PERAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA UMKM DI PASAR MODERN INTERMODA BSD PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Imas Masriah Universitas Pamulang
  • Gressy Transiseno Universitas Pamulang
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Pamulang
  • Firman Amar Faras Universitas Pamulang
  • Encung Sumarna Universitas Pamulang
  • Indah Rosdiana Sari Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10502

Keywords:

Manajemen Sumber Daya Manusia, Kinerja, UMKM

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada masa pandemi Covid 19 ini dilakukan dengan Pengelola Pasar Modern Intermoda BSD Tangerang bekerjasama dengan PT. Sarana Jakarta Ventura. Tujuan untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM yang ada di pasar modern Intermoda BSD agar mampu bangkit dan mandiri khususnya pada masa pandemic. Adapun metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, dan pemberian materi mengenai manajemen sumber daya manusia dan digital marketing serta strategi yang harus dilakukan oleh UMKM agar dapat survive pada masa pandemic ini, Kesimpulan dari Pengabdian Kepada Mayarakat di Pasar Modern BSD City ini adalah UMKM membutuhkan bantuan pelatihan SDM dan pendampingan agar dapat bangkit dan mandiri dimasa pandemic ini. Solusi yang diberikan adalah bantuan pelatihan SDM bagi UMKM.

References

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). STRATEGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) BERTAHAN PADA KONDISI PANDEMIK COVID 19 DI INDONESIA. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6: Vol. 6 No. 2 (2020), 139-146.

Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N. (2020). STRATEGI MANAJEMEN BISNIS PASCA PANDEMI COVID-19. Indonesian Journal of Social Sciences andHumanities, Vol. 1 No. 2, 87-95.

Hardilawati, W. L. (2010). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10 No. 1, Juni 2020, 89-98.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 DAN IMPLIKASI BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional (JIHI), Edisi Khusus, 59-64.

Setyorini, D., Nurhayati, E., & Rosmita. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 501-509.

Susanto, S., & Halim, I. (2020). Pengaruh Human Relation Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Kompas Gramedia Cabang Karawaci. PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(1).

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Yanto, O., Susanto, S., Nugroho, A., Santoso, B., & Gueci, R. S. (2020). Sosialisasi Kekayaan Intelektual Guna Menumbuhkembangkan Usaha Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global Pada Revolusi 4.0. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Downloads

Published

2021-05-03