Pengembangan Media Pop Up Book Berbantuan Hp Android dalam Upaya Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Ulfa Indera Wahyuni Universitas Terbuka, Malang Jawa Timur
  • I Made Sulandra Universitas Negeri Malang, Jawa Timur
  • Dodi Sukmayadi Universitas Terbuka,Tangerang Banten

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p471-485.43174

Keywords:

Media Pop Up Book; Keterampilan Berpikir Kritis; Karakter Peduli Lingkungan; Kurikulum Merdeka

Abstract

Pendidikan berperan krusial dalam meningkatkan kualitas hidup manusia, memungkinkan individu untuk memahami potensi mereka dan berkontribusi pada masyarakat. Namun, kualitas pendidikan di Indonesia masih kalah dibandingkan dengan Malaysia. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi sektor pendidikan secara signifikan, menuntut guru untuk beradaptasi dengan menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan menarik. Abad ke-21 menuntut guru untuk mengubah fokus dari berpikir kreatif menjadi berpikir kritis dan pemecahan masalah, keterampilan yang penting untuk analisis, evaluasi, dan pengambilan keputusan. Dalam era globalisasi, siswa memerlukan keterampilan berpikir kritis untuk berkomunikasi dan merespons informasi dengan efektif. Pengembangan karakter, kesadaran lingkungan, dan tanggung jawab lingkungan juga menjadi aspek penting dalam pendidikan. Guru harus merancang strategi dan media yang efektif untuk mendukung perkembangan pribadi siswa, serta menyesuaikan metode pengajaran dengan kesadaran lingkungan yang meningkat. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan Pop Up Book berbantuan aplikasi Canva untuk membuat buku tiga dimensi yang dapat dicetak dan diakses melalui HP Android. Buku ini memiliki ketebalan 33 cm dan 26 cm, dicetak di latar belakang putih dan hitam, serta disajikan dalam format video dengan kode batang untuk pemindaian. Evaluasi media dilakukan melalui pretest, umpan balik guru, dan posttest. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 33% siswa menilai buku tersebut valid, 16% menilai baik, 16% cukup, dan 7% tidak valid. Data menunjukkan bahwa kualitas dan validitas media dipengaruhi oleh persepsi siswa, dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,7 yang mengindikasikan reliabilitas data.

References

Adhitama, HIZKIA Yoga. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif Pada Materi Rangka dan Otot Manusia Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Kelas VIII. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Afifah, S. A., & Agoestanto, A. (2020). Mathematical Critical Thinking Ability in Solving Open-Ended Questions Viewed from Students’ Curiosity. Unnes Journal Of Mathematics Education, 9(1), 36–42. https://doi.org/10.15294/ujme.v9i1.38099

Agus Z.F. 2012. Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Akbar, Sa’dun. Instrument Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017

Akhmad Subehi. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Penerbit Andi. 2022

Amalia Fitri, Angga Yudha, dkk. Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Edisi 1. 2021

Aniek K.M, Sumarno, Joko S. 2022 . Pengembangan Media Pembelajaran Comic Book IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Kualita Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Agustus 2022, pp. 46-52

Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Dini, H. (2019). Penerapan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren. Nanotechnology, 27(9), 3505– 3515.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dyah, P dan Badarudin. 2022. Peningkatan ketrampilan Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Literasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober 2022, 8 (19), 451-459

Ervina Purnamasari, Valista Tianasari. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Untuk SD/MI Kelas IV. Karanganyar : CV. Pustaka Persada.2022

Farda N.I. 2022 . “Pengembangan Media Pop Up Book Berwawasan Pendidikan Karakter untuk Peserta Didik Kelas III SD/MI”, Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Vol.7, No.1

Fatmaridha Sabani. 2019. Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6-7 tahun). Jurnal Kependidikan, Vol. 8, No. 2, Mei 2019

Feldman, D. A. (2010). Berpikir kritis. Jakarta: PT Indeks

Fithriyah dkk. (2016), “Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-D SMPN 17 Malang”. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fudyartanta, K. (2012). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

I Gusti N.S, I Wayan S, Ida Bagus P.A. 2022. Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, Vol.10 No.1 Edisi Januari 2022

I Wayan Redhana. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2019

Juliati B.M, Pernando S, Netty H.H.T. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar. Volume 1, Nomor 1, Januari, 2022

Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458.

Kartini K.S & Putra I Nyoman T.A. 2020. Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan, Vol.4, No.1.

Lailatus S, Galuh K.D, Satrio W. 2022. “Pengembangan Media Pop Up Book terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar”, Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.4, No.1

Linda Z dan Ika L. 2019 . “Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran”, (Bogor : Erzatama Karya Abadi), 4-7

Martini. 2011. Pembelajaran Standar Proses Berkarakter: Matematika SMP Kelas 7,8 dan 9 Berdasarkan KTSP (Buku Pengayaan): Memvisualisasikan Setiap Konsep dengan Alat Peraga. Jakarta: Prenada Media Group. 2011, hlm. 5-6

Misbah B. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning Berorientasi Literasi Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Indonesian Journal of Islamic Elementary School. Volume 2 Nomor 1 2022

Mulyatiningsih, Endang. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta :Alfabeta

Nur A, Aminudin K, Yatim R. 2018. Pendidikan Nilai Nasionalisme Dengan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol 4, No 3, September 2018

Priyanto, Dwi. 2009. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Vol.14, No.1.

Purwanti, Dwi. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, Vol. 1 No. 2, 2017

Rembulan P.O, Nur R, Herlina S, Adi S.A. 2021 . Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Challenges Untuk Meningkatkan Computational Thinking Dalam Pembelajaran Mandiri Sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar. Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional, 2021 (ISBN 978-623-94143-3-7) Institut Teknologi Telkom Surabaya (Diakses 2 November 2022)

Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung: ALFABETA

Sugiyono.2019. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sihotang, Kasdin. Berpikir Kritis Kecakapan Hidup Di Era Digital. Yogyakarta: PT Kanisius, 2019.

Siska A.H, Aprilia D.Y. 2022. IBM Pengembangan Media Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 5 Karangsari Banyuwangi. Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah. Vol.2, No. 2, Agustus 2022

Siti,N.R. 2018. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan menggunakan Media Pop Up Berbasis Karakter Pada Siswa Kelas 1A SD Muhammadiyah Pepe. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 26 Tahun ke-7

Wahdan Najib Habiby. 2017. Statistika Pendidikan. (Surakarta: Muhammadiyah University Press).

Wawan A.R, Wahyu N.B. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA SD Terintegrasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Nusantara. Volume 6 Nomor 2 Januari 2022

Zahra A, Ardi S, Iis N, Dyah L, Nasihin, Hasanudin. Wayang Sukuraga : Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu. Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022 Halaman 3526-3535.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Wahyuni, U. I., Sulandra, I. M., & Sukmayadi, D. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Berbantuan Hp Android dalam Upaya Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan pada Kurikulum Merdeka. INOVASI, 11(2), 471–485. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p471-485.43174