PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH, PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN DANA BAGI HASIL (DBH) TERHADAP ALOKASI BELANJA MODAL DAERAH

Authors

  • Siti Mundiroh Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JABI.v2i1.y2019.p104-122

Abstract

 

ABSTRAK

Penulis mempunyai tujuan untuk dapat menganalisis, menguji dan kemudian membuktikan apakah Belanja Modal pada Pemda Kabupaten/Kota di Jawa Timur tahun 2011-2014 dipengaruhi oleh variabel Pertumbuhan Ekonomi Daerah serta variabel-variabel penerimaan seperti PAD, DAU dan DBH.

Dasar pengambilan sample adalah sample yang memenuhi kriteria atau syarat tertentu dengan metode Purposive sampling, dimana populasinya adalah data realisasi APBD Pemda Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Alat uji yang digunakan untuk menguji data yang ada adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 24 untuk windows.

Dari serangkain pengujian yang dilakukan menghasilkan data yang dapat membuktikan bahwa secara parsial baik variabel bebas Pertumbuhan Ekonomi Daerah maupun DBH tidak berpengaruh signifikan terhadap Belanja Modal, sementara itu variabel bebas PAD dan DAU mempunyai pengaruh siginifikan terhadap Belanja Modal. Namun demikian secara bersama-bersama keempat variabel bebas tersebut berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu Belanja Modal. Pengujian tersebut berdasarkan pada tingkat keyakinan sebesar 95% dan tingkat error sebesar 5%.

Author Biography

Siti Mundiroh, Universitas Pamulang

S1 Accounting Department

References

Ardhani, Pungky. (2011). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Boediono. (2009) Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Darwanto & Yulia Yustikasari. (2007). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Belanja Modal. Simposium Nasional Akuntansi X Makasar 26-28 Juli 2007.

--------- (2009). Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta:

Salemba Empat.

http://www.djpk.depkeu.go.id. Diakses pada 25 Mei 2017. Pukul 17.00

http://jatim.bps.go.id. Diakses pada 25 Mei 2017. Pukul 17.15

Maharani, Mayzestika. (2010). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, dan Dana Alokasi Umum, Terhadap Belanja Modal Pada Pemerintah Daerah se Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

PP No. 55 Tahun 2005 tentang Dana Perimbangan.

PP No. 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Putro, Nugroho Suratno. (2010). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Kasus pada Kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah). Diponegoro Jurnal Of Accounting. Semarang: UNDIP.

Ririn, Gurning. (2011). Tugas Dana Alokasi Umum dan Laporan Realisasi Anggaran. http://www.edublogs.riringurning.com. Diakses pada 4 januari 2013. Pukul 20.30.

Saragih, Juli Panglima. (2003). Desentralisasi Fiskal dan Keuangan Daerah Dalam Otonomi. Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sianipar, Eva Septriani. (2011). Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dan Dana Perimbangan Terhadap Pengalokasian Belanja Modal Pada Kabupaten/Kota Di Sumatera Utara. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Sirait, Robby Alexander. (2009). Desentralisasi fiskal Dana Alokasi Umum. http://www.bloggersumut.robbyalexandersirait.com. Diakses pada 19 desember 2012. Pukul 19.00.

Syafitri, Irma. (2009). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, dan Dana Alokasi Umum, Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal Pada Pemerintah Kabupaten/Kota Di Sumatera Utara. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono, (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang No.33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah.

Undang-undang No. 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Wahyuni dan Priyo Hari Adi. (2009). Analisis Pertumbuhan Dan Kontribusi Dana Bagi Hasil Terhadap Pendapatan Daerah (Studi Pada Kabupaten/Kota Se Jawa-Bali). National Conference UKWMS Surabaya.

Yovita, Farah Marta. (2011). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Empiris pada Pemerintah Provinsi Se Indonesia Periode 2008 – 2010). Diponegoro Jurnal Of Accounting. Semarang: UNDIP.

Downloads

Published

2019-05-13