PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL BAGI GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 11 KOTA TANGERANG

Authors

  • Yulita Pujilestari Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, FKIP, Universitas Pamulang
  • Alinurdin Alinurdin Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, FKIP, Universitas Pamulang
  • Imam Fitri Rahmadi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, FKIP, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10488

Keywords:

Penulisan, Artikel, Jurnal

Abstract

Dalam profesi seorang guru kemampuan untuk menulis juga merupakan tuntutan dalam profesinya, untuk pengembangan karirnya guru harus memenuhi persyaratan dalam bentuk penulisan ilmiah. Seringkali persyaratan ini merupakan hambatan untuk meningkatkan tingkat peringkat untuki guru terlebih minimnya  kemampuan dan minat serta motivasi untuk menulis di antara guru. Menulis merupakan syarat bagi kemajuan karir, itu juga menjadi wadah untuk kemajuan diri bagi seorang guru. Hal ini didukung oleh banyak kondisi guru yang memperkuat peluang untuk pengembangan keterampilan menulis. Pertama, guru selalu berinteraksi dengan sains yang dapat menjadi bahan untuk menulis. Kedua, guru selalu berinteraksi dengan siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas yang dapat menjadi bahan dalam penulisan. Ketiga, guru sering berinteraksi dengan dunia pendidikan dan berbagai kebijakan dinamis yang selalu mengharuskannya untuk berpikir, mengeluarkan ide-ide inovatif. Keempat, ada banyak peluang untuk kompetisi menulis, baik yang diadakan oleh Departemen Pendidikan dan yang melindungi mereka. Kelima, media massa menyediakan banyak rubrik pendidikan yang memungkinkan guru mengekspresikan ide-ide inovatif. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah dengan mengadakan pelatihan ini untuk memudahkan bagi guru dalam menentukan tema yang menarik, mengembangkan tema karya ilmiah, dan memiliki kemampuan dalam metodologi penelitian, sehingga guru dapat memahami teknik penulisan dan pelaporan dan sebagainya. bahwa guru memiliki publikasi media yang merupakan salah satu syarat untuk penilaian karya ilmiah. Pada pengabdian masyarakat metode yang akan digunakan adalah melalui kegiatan pelatihan.

References

Aina, M., Bambang, H., Retni, S. B., Afreni, H., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal pengabdian pada masyarakat, 30(3), 29-32.

Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).

Ardi, Z., Erlamsyah, E., & Ifdil, I. (2017). Peningkatan Kualitas Penulisan Artikel Ilmiah bagi Kepala Sekolah. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1(1), 25-34.

Aziz, A., Susanto, S., & Anggraeni, R. D. (2021). The Implementation Of Occupational Safety And Health Law Enforcement In According To Law Number 1 Of 1970 Concerning Work Safety And Act Number 36 Of 2009 Concerning Health (Study at PT. Yamaha Indonesia). Surya Kencana Tiga, 1(1), 46-64.

Butsi, F. I., & Nasution, A. (2018). Pelatihan Tips dan Trik Submit Artikel Ilmiah di Jurnal Berbasis Online. Amaliah Jurnal Pendidikan Kepada Masyarakat, 1(1), 49-51.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135.

Hariadi, Pramono dkk. (2011) Materi dan Pembelajaran Pkn SD. Jakarta:Universitas Tebuka.

Hunaepi, H., Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asy’ari, M. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Di Mts. Nw Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 38-40.

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70-81.

Pribadi, B. A., & Delfy, R. (2015). Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 16(2), 76-88.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Soegito, dkk. (2017) Pendidikan Pancasila. Semarang : UPT UNNES Press.

Soerjono Soekanto. (1983) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penegakan Hukum.Jakarta: UI Press.

Suparmin dkk. (2013) Sistem Dan Peradilan Nasional Di Indonesia. Solo: Mediatama.

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Efektifitas Peranan Hukum dalam Pengelolaan Dana Desa Melalui BUMDes Sebagai Perwujudan Kearifan Lokal yang Berdaya Saing Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Downloads

Published

2021-05-03