.1.
Lailatus S, Galuh K.D, Satrio W. 2022. “Pengembangan Media Pop Up Book terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar”, Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.4, No.1
Linda Z dan Ika L. 2019 . “Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran”, (Bogor : Erzatama Karya Abadi), 4-7
Martini. 2011. Pembelajaran Standar Proses Berkarakter: Matematika SMP Kelas 7,8 dan 9 Berdasarkan KTSP (Buku Pengayaan): Memvisualisasikan Setiap Konsep dengan Alat Peraga. Jakarta: Prenada Media Group. 2011, hlm. 5-6
Misbah B. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning Berorientasi Literasi Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Indonesian Journal of Islamic Elementary School. Volume 2 Nomor 1 2022
Mulyatiningsih, Endang. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta :Alfabeta
Nur A, Aminudin K, Yatim R. 2018. Pendidikan Nilai Nasionalisme Dengan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol 4, No 3, September 2018
Priyanto, Dwi. 2009. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Vol.14, No.1.
Purwanti, Dwi. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, Vol. 1 No. 2, 2017
Rembulan P.O, Nur R, Herlina S, Adi S.A. 2021 . Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Challenges Untuk Meningkatkan Computational Thinking Dalam Pembelajaran Mandiri Sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar. Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional, 2021 (ISBN 978-623-94143-3-7) Institut Teknologi Telkom Surabaya (Diakses 2 November 2022)
Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung: ALFABETA
Sugiyono.2019. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sihotang, Kasdin. Berpikir Kritis Kecakapan Hidup Di Era Digital. Yogyakarta: PT Kanisius, 2019.
Siska A.H, Aprilia D.Y. 2022. IBM Pengembangan Media Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 5 Karangsari Banyuwangi. Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah. Vol.2, No. 2, Agustus 2022
Siti,N.R. 2018. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan menggunakan Media Pop Up Berbasis Karakter Pada Siswa Kelas 1A SD Muhammadiyah Pepe. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 26 Tahun ke-7
Wahdan Najib Habiby. 2017. Statistika Pendidikan. (Surakarta: Muhammadiyah University Press).
Wawan A.R, Wahyu N.B. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA SD Terintegrasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Nusantara. Volume 6 Nomor 2 Januari 2022
Zahra A, Ardi S, Iis N, Dyah L, Nasihin, Hasanudin. Wayang Sukuraga : Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu. Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022 Halaman 3526-3535.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.