PENYULUHAN PERAWATAN AC SPLIT RUMAH TANGGA WARGA DI CILEDUG 1 RT. 005 RW. 05 BAMBU APUS PAMULANG TANGERANG SELATAN – BANTEN

Authors

  • Abdul Choliq Fakultas Teknik, Universitas Pamulang Tangerang Selatan
  • Catur Kurniawan Fakultas Teknik, Universitas Pamulang Tangerang Selatan
  • Mohamad Nasrun Fakultas Teknik, Universitas Pamulang Tangerang Selatan
  • Muhammad Isro Dianto Fakultas Teknik, Universitas Pamulang Tangerang Selatan
  • Andri Lesmana Fakultas Teknik, Universitas Pamulang Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10497

Keywords:

Penyuluhan, mesin pendingin, perawatan

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, kehadirannya sangat diperlukan di tengah masyarakat. Mempertimbangkan bahwa lokasi kampus Universitas Pamulang yang tidak jauh dari pemukiman warga Ciledug 1 Bambu Apus Pamulang Tangerang Selatan, maka sudah seyogyanya bagi segenap civitas akademik Universitas Pamulang untuk ikut turut andil dalam memberikan solusi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat setempat. Penggunaan mesin pendingin ruangan (AC) dirumah bukan lagi hal yang eksklusif, namun saat ini telah banyak pemilik rumah yang menginstalasi mesin pendingin ruangan untuk memperoleh kenyamanan tinggal. Permasalahan yang muncul, tidak semua pemilik AC memahami cara merawat AC agar dapat memberikan performa yang optimum. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Penyuluhan Perawatan AC Split Rumah Tangga Warga di Ciledug 1 RT. 005 RW. 05 Bambu Apus Pamulang Tangerang Selatan - Banten†adalah untuk memberikan edukasi kepada warga setempat tentang bagian-bagian dan cara kerja mesin AC, serta pelatihan dalam membersihkan dan mencuci mesin AC. Kegiatan PKM terlaksana dengan efektif, ditengarai dengan antusiasme warga dalam mengikuti pemaparan dan peragaan oleh para instruktur hingga berlanjut ke sesi tanya jawab.

References

Agung. P, Mengenal Bagaimana Cara Kerja AC dan Prinsip Kerjanya (Artikel) https://serviceacjogja.pro/cara-kerja-ac/, 2016.

Arismunandar, W., Saito, H., 2002, Penyegaran Udara, Pradnya Paramita Jakarta.

Iman Syahrizal, Seno Panjaitan, Yandri, Analisis Konsumsi Energi ListrikPada Sistem Pengkondisian UdaraBerdasarkan Variasi Kondisi Ruangan (Studi Kasus Di Politeknik Terpikat Sambas), Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jurnal ELKHA Vol.5, No1, Maret 2013.

Maddinsyah, A., Fauzi, I., & Barsah, A. (2019). Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Potensi Diri Bagi Santri Di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera Kelurahan Kedaung Pamulang Tangerang Selatam-Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 259- 266.

Mbergehkin Sembiring, Video Cara membersihkan dan mencuci AC Split, https://www.bing.com/videos/search?q=cara+mencuci+ac&&view=, 2018

Ozkar F. Homzah, Studi Kinerja Mesin Pengkondisi Udara tipe Terpisah (Ac Split) Pada Gerbong Penumpang Kereta Api Ekonomi, JurusanTeknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tridinanti Palembang, Volume II Nomor 2, November 2016.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha- Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2021-05-03