Transfer Pricing: Pajak, Mekanisme Bonus, Kontrak Hutang, Nilai Tukar dan Multinasionalitas
DOI:
https://doi.org/10.32493/JABI.v4i3.y2021.p%25pKeywords:
Tax, Bonus Mechanism, Debt Covenant, Exchange Rate, Multinasionalitas, Transfer PricingAbstract
Obtaining empirical evidence regarding the effect of taxes, bonus mechanisms, debt contracts, exchange rates and multinationals on transfer pricing decisions is the aim of this study on manufacturing sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2019 period. Quantitative type in this study. The sample used was 40 data based on purposive sampling method. The method of analysis in this study is Panel Data Regression. The results of this study prove that debt contracts have an effect on transfer pricing decisions, while taxes, bonus mechanisms, exchange rates, and multinationality have no effect on transfer pricing decisions.
References
Agustina, N. A. (2019). Pengaruh Pajak, Multinasionalitas, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing . PROSIDING Seminar Nasional Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 53-66.
Ayshinta, P. J., Agustin, H., & Afriyenti, M. (2019). Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Dan Exchange Rate Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Eksporasi Akuntansi 1(2), 572-588.
Darma, S. S. (2020). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive, dan Bonus Plan terhadap Transaksi Transfer Pricing Pada Perusahaan Multinasionla Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2014-2017. Jurnal Ekonomi Efektif 2(3), 469-478.
Hariaji, N. W., & Akbar, F. S. (2021). Pengaruh Multinasional, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Transfer Pricing. PROSIDING Seminar Nasional Akuntansi Universitas Pembangungan Nasional Veteran Jawa Timur, 36-48.
Hidayat, W. W., Winarso, W., & Hendrawan, D. (2019). Pengaruh Pajak Dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2017. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen (JIAM) 15(1), 49-59.
Indrasti, A. W. (2016). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, Bonus Plan, Dan Debt Covenant terhadap Keputusan Perusahaan untuk Melakukan Transfer Pricing. PROFITA 9(3), 348-371.
Istiqomah, & Fanani, B. (2020). Pengaruh Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, dan Debt Convenant terhadap Transaksi Transfer Pricing. Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi Vol. 12 No. 1, 56-66.
Jensen, M and Mecking, W. 1976. Theory of The Firm: Managerial Behaviour, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of financial Ecomomics 3 (4):305-360.
Junaidi, A., & Yuniarti, N. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Debt Covenant, Dan Profitabilitas Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (JAM-EKIS) 3(1), 31-44.
Irawati, W., Akbar, Z., Wulandari, R., & Barli, H. (2020). Analisis Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan Dan Kepemilikan Keluarga Terhadap Penghindaran Pajak. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 7(2), 190-199.
Kalay, A. (1982). Stockholder-bondholder Conflict and Dividend Constraints. Journal of Financial Economics, Vol. 10, hal. 211-233.
Marfuah, & Azizah, A. P. (2014). Pengaruh Pajak, Tunnelimg Incentive, Dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan. JAAI 18(2), 156-165.
Melmusi, Z. (2016). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Kepemilikan Asing Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index Dan Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi 5(2), 1-12.
Mispiyanti. (2015). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi dan Investasi 16(1), 62-73.
Nashiruddin, M. (2018). Determinan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Semarang: Univeristas Negeri Semarang .
Noviastika F, D., Mayowan, Y., & Karjo, S. (2016). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Yang Berkaitan Dengan Perusahaan Asing). Jurnal Perpajakan (JEJAK) 8(1), 1-9.
Noviyana. (2018). Pengaruh Tax, Tunneling Incentive, Bonus Plan, Exchange Rate, Debt Covenant Terhadap Keputusan Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI 2013-2016) [skripsi]. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.
Nuradila, R. F., & Wibowo, R. A. (2018). Tax Minimization Sebagai Pemoderasi Hubungan Antara Tunneling Incentive, Bonus Mechanism, Dan Debt Covenant Dengan Keputusan Transfer Pricing. Journal of Islamic Finance and Accounting 1(1), 63-76.
Pramana, A. H. (2014). Pengaruh Pajak, Bonus Plan, Tunneling Incentive, Dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer Pricing [skripsi]. Semarang: Universitas Diponegoro.
Prananda, R. A., & Triyanto, D. N. (2020). Pengaruh Beban Pajak, Mekanisme Bonus, Exchange Rate, Dan Kepemilikan Asing Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen 9(2), 33-47.
Pratiwi, B. (2018). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive, Dan Leverage Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Ekobis Dewantara 1(2), 1-13.
Prayudiawan, H & Pamungkas, J.D. (2020) . Pengaruh Debt Covenant, Profitability, Exchange Rate, Mekanisme Bonus Pada Transfer Pricing. Akuntabilitas. Vol 13, No 1.
Purwanti, L. (2010). Kecakapan Managerial, Skema Bonus, Managemen Laba dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Aplikasi Manajemen 18 (2), 430-436.
Putri, N. R., & Irawati, W. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Effective Tax Rate terhadap Kebijakan Dividen dengan Likuiditas sebagai Variabel Moderating. Jurnal Kajian Akuntansi, 3(1), 93-108.
Rachmat, R. A. (2019). Pajak, Mekanisme Bonus Dan Transfer Pricing. Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan 7(1), 21-30.
Rahayu, T. T., Masitoh, E., & Wijayanti, A. (2020). Pengaruh Beban Pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi 5(1), 78-90.
Ramadhan, Muhammad Rheza, dan Nur Aisyah Kustiani. (2017). "Faktor-Faktor Penentu Agresivitas Transfer Pricing." Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 4(1):549–564.
Refgia, T. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan Kepemilikan Asing, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Universitas Riau 4(1).
Reskino, & Vemiliyarni, R. (2010). Pengaruh Konvergensi, Bonus Plan, Debt Covenant, Dan Political Cost Terhadap Konservatisme Akuntansi. AKUNTABILITAS 7 (4), 185-195.
Rezky, M. A., & Fachrizal. (2018). Pengaruh Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Multinationality Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA) 3(3), 401-415.
Rosa, R., Andini, R., & Raharjo, K. (2017). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Debt Covenant, Dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Transaksi Transfer Pricing. Jurnal Ilmiah Mahasiswa S1
Santosa, S. J., & Suzan, L. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Kajian Akuntansi, 72-80.
Saraswati, G. A., & Sujana, I. K. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 19(2), 1000-1029.
Sari, E. P., & Mubarok, A. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Pajak, dan Debt Covenant terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016).
Proseding Seminar Nasional Akuntansi 1(1), 1-7.
Sartono, R. A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
Viviany, S. (2018). Pengaruh Tarif Pajak, Tunneling incentive, Mekanisme Bonus, Dan Exchange Rate Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (JOM FEB) 1(1), 1-15.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)