PENINGKATAN KEMAMPUAN WIRA USAHA UMKM DARI ASPEK ADMINISTRASI PENCATATAN KEUANGAN UNTUK MENJAMIN KEBERLANGSUNGAN USAHA

Authors

  • Sapta Setia Darma Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Zulva Sudarti Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10494

Keywords:

UMKM, PKM, Wira Usaha, Pencatatan Keuangan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ditujukan pada pelaku usaha UMKM dalam wadah Rumah Pemberdayaan Masyarakat (RPM) di kota Tangerang Selatan, Banten, yang berasal dari jabodetabek. Luasnya cakupan wilayah menyebabkan masih banyak wirausaha UMKM yang belum bergabung atau belum terjangkau pembinaan RPM dan pembinaan yang dilakukan masih belum maksimal karena tidak sebandingnya personil yang dimiliki oleh RPM dengan jumlah wirausaha UMKM. Pelaku UMKM mempunyai keterbatasan permodalan dari lembaga keuangan resmi atau perbankan. Diperlukan adanya pencatatan keuangan atau administrasi keuangan yang baik sehingga menghasilkan data laporan keuangan yang dibutuhkan pihak perbankan. Mereka menginginkan mempunyai pengetahuan dan keterampilan pembukuan atau pencatatan atau pengadministrasian keuangan usahanya agar bisa membuat perencanaan kegiatan usahanya kedepan sehingga dapat bertahan dan berkembang. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman, menumbuhkan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya serta manfaatnya pengetahuan pencatatan keuangan, sehingga pelaku UMKM memiliki pemahaman dasar tentang pencatatan keuangan dalam kegiatan usahanya secara menyeluruh dan berkesinambungan. Kegiatan ini meliputi materi dasar-dasar administrasi keuangan (pencatatan atau pembukuan) dan perbank-an UMKM, pengetahuan pencatatan keuangan UMKM, cara dan implementasikan sarana yang dipakai (aplikasi excel), illustrasi/contoh praktek, review hasil pekerjaan penginputan, evaluasi dan monitoring hasil apa yang sudah didapatkan selama proses kegiatan PKM. Setelah mengikuti kegiatan ini pelaku UMKM memiliki pemahaman dasar pencacatan keuangan, kesadaran akan pentingnya pengetahuan pencatatan keuangan dalam menunjang keberlangsungan usahanya dan mengetahui bagaimana caranya untuk mengimplementasikannya. Pelaku wira usaha UMKM mendapat pemahaman dan sadar akan pentingnya peran dan fungsi pengelolaan keuangan dan akses keuangan/permodalan pada lembaga keuangan (khususnya perbank-an) dan menjalankannya secara bertahap sehingga secara perlahan dapat memperoleh jalan keluar untuk mengatasi kondisi yang dihadapinya.

References

Darma, S.S., Djohar, C., Wenten, I.K., Raphael, A. (2020). Knowledge of Finance, Bookkeeping &Taxation Improved The Quality of Life for The People. Jurnal Abdi Laksana, 1(1), 94-98.

Darma, S.S., Sudarti, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Wira Usaha Umkm Dari Aspek Administrasi Pencatatan Keuangan Melalui Aplikasi Siapik Untuk Menjamin Keberlangsungan Usaha. Prosiding Senantias 2020, 1(1), 695-705.

Fahmi, (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Latumaerissa, (2017). Bank & Lembaga Keuangan Lain Teori dan Kebijakan. Jakarta. Mitra Wacana Media.Wijaya, (2018). Akuntansi UMKM. Jakarta. Gava Media.

Maddinsyah, A. M., Kustini, E., & Syakhrial, S. (2018). Penyuluhan Manajemen Pemanfaatan Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Kampung Ciboleger Lebak-Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1).

Mubarok, A., Ganar, Y. B., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Maddinsyah, A. (2020). Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap Umkm Di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Abdi Laksana, 1(3), 424-429.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sukirman, S., Hidayah, R., Suryandari, D., & Purwanti, A. (2019). Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Peningkatan Masyarakat Mandiri dan Berperan dalam Peningkatan Literasi Keuangan Indonesia (Otoritas Jasa Keuangan). Jurnal Abdimas, 23(2), 165-169.

Veritia, V., Lubis, I., Priatna, I. A., & Susanto, S. (2019). Teori Ekonomi Makro.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2021-05-03