PENDAMPINGAN ANAK PEMBELAJARAN INTERNAL KELAS ONLINE (PAPI KELON)

Authors

  • Waluyo Waluyo Dosen Universitas Pamulang
  • Harjoyo Harjoyo Dosen Universitas Pamulang
  • Suwandi Suwandi Dosen Universitas Pamulang
  • Riri Oktarini Dosen Universitas Pamulang
  • Tri Agus Siswanto Dosen Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10489

Keywords:

Pendampingan Anak, Pembelajaran, Kelas Online

Abstract

Mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ibu-ibu yang ada di lingkungan Desa Cibadung RT.02/RW.08 Kecamatan Gunung Sindur-Bogor. Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra adalah keterbatasan kemampuan sumber daya manusia yang  dimiliki oleh para ibu  terutama berkaitan dengan pendampingan anak dalam kegiatan belajar daring atau kelas online di rumah. Karena baru kali ini seorang ibu rumah tangga disamping sebagai orang tua juga dituntut menjadi “guru†dalam mengarahkan kegiatan belajar-mengajar anak-anaknya di rumah. Metode pelaksanaan kegiatan PKM  ini direncanakan diawali dengan memberikan ceramah dan penyuluhan kepada para kaum ibu yang ada di perumahan Griya Bunga Asri Desa Cibadung RT.02/RW. 08. Selanjutnya menggunakan praktik/simulasi yang merupakan kegiatan lanjutan yang dilakukan oleh pelaksana PKM terhadap kegiatan ceramah dan diskusi yang telah dilakukan. Hasil kegiatan ini adalah para kaum ibu mengerti dan memahami serta dapat mempraktikkan cara pendampingan anak ketika melakukan kegiatan belajar daring/online baik bersifat pengawasan, cara menjawab yang diajukan anak serta membuka dan menggunakan aplikasi terkait kegiatan belajar daring seperti zoom meeting, google meets maupun whatsapp group.  Hal tersebut agar kegiatan belajar daring yang dilakukan oleh anak dapat efektif sehingga peran guru untuk sementara waktu dapat terwakili oleh orang tua terutama para kaum ibu.

References

Abdi,Usman Rianse. 2012. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi,Bandung: Alfabet

Aly, Abdullah. 2010. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Andayani, Dwi. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan BPR Di Kabupaten Tulungagung Dalam Perspektif Islam. Inovatif. 4 (1): 2598-3172.

Andriana, Lusia Ega. 2017. Peran Perpustakaan Dalam Menunjang Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di SMA Muhammadiyah 1Yogyakarta. Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan. Diakses di http://digilib.uin-suka.ac.id

Attri, A.K. 2012. “Distance Education: Probems and Solutions.†International Journal of Behavioral Social and Movement Sciences 1(4): 42-58.

Bintang, M. 2010. Biokimia Teknik Penelitian . Jakarta: Erlangga.

Borisova, G., Brockman, P., Salas, J. M., & Zagorchev, A. 2012. Government Ownership and Corporate Governance: Evidence from the EU. Journal of Banking and Finance, 36(11), 2917–2934. https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2012.01.008.

Chick & G. Clifton. 2020. “Using Technology to Maintain the Education of Residents During the Covid-19 Pandemic.†Journal of Surgical Education 1(1): 1-4.

Cholifah, Tety Nur., dkk. 2016. Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV Sdn Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 1 (3) halaman: 486-491.

Departemen Pertanian. 2004. Rencana Setrategis Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian 2005-2006. Jakarta: Badan Penelitian dan Perkembangan Pertanian.

Dewi, N., Murtinugraha, E., & Arthur, R. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 25–34.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Fitriyani, D., Tontowi, and Basri. 2017. ‘Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa.†PESAGI (Jurnal Pendidikaan dan Penelitian Sejarah 5 (8): 1-12.

Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Khalimi, K., & Susanto, S. (2017). Kedudukan Akuntan Publik Untuk Melakukan Audit Investigatif Terhadap Kekayaan Badan Usaha Milik Negara (Bumn) Persero Dalam Rangka Menghitung Kerugian Negara. Jurnal Hukum Staatrechts, 1(1).

Mawardi, and Tuti Iriani. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Kompetensi Pembelajaran Pokok Materi Keterampilan Dasar Mengajar.†Jurnal Pendidkan Teknik Sipil 8(1): 24-30.

Moore, J. L, and Dickson-Diane. 2011. “E-Learning. Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same?†The Internet and Higher Education 14(2): 129-35.

Mueller, Jon. 2013. . “Authentic Assessment Toolboxâ€. North Central College. http://jfmueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/index.htm. Diunduh pada 27 Februari 2016.

Muhson, A. 2020.â€Pengembangan Media Pembejaran Berbasis Teknologi Informasi.†Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8(2): 1-10.

Oemar Hamalik. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum.. Bandung: Remaja Rosdakarya.

P.D, Desilia, Harjoyo dan Ratna Suminar. 2019. Hubungan Komunikasi Dosen Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi di Universitas Pamulang Program Studi D-III Sekretari. Jurnal Syntax Idea.Universitas Swadaya Gunung Jati. Cirebon.. Vol.1. No.6. 2019. Hlm. 36-51.

Prabu, A., Harahap, I. N., Ernasari, N., Primagani, T., Nirpana, B., Andriyas, I., & Susanto, S. (2020). Kemudahan Berusaha Dalam Cluster Omnibus Law. Jurnal Lex Specialis, 1(2).

Praherdhiono, Henry. 2020. Implementasi Pembelajaran di Era dan Pasca Pandemi Covid-19. Malang: CV. Seribu Bintang.

Prasojo, Lantip Diat, and Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Pujilestari. 2020. “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Civid-19.†ADALAH: Buletin Hukum dan Keadilan 4(1): 49-56.

Sadulloh, Uyoh, dkk. (2014). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Afabeta.

Shochib, Moh. 2010. Pola Asuh Orang Tua: (Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri). Jakarta: Rineka Cipta.

Sukartono, Agus. 2008. Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Sikap Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Dosen. Halaman 1-36

Surya, Mohammad, dkk. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru Yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Efektifitas Peranan Hukum dalam Pengelolaan Dana Desa Melalui BUMDes Sebagai Perwujudan Kearifan Lokal yang Berdaya Saing Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Veritia, V., Lubis, I., Priatna, I. A., & Susanto, S. (2019). Teori Ekonomi Makro.

www.tanotofoundation.org.diaksestanggal 10 November 2020.

Zapalska, A, and D Brozik. 2006. :Learning Styles and Online Education.†Campus-Wide Information Systems 23 (5): 325-35.

Published

2021-05-03