Pengaruh Income Smoothing dan Corporate Sosial Responsibility terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Anggun Anggraini Universitas Pamulang
  • Indawati Indawati Universitas Pamulang
  • Yefita Lahagu Universitas Pamulang
  • Holiawati Holiawati Universitas Pamulang
  • Endang Ruhiyat Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JABI.v6i2.y2023.p%25p

Abstract

This study aims to test and analyze the effect of Income Smoothing and Corporate Social Responsibility on Company Value. This type of research is quantitative research, using secondary data. The data analysis method used is a panel data regression test using Microsoft Excel and Eviews 9 applicationsThe population in this study is all food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2017 to 2021. The data collection technique in this study is a purposive sampling technique with the results of 72 study populations into 22 research samples processed in this study. The results showed that Income Smoothing and Corporate Social Responsibility simultaneously affect the Value of the CompanynWhile partially, Income Smoothing has no effect on Company Value and Corporate Social Responsibility has no effect on Company Value.

References

Abdullah, W., Syariati, A., & Hamid, R. (2017). Pengaruh corporate social responsibility (CSR), ukuran perusahaan dan interest based debt (IBD) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di jakarta Islamic index periode 2010-2016. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 4(2), 122-135.

Alfonsa Dian Sumarno. 2017. “Income Smoothing dalam Perusahaan Manufaktur â€. Jurnal Elektronik Rekaman, ISSN: 2598-8107, Vol. 1, No. 1. November 2017.

Dewi, L. S., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(10), 6099.

Hamdani, 2016. Good Corporate Governance: Tinjauan Etika dalam Praktik Bisnis.Edisi 1.

Ilham, R. N., Sinurat, M., & Sari, E. N. (2018). Pengaruh Earnings Aggressiveness dan Income Smoothing Terhadap Firm Value Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating Di Bursa Efek Indonesia. Kajian Akuntansi, 19(2), 179-190.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of financial economics, 3(4), 305-360.

Karina, D. R. M., & Setiadi, I. (2020). Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan GCG sebagai pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 37-49.

Owa, E., Purwanto, N., & Sari, A. R. (2019). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN INCOME SMOOTHING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2016-2018. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 7(2).

Partami, Ni Luh Ningsih; Ni Kadek Sinarwati; dan Nyoman Ari Surya Darmawan, 2015. Pengaruh Manajemen Laba Riil Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). e Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.3 No.1:1-12.

Pristianingrum, N. (2018). Pengaruh ukuran, profitabilitas, dan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia. UNEJ e-Proceeding, 353-364.

Puspaningrum, Y. (2017). Pengaruh corporate social responsibility dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(2).

Rizqi, A,. & Murdayanti, Y,. (2020). Pengaruh Persistensi Laba, Kesempatan Bertumbuh dan Income Smoothing terhadap Kualitas Laba. Jurnal Akuntansi Perpajakan dan Auditing, Vol. 1, No. 1, 97-108.

Saifaddin, M. (2020, April). Pengaruh Struktur Modal, Income Smoothing Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance (GCG) Sebagai Variabel Moderasi. In Prosiding Seminar Nasional Pakar (pp. 2-48)

Sari, R., & Febrianti, R. A. (2021). Moderasi Profitabilitas Atas Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 12(2), 131-135.

Septiani, E., Holiawati, H., & Ruhiyat, E. (2019). Environmental Performance, Intellectual Capital, Praktik Penghindaran Pajak dan Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 21(1), 61-70.

Sofiatin, D. A. (2020). Pengaruh profitabilitas, leverage, likuditas, ukuran perusahaan, kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur subsektor industri dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2014-2018). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 47-57.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, I. I., & Andini, I. A. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Barelang, 4(1), 50-63.

Suripto. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kualitas Audit dan Manajamen Laba terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) Vol. 5 No. 1, 2021, Universitas Pamulang, 5(P-ISSN; 2541-5255 E-ISSN: 2621-5306), 1651–1672.

Downloads

Published

2023-09-25