ANTESEDEN GENERASI MILENIAL UNTUK MELAKUKAN SOCIAL COMMERCE: PERAN KEPERCAYAAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v7i2.p98-109.7917Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris apakah generasi milenial masih mempertimbangkan privasi saat melakukan social commerce. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna media sosia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) pengguna media sosial yang minimal dua kali sudah melakukan pembelian melalui media sosial yang dimiliki, dan (2) pengguna media sosial yang tergolong generasi milenial, yaitu rentang tahun kelahiran 1980 sampai dengan 2000. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan dengan bantuan internet, yaitu melalui google form. Penelitian ini memiliki responden berjumlah 150 responden. Alat statistik yang digunakan adalah warpPLS. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kepercayaan pada situs social commerce dipengaruhi oleh persepsi keefektifan kebijakan privasi dan persepsi keefektifan regulasi mandiri. Kepercayaan tehadap situs social commerce berpengaruh terhadap valensi WOM (baik positif maupun negatif), konten WOM, dan pengamatan konsumen lain. Sedangkan, niat untuk melakukan pembelian melalui medis sosial ditentukan oleh valensi WOM (baik positif maupun negatif), sedangkan konten WOM dan pengamatan konsumen lain tidak berpengaruh terhadap niat untuk melakukan pembelian melalui media sosial.
Kata Kunci : Kepercayaan, Konten WOM, Pengamatan Konsumen Lain, Social Commerce, Valensi WOM
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.