ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN JUMLAH PENYALURAN PADA UNIT PENGELOLA DANA BERGULIR (UPDB) DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v7i1.p1-15.5440Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang lebih tepat terhadap peningkatan jumlah penyaluran yang dijalankan oleh UPDB Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang. Strategi pasar meliputi Segmenting, Targeting dan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan Analisis Persaingan Model Lima Kekuatan Porter, analisis matriks IFE, analisis matriks EFE, analisis matriks IE serta analisis matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukan implementasi strategi pemasaran UPDB saat ini dilihat dari analisis matriks IE berada pada titik temu IFE 276 dan EFE 332 yang berarti pada Kuadran Tumbuh dan Membangun, strategi bauran pemasaran dengan fokus utama pada harga dengan bunga layanan rendah, serta dari analisis IFE dengan jumlah kekuatan IFE 1,91 dan jumlah kelemahan 0,85 maka UPDB memiliki posisi interval yang relatif kuat, sedangkan jika dilihat dari analisis matriks EFE dengan jumlah peluang sebesar 1,92 dan ancaman EFE sebesar 1,40 UPDB merespon dengan baik terhadap kesempatan dan ancaman yang ada. Dengan jumlah skor EFE 3,32 maka strategi UPDB secara efektif memanfaatkan peluang yang ada dan meminimilisasi potensi dampak yang merusak dari ancaman internal. Strategi pemasaran yang lebih tepat menurut hasil analisis SWOT diperoleh beberapa program kerja dari beberapa alternative strategi yang bisa di jalankan oleh UPDB seperti meningkatkan promosi, menjalin kordinasi kemitraan, meningkatkan teknologi, melakukan perluasan pasar, membuat aturan terhadap regulasi top up, meningkatkan hubungan, kompetensi, kemampuan dan meningkatkan informasi layanan pick up service.
Kata Kunci : Analisis SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Strategi Pemasaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.