ANTESEDEN GENERASI MILENIAL UNTUK MELAKUKAN SOCIAL COMMERCE: PERAN KEPERCAYAAN

Authors

  • Kahfi Fikrianoor Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Faishal Prahatma Ganinda Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Ervilia Agustine Wiharsianti Universitas Pamulang
  • Amir Hidayatulloh Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v7i2.p98-109.7917

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris apakah generasi milenial masih mempertimbangkan privasi saat melakukan social commerce. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna media sosia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) pengguna media sosial yang minimal dua kali sudah melakukan pembelian melalui media sosial yang dimiliki, dan (2) pengguna media sosial yang tergolong generasi milenial, yaitu rentang tahun kelahiran 1980 sampai dengan 2000. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan dengan bantuan internet, yaitu melalui google form. Penelitian ini memiliki responden berjumlah 150 responden. Alat statistik yang digunakan adalah warpPLS. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kepercayaan pada situs social commerce dipengaruhi oleh persepsi keefektifan kebijakan privasi dan persepsi keefektifan regulasi mandiri. Kepercayaan tehadap situs social commerce berpengaruh terhadap valensi WOM (baik positif maupun negatif), konten WOM, dan pengamatan konsumen lain. Sedangkan, niat untuk melakukan pembelian melalui medis sosial ditentukan oleh valensi WOM (baik positif maupun negatif), sedangkan konten WOM dan pengamatan konsumen lain tidak berpengaruh terhadap niat untuk melakukan pembelian melalui media sosial.

Kata Kunci :     Kepercayaan, Konten WOM, Pengamatan Konsumen Lain,  Social Commerce, Valensi WOM

Downloads

Published

2020-12-08

How to Cite

Fikrianoor, K., Ganinda, F. P., Wiharsianti, E. A., & Hidayatulloh, A. (2020). ANTESEDEN GENERASI MILENIAL UNTUK MELAKUKAN SOCIAL COMMERCE: PERAN KEPERCAYAAN. INOVASI, 7(2), 98–109. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v7i2.p98-109.7917