Implementasi Ruang Ilmiah dalam Perspektif Teori Humanistik pada Pembelajaran Jarak Jauh Mahasiswa Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Kota Batu

Authors

  • Steviani Batti Universitas Terbuka
  • Andi Lopa Ginting Universitas Terbuka
  • Asmawati Suwarno Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p615-627.45259

Keywords:

Universitas Terbuka; Ruang Ilmiah; Teknologi; Pembelajaran Jarak Jauh; Perspektif Humanistik

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui terkait ruang ilmiah yang diciptakan oleh Universitas Terbuka Salut Kota Batu bagi mahasiswa dengan mekanisme pembelajaran jarak jauh dalam perspektif teori humanistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah di Sentra Layanan Universitas Terbuka Kota Batu. Data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara yang dilakukan kepada Pengelola SALUT dan mahasiswa UT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran yang dilakukan pada Salut Kota Batu Universitas Terbuka sangat sulit menjalin interaksi dengan lingkungan. Hal ini disebabkan karena mereka sebagai mahasiswa dihadapkan pada kemajuan teknologi seingga dalam menghubungan karak antar mereka memanfaatkan teknologi tersebut untuk mempersempit jarak yang ada. Beberapa penghambat yang tidak mampu membentuk ruang ilmiah mahasiswa Universitas terbuk adalah keterbatasan interaksi mengingat mekanisme pembelajaran yang dilakukan secara online sehingga tidak memberikan ruang gerak kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan mahasiswa lainya. Selain itu,  ketiadaan interaksi bagi mahasiswa tuton terhadap mahasiswa sehingga perkuliahan hanya menekankan pada teoritis dan tidak memberikan pandangan atas interaksi, lingkungan dan rasa sosial yang seharusnya terjalin dalam mekanisme pembelajaran.

References

Al-Balas, M., Al-Balas, H. I., Jaber, H. M., Obeidat, K., Al-Balas, H., Aborajooh, E. A., Al-Taher, R., & Al-Balas, B. (2020). Correction to: Distance learning in clinical medical education amid COVID-19 pandemic in Jordan: current situation, challenges, and perspectives (BMC Medical Education, (2020), 20, 1, (341), 10.1186/s12909-020-02257-4). BMC Medical Education, 20(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02428-3

Al-Obaydi, L. H. (2023). Humanistic learning elements in a blended learning environment: a study in an EFL teaching context. Interactive Learning Environments, 31(5), 3098–3111. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1919717

Al Ghozali, M. I., & Fatmawati, S. (2021). Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid 19. EduBase : Journal of Basic Education, 2(2), 60. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.427

Anderson, M. (2018). Humanization in the Digital Age: A Critique of Technophilia in Education. https://scholarworks.gsu.edu/eps_diss/183

Anderson, T., & Dron, J. (2012). Cognitivist / behaviourist pedagogy. European Journal of Open Distance and E-Learning, 2, 1–14. http://www.eurodl.org/?p=archives&year=2012&halfyear=2&article=523

Arbayah Arbayah. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu, 13(3), 204–220.

Bilalova, D. N., Kireeva, N. A., Levina, T. M., Zharinov, Y. A., & Ujmanova, I. P. (2020). Digital Educational Resources in the Study of Humanities Subjects in a Technical University. 437(Detp), 315–319. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200509.057

Cavus, N. (2015). Distance Learning and Learning Management Systems. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 872–877. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.611

Darojat, O. D. (2019). Pendidikan Jarak Jauh: Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia; Buku Orasi Ilmiah. Vokasi.Ui.Ac.Id, 20. http://vokasi.ui.ac.id/web/wp-content/uploads/2019/07/buku-orasi-ilmiah_A5.pdf

Dierksmeier, C. (2020). From Jensen to Jensen: Mechanistic Management Education or Humanistic Management Learning? Journal of Business Ethics, 166(1), 73–87. https://doi.org/10.1007/s10551-019-04120-z

Gumantan, A., Nugroho, R. A., & Yuliandra, R. (2021). Learning During the Covid-19 Pandemic: Analysis of E-Learning on Sports Education Students. Journal Sport Area, 6(1), 66–75. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(1).5397

Heidegger, M. (1977). The Question Concerning Technology.

Hod, Y., Katz, S., & Eagan, B. (2020). Refining qualitative ethnographies using Epistemic Network Analysis: A study of socioemotional learning dimensions in a Humanistic Knowledge Building Community. Computers and Education, 156(May), 103943. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103943

Juita, D., & M, Y. (2021). the Concept of “Merdeka Belajar” in the Perspective of Humanistic Learning Theory. SPEKTRUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(1), 20–30. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i1.111912

Leach, N. (2022). Impactful Learning Environments: A Humanistic Approach to Fostering Adolescents’ Postindustrial Social Skills. Journal of Humanistic Psychology, 62(3), 377–396. https://doi.org/10.1177/0022167818779948

Lee, H. Y. (2020). Linguistic politeness in the chinese language and culture. Theory and Practice in Language Studies, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.17507/tpls.1001.01

Manik, H., C B Sihite, A., Martha Manao, M., Sitepu, S., & Naibaho, T. (2022). Teori Filsafat Humanistik dalam Pembelajaran Matematika. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 348–355. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3037

Muhajirah, M. (2020). Basic of Learning Theory. International Journal of Asian Education, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i1.23

Nast, T. P. J., & Yarni, N. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 270–275. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.483

Peters, M. A., Neilson, D., & Jackson, L. (2022). Post-marxism, humanism and (post)structuralism: Educational philosophy and theory. Educational Philosophy and Theory, 54(14), 2331–2340. https://doi.org/10.1080/00131857.2020.1824783

Purswell, K. E. (2019). Humanistic Learning Theory in Counselor Education. The Professional Counselor, 9(4), 358–368. https://doi.org/10.15241/kep.9.4.358

Smith, E. (2012). The Digital Native Debate in Higher Education: A Comparative Analysis of Recent Literature / Le débat sur les natifs du numérique dans l’enseignement supérieur: une analyse comparative de la littérature récente. Canadian Journal of Learning and Technology / La Revue Canadienne de l’apprentissage et de La Technologie, 38(3). https://doi.org/10.21432/t2f302

Zovko, M. É., & Dillon, J. (2018). Humanism vs. competency: Traditional and contemporary models of education. Educational Philosophy and Theory, 50(6–7), 554–564. https://doi.org/10.1080/00131857.2017.1375757

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Batti, S., Ginting, A. L., & Suwarno, A. (2024). Implementasi Ruang Ilmiah dalam Perspektif Teori Humanistik pada Pembelajaran Jarak Jauh Mahasiswa Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Kota Batu. INOVASI, 11(2), 615–627. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p615-627.45259