PELATIHAN MENJADI WIRAUSAHA DI MASA PANDEMI COVID19 BAGI IBU PKK

Authors

  • Krisnaldy Krisnaldy Program Studi Manajemen Universitas Pamulang
  • Ahmad Saepudin Program Studi Manajemen Universitas Pamulang
  • Trio Wibowo Program Studi Manajemen Universitas Pamulang
  • Nahzul Ainaini Program Studi Manajemen Universitas Pamulang
  • Nur Achmad Ridwan Program Studi Manajemen Universitas Pamulang
  • Lucky Hidayat Program Studi Manajemen Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10504

Keywords:

Pelatihan wirausaha, Ibu-ibu PKK

Abstract

Pengabdian KepadaMasyarakat (PKM) merupakan bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam pelak sanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lainnya, serta melibatkan segenap sivitas akademika: dosen,mahasiswa,tenaga kependidikan serta alumni.  Melalui PKM sivitas akademik  dapat hadir  ditengah- tengah masyarakat. Melihat lokasi kampus yang tidak jauh dengan lokasi Rt 4 Rw 4 Kelurahan Sawah baru.Tangerang Selatan, ,maka sudah menjadi kewajiban bagi Universitas Pamulang (Unpam) untuk ikut serta membantu berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat baik yang dekat maupun yang jauh. IlmuManejemen Pemasaran khususnya di Era seperti sekarang ini demi mempertahankan perekonomian keluarga, maka kami mencari tahu tentang pengelolaan perekonomian keluarga di masa pandemi covid-19 dengan bisnis online,sehinggaManajemen pemasaran  bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan saja tetapi juga merupakan proses penemuan.Permasalahan yang timbul yaitu Bagi wanita yang sudah terbiasa bekerja pasti akan merasa bosan jika ada waktu luang di rumah, berawal dari situlah kemudian waktu luang yang dimiliki digunakan untuk mengerjakan bisnis rumahan yang bisa menghasilkan uang. Sebut saja menjalankan bisnis online. PKM dengan judul: “Pelatihan Menjadi Wirausaha di Masa Pandemi covid19 bagi ibu PKK†secara umum berjalan  dengan  lancer dan tertib. Masyarakat antusias dalam menyimak penjelasan materi yang diberikan. Antusiasme warga pun berlanjut saat Tanya jawab seputar peragaan.Kegiatan   PkK Mini dinilai berjalan efektif karena tingkat ketertarikan warga cukup tinggi terhadap pengetahuan Rt 4 Rw 4 Kelurahan Sawah baru.Tangerang Selatan.

References

AM Irfanudin, CD Manik, F Faisal (2019). PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA.Pengabdian Dharma Laksana 2(1)

Elburdah, R. P., Pasaribu, V. L. D., Rahayu, S., Septiani, F., & Metarini, R. R. A. (2021). Mompreneur Penopang Perekonomian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Bisnis Online Pada Kelurahan Pondok Benda. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75-82.

Hani Handoko. 1987,. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua : Yogyakarta.

Ida Nuraeni, M.E. (2012) Manajemen Kepelatihan.

Mubarok, A., Ganar, Y. B., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Maddinsyah, A. (2020). Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap Umkm Di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Abdi Laksana, 1(3), 424-429.

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1)

Priadi, A., Pasaribu, V. L. D., Virby, S., Sairin, S., & Wardani, W. G. (2020). Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa Dikelurahan Rempoa. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 356-358.

Pusdi Klathut.org/baktirimbawan/kewirausahaan/hakikat kewirausahaan.html, penerbit salemba empat, Jakarta.

Soepandi, A., Krisnaldy, K., Purnomo, S., Senen, S., & Syukri, A. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Dan Ukm Baru Pada Ibu-Ibu Pkk Kelurahan Bintaro Jakarta Selatan. Jurnal Lokabmas Kreatif, 1(1), 100-106.

Soepandi, A., Krisnaldy, K., Purnomo, S., Senen, S., & Syukri, A. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Dan Ukm Baru Pada Ibu-Ibu Pkk Kelurahan Bintaro Jakarta Selatan. Jurnal Lokabmas Kreatif, 1(1), 100-106.

Suryana 2001. Kewirausahaan, penerbit salemba empat, Jakarta

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2021-05-03