MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN MENCIPTAKAN PELUANG USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19 YAYASAN KAFILATUR ROSUL PAMULANG

Authors

  • Anah Furyanah Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Univeritas Pamulang
  • Achmad Sofyan Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Univeritas Pamulang
  • Anissya J. Ahyar Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Univeritas Pamulang
  • Dewi Purnamasari Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Univeritas Pamulang
  • M. Fauzan A Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Univeritas Pamulang
  • Nadya Alvenia Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Univeritas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10491

Keywords:

Kreativitas, Peluang Usaha, Kerajinan Tie Dye

Abstract

Pengabdian ini berjudul “Meningkatkan Kreativitas dan Menciptakan Peluang Usaha di Masa Pandemi Covid-19†Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini meningkatkan kreatifitas dan melatih para peserta Pengabdian Kepada Masyarakat agar peka dan jeli dalam melihat peluang usaha yang ada dan dapat memanfaatkannya menjadi keuntungan untuk diri sendiri dan orang lain yang ada di lingkungannya. Metode yang digunakan adalah tahap persiapan, yang meliputi survey awal Pemantapan dan penentuan lokasi dan sasaran. Setelah survey maka ditentukan lokasi pelaksanaan dan sasaran peserta kegiatan. Tahap berikutnya yaitu tahap pelaksanaan, yang meliputi Pada tahap ini diberikan penjelasan dan praktek langsung cara pembuatan dan pengemasan kerajianan tie dye dan juga pemberian materi dan motivasi tentang enterprenuership kepada peserta PKM, dan tahap yang terakhir adalah tahap pelatihan yang meliputi memberika materi pelatihan pembuatan kerajinan tie dye dan pengemasannya, melakukan praktek langsung, memberikan pelatihan cara pengemasan yang baik dan cara memasarkan produk di media sosial, dan sesi tanya jawab.

References

Aima, Havidz, 2014 Enterpreneur & Peluang Usaha.Jakarta:In Media

Dewi, Kurnia, 2020 Manajemen Kewirausahaan.Yogyakarta:CV Budi Utama

Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Mubarok, A., Ganar, Y. B., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Maddinsyah, A. (2020). Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap Umkm Di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Abdi Laksana, 1(3), 424-429.

Ngalimun, dkk. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas.Yogyakarta:Aswaja Pressindo

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Susanto, S., & Halim, I. (2020). Pengaruh Human Relation Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Kompas Gramedia Cabang Karawaci. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Efektifitas Peranan Hukum dalam Pengelolaan Dana Desa Melalui BUMDes Sebagai Perwujudan Kearifan Lokal yang Berdaya Saing Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Susanto, S., Duddy Dinantara, M., Sutoro, M., & Iqbal, M. (2019). Pengantar Hukum Bisnis.

Susanto, S., Sarwani, S., & Afandi, S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Untuk Mengetahui Tingkat Kesehatan, Pertumbuhan Dan Prospek Usaha Pada Unit Usaha Koperasi (Studi Kasus Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia di Tangerang). Inovasi, 1(1).

Veritia, V., Lubis, I., Priatna, I. A., & Susanto, S. (2019). Teori Ekonomi Makro.

Yanto, O., Susanto, S., Nugroho, A., Santoso, B., & Gueci, R. S. (2020). Sosialisasi Kekayaan Intelektual Guna Menumbuhkembangkan Usaha Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global Pada Revolusi 4.0. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2021-05-03